Pameran Virtual

Kelebihan dan Kekurangan dari Konferensi Virtual

Di era modern ini, perkembangan teknologi informasi sangatlah cepat, sehingga saat pandemi Covid-19 sekarang bukan menjadi sebuah halangan apabila kita ingin menyelenggarakan sebuah pameran virtual maupun konferensi virtual. 

Memang perkembangan teknologi informasi saat ini sangat membantu dalam aktivitas kita di masa pandemi. Namun segala sesuatu memiliki sisi positif dan juga negatif, begitupun konferensi virtual yang tidak hanya memiliki kelebihan tetapi juga terdapat kekurangannya. Berikut beberapa kelebihan yang perlu kita ketahui:

1. Menghemat Biaya dan Waktu

Dengan melakukan konferensi virtual dapat menghemat biaya dan waktu yang biasanya dikeluarkan untuk menuju tempat diadakannya meeting. Konferensi virtual memudahkan kita untuk melakukan pertemuan dari berbagai tempat tanpa perlu bepergian. Sehingga dapat menghemat waktu dan biaya yang seharusnya digunakan.

2. Konektivitas yang Mudah

Ketika melakukan pertemuan secara offline pastinya mengharuskan kita menuju ke titik diadakannya meeting tersebut, tetapi dengan adanya konferensi virtual orang-orang dari berbagai negara tetap bisa melakukan meeting secara online tanpa perlu datang ke titik yang sama. Hanya dengan menggunakan platform online yang tersedia maka kita sudah dapat melakukan pertemuan dari berbagai negara.

3. Sebagai Pengganti Pertemuan yang Tidak Bisa Dilakukan

Tidak semua pertemuan akan berjalan dengan lancar dan dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah ditentukan. Maka solusi yang dapat digunakan adalah dengan melakukan meeting secara online. Pada masa pandemi ini hampir seluruh pertemuan, entah pertemuan sekolah, pekerjaan, maupun lainnya melaksanakan pertemuan secara virtual.

4. Mudah di Akses

Dengan adanya perangkat seperti komputer maupun ponsel pintar saat ini membuat konferensi virtual mudah di akses kapanpun dan dimanapun. Platform yang digunakan untuk bertemu biasanya tersedia di ponsel maupun website dan hanya memerlukan data internet untuk mengakses platform tersebut.

Itulah berbagai kelebihan dari konferensi virtual. Dengan kelebihan tersebut memudahkan kita untuk melakukan pertemuan online secara mudah dan praktis. Namun dibalik kelebihan yang telah dijabarkan, ada pula beberapa kekurangan dari konferensi virtual.Berikut beberapa kekurangan yang perlu kita ketahui.

1. Koneksi Internet

Koneksi internet yang dimiliki oleh masing-masing orang tentunya berbeda-beda. Tidak semua koneksi internet dapat berjalan dengan lancar. Adanya gangguan koneksi internet sering membuat orang-orang yang mengikuti konferensi virtual  terganggu dalam mengikutinya. Bisa saja audio yang tidak terdengar atau video yang tidak muncul menyebabkan konsentrasi pendengar maupun pemberi materi terpecah.  Sehingga diperlukan kesiapan matang ketika akan mengikuti suatu acara virtual sekalipun 

2. Kualitas Video Maupun Audio yang Kurang Baik

Dalam beberapa platform  pertemuan secara virtual terdapat kendala seperti kualitas video atau audio yang kurang memuaskan sehingga menyebabkan pertemuan terkendala. Oleh karena itu, kita perlu pintar-pintar dalam memilih platform yang akan digunakan untuk melakukan acara virtual

3. Kesiapan Peserta

Kesiapan peserta sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya konferensi virtual, karena melakukan pertemuan secara online yang dapat dilakukan dimana dan kapan saja membuat peserta tidak fokus dalam mengikutinya. Peserta yang mengikuti konferensi virtual bisa saja mematikan video dan audio miliknya sehingga peserta lain tidak dapat melihat apa yang sedang dilakukan. Mungkin, bisa saja ditinggal untuk melakukan kegiatan yang lainnya.

Berkaca pada kelebihan dan kekurangan dari konferensi virtual, apakah Anda ingin mengadakan pameran virtual yang berkesan? SimHive hadir sebagai platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Apa Yang Perlu Dilakukan Selama Acara Pameran Virtual Berlangsung?

Pameran Virtual

Bagaimana Langkah-Langkah Untuk Memasarkan Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Bagaimana Cara Terbaik Untuk Membuat Rencana Anggaran Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Beberapa Ide Acara Hiburan Di Auditorium Pameran Virtual Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami