Pameran Virtual

Panduan Branding Acara yang Efektif untuk Membangun Identitas Acara

Sebelum mengetahui bagaimana cara melakukan branding yang efektif untuk membangun acara yang berkesan dan membangun acara Anda, Anda dapat mengetahui terlebih dahulu tentang definisi dan tujuan dari branding acara.

Apa Yang Dimaksud Dengan Branding Acara?

Branding acara melibatkan beberapa elemen yang berkontribusi pada identitas acara, termasuk nama acara, logo, barang promosi, situs web, dan desain materi acara. Branding acara dapat dilakukan secara digital dan secara langsung. Meskipun beberapa elemen dalam acara tetap sama untuk perusahaan, seperti logo, situs web, aplikasi, dan lainnya, branding acara harus memiliki identitasnya sendiri.

Meskipun branding acara merupakan bagian dari pemasaran acara, hal ini tetap memerlukan perencanaan dan strategi. Semua elemen branding acara harus bersatu untuk membentuk tampilan yang padu demi kesuksesan acara. Fitur-fitur digital, termasuk situs web, logo, aplikasi acara, slogan, dan tampilan lokasi acara, menjadi identitas merek acara tersebut.

Branding acara adalah apa yang membuat acara Anda unik. Branding acara lebih dari sekadar estetika acara. Mulai dari tampilan tempat hingga dukungan pelanggan, branding acara mencakup seluruh pengalaman acara. Strategi branding acara yang efektif memungkinkan Anda membangun pengenalan acara dengan menampilkan tampilan dan sikap yang konsisten di semua aspek acara Anda.

Mengapa Branding Acara Menjadi Penting?

Branding acara berdampak langsung pada pengalaman yang dimiliki pengunjung pada acara Anda. Strategi branding acara yang tepat dapat membantu Anda mengadakan acara yang berkesan bagi pengunjung Anda.

Studi oleh Event Marketing Institute 2016, menunjukkan bahwa 74% konsumen terlibat dalam pengalaman pemasaran acara yang diberi merek, yang membuat mereka lebih tertarik pada produk yang dipromosikan dalam acara tersebut.

Branding acara mengintegrasikan emosi positif dari sebuah produk, membentuk bagaimana pengunjung berpikir tentang produk tersebut, dan membentuk dampak jangka panjang dari acara Anda yang menghasilkan peningkatan penjualan, pelanggan baru, dan pendukung merek.

Selain dari hal di atas, berikut adalah tujuan branding acara yang paling umum:

  1. Menarik sponsor dan vendor
  2. Mendapatkan pengakuan
  3. Mengkomunikasikan visi acara
  4. Menciptakan kepercayaan di antara konsumen dan merek
  5. Menghasilkan minat baru dari prospek
  6. Branding acara yang efektif melampaui penyediaan pengalaman acara yang luar biasa. Ini membantu acara merek mendapatkan respons positif bahkan setelah acara berakhir.
  7. Menciptakan identitas acara yang mudah dikenali.
  8. Membedakan acara Anda dengan acara lain.
  9. Membantu menjelajahi acara lebih lanjut.
  10. Membantu dalam lebih mengekspresikan tujuan akhir acara.

Cara Melakukan Branding Acara Anda

Jika Anda berencana mengadakan acara di sebuah lokasi ataupun mengadakan sebuah acara pameran virtual atau yang biasa disebut virtual exhibition, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memulai dan mengakhiri acara Anda dengan branding yang bagus.

Berikut hal-hal penting untuk melakukan branding acara:

1. Tanda Pengenal Acara

Setiap tanda mulai dari pintu masuk hingga keluar harus mencerminkan tentang perusahaan dan acara Anda. Tempatkan tanda-tanda merek secara menyeluruh di acara Anda untuk menanamkan kenangan acara ke dalam pikiran para pengunjung.

Dalam pameran virtual Simhive, Anda dapat mencantumkan identitas acara ataupun perusahaan Anda mulai dari halaman Landing Page, Login/Register Page, Lobby, Auditorium hingga ke dalam Hall pameran virtual. Tentu saja identitas acara pameran virtual Anda akan selalu dikenang oleh pengunjung pameran virtual dan membuat acara pameran virtual Anda menjadi berkesan.

2. Peta Acara dan Buku Profil Perusahaan

Peta acara dan buku profil perusahaan membantu para peserta untuk lebih baik menjelajahi acara. Memberikan pengunjung sebuah peta acara dan buku profil perusahaan akan memperkenalkan siapa penyelenggara acara dan melekatkan referensi tersebut pada alam bawah sadar pengunjung.

Dalam pameran virtual Simhive, pengunjung pameran virtual dapat menjelajahi pameran virtual dengan bantuan Minimap yang mirip dengan peta acara. Selain itu, EO (event organizer) dapat memiliki sebuah booth untuk mencantumkan identitas perusahaan ataupun acara. Pengunjung juga dapat melihat info profil perusahaan dengan mengklik berbagai elemen yang terdapat pada booth pameran virtual.

3. Photo Booth

Siapkan photobooth dengan logo perusahaan atau identitas acara di mana para pengunjung dapat mengambil foto-foto. Anda dapat meminta para pengunjung untuk memposting foto-foto mereka dengan photobooth tersebut di profil media sosial mereka menggunakan hashtag acara. Hal ini akan membuat acara Anda tetap diperbincangkan bahkan setelah acara berakhir. Selain itu, ini merupakan cara yang sangat baik untuk mempromosikan konten yang dihasilkan oleh pengguna, yang merupakan cara terbaik untuk menarik minat di kalangan calon pengunjung lainnya untuk acara Anda selanjutnya.

Tidak hanya di acara yang diadakan secara langsung, Anda juga dapat menambahkan photobooth pada pameran virtual atau virtual exhibition Anda. Jika Anda menggunakan platform pameran virtual Simhive, Anda dapat meletakkan photobooth ataupun pengunjung pameran virtual dapat menggunakan fitur Photo Selfie pada acara pameran virtual Anda. Tentu saja hal ini akan membuat pengunjung pameran virtual dapat mengabadikan momen seru dalam acara pameran virtual Anda dan membuat acara pameran virtual atau virtual exhibition Anda menjadi berkesan.

4. Booth Games

Untuk membuat acara Anda menjadi meriah dan berkesan Anda dapat menambahkan booth permainan yang bisa terdapat beberapa permainan seperti game kuis, permainan mini bola basket, permainan berhitung, spinning wheel dan sebagainya. Tentu saja Anda dapat membuat hadiah dari permainan ini dengan barang-barang dari merek perusahaan maupun acara Anda.

Jika Anda menggunakan platform pameran virtual Simhive, Anda dapat menambahkan booth permainan dalam acara pameran virtual Anda karena Simhive mempunyai fitur Gaming Booth. Gaming Booth merupakan booth yang dibuat khusus agar pengunjung pameran virtual dapat melakukan kunjungan ke booth untuk memainkan game yang disediakan oleh event organizer. Beberapa jenis game yang dipilih oleh event organizer pameran virtual Simhive yaitu Quiz Game, Coin-Collecting Game dan Tower Block Game.

5. Influencer

Pemasaran melalui para influencer akan memberikan dampak yang signifikan pada acara Anda. Para influencer adalah selebriti internet yang dapat membuat acara Anda bersinar di hadapan para pengikut mereka dan meningkatkan jumlah pendaftarannya. Selain menarik pengunjung untuk acara Anda, para influencer juga dapat membangun kelompok pengikut di sekitar merek acara Anda dengan mempromosikan barang-barang bermerk dari acara Anda.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memberikan barang-barang bermerk tersebut atau barang-barang lain yang Anda miliki sebagai hadiah kepada para influencer. Kemudian, para influencer dapat mempromosikan acara Anda dengan menunjukkan barang bermerk tersebut kepada para pengikut mereka dan menciptakan antisipasi di kalangan mereka.

6. Media Sosial

Saat ini media sosial menjadi salah satu hal yang efektif dalam melakukan branding acara. Anda dapat menggunakan beberapa platform media sosial sekaligus seperti Twitter, Linkedin, Facebook, Instagram dan Tiktok. Pemilihan platform media sosial dapat tergantung jenis acara yang sedang Anda adakan. Sebagai contoh, Instagram adalah tempat terbaik untuk memposting gambar-gambar yang keren. Pemasaran dengan menggunakan Instagram populer yang ditujukan untuk fashion, kecantikan, dan kebugaran, namun LinkedIn lebih ditujukan untuk perusahaan B2B. Jika Anda ingin menjalankan iklan, pilihlah platform-platform yang memungkinkan iklan yang dapat terhubung dengan audiens Anda.Jika Anda ingin berfokus pada Hashtag, maka Instagram dan Twitter akan cocok dengan Anda. Anda dapat menarik minat pengunjung dengan mengunggah teaser acara, proses mempersiapkan acara atau beberapa sorotan acara.

Kesimpulan

Branding acara yang terbaik memastikan acara Anda tetap berkesan sebelum, selama, dan setelah acara berakhir. Oleh karena itu, menginvestasikan waktu yang tepat untuk membuat dan menyampaikan identitas acara yang tepat sangat penting. Konsistensi dalam branding acara hal yang penting, semakin konsisten Anda mencapai branding acara Anda, semakin besar acara Anda membuat pengalaman pengunjung yang berkesan. Jika Anda ingin membuat sebuah acara pameran virtual maupun acara hybrid gabungan acara langsung dan pameran virtual, Anda dapat menggunakan platform pameran virtual Simhive.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Berinteraksi Dengan Visitor Pameran Virtual Lainnya Dalam Auditorium Melalui Auditorium Chat

Pameran Virtual

Mengenal Tentang Redeem Reward System Pada Pameran Virtual Simhive

Pameran Virtual

Menyelami Lebih Dalam Dunia Metaverse dan Virtual Exhibition

Pameran Virtual

Virtual Exhibition: Membawa Pameran ke Era Digital dengan Lebih Banyak Kemungkinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami