Pameran Virtual

Manakah Yang Lebih Cocok Untuk Anda? Pameran Virtual Atau Hybrid Event?

Sejak 2 tahun terakhir, sejak pandemi COVID-19 melanda, industri acara mengalami banyak perubahan dalam cara mengadakan acara. Pada saat awal pandemi, banyak penyelenggara acara yang mulai mengadakan acara dengan pameran virtual. Namun, saat ini setelah adanya vaksinasi global sehingga adanya peraturan bolehnya mengadakan acara secara offline namun dengan peraturan terbatasnya kapasitas pengunjung dalam ruangan. Hal ini tentu saja membuat penyelenggara acara mengadakan acaranya dengan semi tatap muka dan virtual sehingga terbentuknya hybrid event. Akan tetapi, saat ini masih banyak juga penyelenggara acara yang mengadakan acaranya dengan pameran virtual.

Sebelum Anda memilih mana yang lebih cocok untuk cara Anda mengadakan acara, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang apa itu pameran virtual dan hybrid event.

Apa Yang Dimaksud Pameran Virtual?

Dalam sebuah pameran virtual, semua elemen acara dan semua partisipan berlangsung secara virtual. Acara pameran virtual ini diadakan dengan cara sepenuhnya online sehingga setiap pengunjung pameran virtual dapat hadir di mana pun mereka berada. Konten dalam pameran virtual dapat terdiri dari konten streaming langsung dan konten pre-recording.

Apa Yang Dimaksud Hybrid Event?

Dalam hybrid event, beberapa pengunjung hadir secara langsung dan beberapa yang lainnya hadir secara virtual. Hybrid event adalah cara yang baik untuk membatasi jumlah orang di acara Anda, tetapi tetap memberi kesempatan lebih banyak orang untuk menghadiri acara.

Apa Saja Keuntungan Pameran Virtual Dan Hybrid Event?

Keuntungan Pameran Virtual

Waktu Perencanaan Yang Lebih Singkat : Dalam pameran virtual, Anda tidak perlu bingung menyewa tempat untuk mengadakan acara. Selain itu, Anda tidak perlu repot untuk menyewa berbagai keperluan acara seperti mencetak banner, menyewa booth dsb. Anda hanya perlu bekerja sama dengan platform pameran virtual unuk mengadakan acara Anda.

Aksesibilitas Yang Lebih Baik : Pameran virtual adalah acara yang lebih mudah diakses daripada acara tatap muka. Mungkin beberapa pengunjung tidak dapat menghadiri acara dengan beberapa alasan, seperti waktu yang tidak tepat dan lokasi acara. Namun dengan pameran virtual, pengunjung pameran virtual dapat mengakses acara dimanapun berada. Dengan konten yang sudah direkam pun pengunjung pameran virtual tetap dapat merasakan pengalaman mengunjungi acara pameran virtual walaupun acara telah usai diadakan.

Pengumpulan Data Yang Lebih Baik : Pada saat setelah selesai acara tatap muka, cara terbaik untuk mendapatkan data adalah dengan mengumpulkan semua formulir pendaftaran dan kehadiran acara dan dan memberikan formulir feedback kepada para pengunjung. Namun pada pameran virtual, Anda bisa mendapatkan semua jenis data secara otomatis, dengan software yang Anda gunakan. Bisa dalam bentuk polling, watch time, click through rate, dan lain sebagainya.

Keuntungan Hybrid Event

Fleksibilitas Yang Baik: Dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini, Anda harus memiliki fleksibilitas untuk acara Anda. Hal itu dapat dilakukan dengan hybrid event. Jika PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) diadakan kembali, para pengunjung yang sudah mendaftar untuk acara tatap muka dapat menukar tiketnya dengan tiket virtual dan acara tetap dapat diadakan.

Keterlibatan Acara Tatap Muka: Tidak dapat disangkal bahwa acara tatap muka memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan acara virtual. Pengunjung dapat berkomunikasi secara langsung dan dapat tahu bahasa tubuh pada lawan bicaranya. Banyak orang menghadiri acara tidak hanya untuk konten, tetapi untuk kesempatan bertemu dan berinteraksi dengan peserta lain dan pembicara dengan minat yang sama. Jika Anda mengadakan acara gabungan, orang-orang masih dapat hadir secara langsung dan mendapatkan pengalaman tersebut, sementara pengunjung lainnya dapat hadir secara virtual.

Aksesibilitas Yang Lebih Baik: Sama seperti pameran virtual, hybrid even akan memberi Anda aksesibilitas yang lebih baik. Mereka yang dapat hadir secara langsung akan datang ke acara tatap muka Anda, sementara yang lain dapat hadir secara online. Sehingga semua pengunjung dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya.

Manakah Yang Lebih Cocok Untuk Anda?

Pameran virtual dan hybrid event karena dapat diadakan secara virtual, keduanya memiliki keuntungan memiliki jangkauan pengunjung yang jauh lebih luas. Pengunjung darimanapun, baik dari dalam negeri maupun luar negeri dapat menghadiri acara Anda. Jika Anda ingin mengadakan sebuah acara, itu tergantung dari apa tujuan acara Anda? Siapa target audiens Anda? Seberapa fleksibel anggaran Anda? Apakah terdapat pembatasan sosial saat itu? Dan berapa banyak waktu yang harus Anda rencanakan?

Anda dapat menentukan cara mengadakan acara berdasarkan keuntungan dari pameran virtual maupun hybrid event diatas. Jika Anda memiliki waktu yang singkat dalam perencanaan acara dan terdapat aturan pembatasan sosial, Anda dapat memilih pameran virtual. Akan tetapi jika Anda memiliki anggaran yang fleksibel dan kebutuhan mengadakan acara secara tatap muka, Anda dapat memilih hybrid event. Dengan informasi tersebut, Anda dapat memilih cara mengadakan acara berdasarkan kebutuhan dan membuat perubahan jika diperlukan.

Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual, Anda dapat menggunakan salah satu plaform pameran virtual yang terkenal di Indonesia yaitu Simhive.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan platform pameran virtual SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Tips Mempromosikan Merek Anda Ketika Berada Di Pameran Virtual

Pameran Virtual

Buatlah Pameran Virtual Anda Lebih Menarik Dengan Gamifikasi Di Dalamnya!

Pameran Virtual

Tips Menarik Sponsor Acara Untuk Pameran Virtual Anda

Pameran Virtual

Cara Melakukan Riset Pasar Acara Pameran Virtual Anda Dengan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Logo Hubungi Kami