Pameran Virtual

Kenapa Pameran Virtual Dapat Menjadi Salah Satu Pilihan Anda Ketika Mengadakan Acara?

Di tahun 2022 ini, walaupun pemerintah sudah menetapkan peraturan bolehnya tidak menggunakan masker di luar ruangan dan mengadakan acara secara tatap muka, pameran virtual akan tetap menjadi pilihan dalam mengadakan acara. Menurut survey global yang diadakan oleh Kaltura, setidaknya 48% perusahaan berencana menyelenggarakan lebih banyak pameran virtual. Selain itu, banyak perusahaan memperkirakan pameran virtual berlanjut hingga tahun 2023 dan seterusnya merencanakan untuk menyelenggarakan acara yang sepenuhnya virtual ataupun hybrid.

Berikut beberapa alasan mengapa pameran virtual dapat menjadi salah satu pilihan ketika mengadakan sebuah acara dilihat dari sisi pengunjung, penyelenggara maupun exhibitor pada pameran virtual.

1. Kenyamanan

Menurut survey lain yang diadakan oleh Kaltura, 84% responden menyatakan bahwa mereka selalu ingin memiliki opsi untuk menghadiri acara apa pun sebagai peserta virtual/jarak jauh. Responden tersebut berasal dari pengunjung acara pameran virtual hingga perencana acara merasa bahwa pameran virtual lebih nyaman untuk dijadwalkan dan dihadiri daripada acara tatap muka.

Pameran virtual juga memiliki persiapan yang lebih mudah. Pengunjung pameran virtual tidak perlu pergi ke tempat acara diadakan, tidak perlu reservasi hotel untuk menginap, tidak akan ada masalah dengan ketinggalan pesawat, kemacetan di jalan, ataupun masalah parkir. Selain itu, acara pameran virtual dapat diatur berminggu-minggu sebelumnya, bukan berbulan-bulan. Exhibitor pada pameran virtual pun tidak perlu ribet dengan berbagai keperluan untuk booth di pameran. Exhibitor pameran virtual hanya perlu menyiapkannya dalam bentuk digital.

2. Pameran Virtual Memiliki Jangkauan Luas dan Dapat Dibuka Untuk Lebih Banyak Peserta

Ketika mengadakan sebuah pameran virtual, penyelenggara tidak perlu menyewa tempat ataupun gedung untuk acara. Sehingga penyelenggara tidak perlu memikirkan kapasitas pengunjung yang hadir pada acara pameran virtual. Hal ini akan membuat lebih banyak peserta yang dapat hadir pada acara pameran virtual Anda.

Selain itu, pengunjung pameran virtual yang berasal dari luar kota maupun luar negeri tidak perlu datang ke tempat acara diadakan. Mereka hanya perlu mendaftar secara online dan datang secara virtual. Tentu saja, ini akan membuka peluang untuk acara pameran virtual Anda dapat dihadiri lebih banyak peserta dari dalam negeri maupun luar negeri. Exhibitor pameran virtual pun akan diuntungkan dengan produknya yang dikenal lebih luas.

3. Pameran Virtual Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

Pengunjung yang memiliki gangguan pendengaran tidak harus bermasalah dengan sistem suara dan akustik ruangan acara. Mereka dapat menyesuaikan volume yang sudah mereka atur pada perangkat mereka masing-masing. Selain itu, pengunjung juga lebih mudah melihat wajah pembicara sehingga membaca bibir lebih mudah dilakukan.

Pada beberapa acara, akses menuju acara dan tempat duduk dipermudah bagi mereka yang menggunakan kursi roda dan alat bantu lainnya. Namun terkadang waktu dan jarak membuat mereka enggan untuk hadir ke acara tersebut. Namun dengan pameran virtual, mereka yang memiliki disabilitas biasanya memiliki sistem rumah yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan mereka. Sehingga dari rumah pun, pengunjung pameran virtual yang memiliki disabilitas tetap dapat mengikuti acara.

4. Biaya Yang Lebih Rendah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengunjung maupun exhibitor pameran virtual tidak perlu pergi ke tempat acara diadakan, membayar hotel, tiket pesawat, makan ataupun parkir sehingga pengunjung dan exhibitor pameran virtual bisa menghemat biayanya untuk datang ke acara. Biaya lain yang dapat dihemat oleh exhibitor yaitu biaya mencetak brosur, banner dan berbagai pernak pernik untuk keperluan booth. Penyelenggara acara pameran virtual pun tidak perlu menyewa tempat, memesan ruang hotel untuk tamu, ataupun membayar biaya perjalanan pembicara dan tentu saja menghemat biaya sehingga biaya tersebut dapat dialokasikan ke kebutuhan lainnya.

5. Lebih Banyak Interaksi dengan Pengunjung Pameran Virtual
Fitur Group Chat Pada Pameran Virtual Simhive

Pada platform pameran virtual Simhive, Anda akan menemukan fitur chat dimana memungkinkan penyelenggara acara maupun exhibitor pameran virtual berinteraksi dengan pengunjung pameran virtual. Dibandingkan dengan acara tatap muka, pengunjung pameran virtual tidak perlu berkerumun di satu tempat untuk berinteraksi satu sama lain.

6. Konten Dapat Direkam dan Diunduh

Pengunjung pameran virtual yang tidak sempat hadir ke acara pameran virtual dapat melihat rekaman acara yang sudah berlangsung sebelumnya. Pengunjung pameran virtual yang hadir pada saat acara juga dapat merekam selama acara berlangsung dan dapat melihat hasil rekaman tersebut di kemudian hari. Jika memungkinkan, penyelenggara acara pameran virtual juga dapat memberikan hasil rekaman acara kepada pengunjung pameran virtual yang sudah mendaftar namun tidak sempat hadir pada saat acara berlangsung.

Pada saat acara berlangsung, exhibitor pameran virtual juga dapat memberikan konten brosur dan kebutuhan lainnya untuk pengunjung pameran virtual. Sehingga pengunjung pameran virtual bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai exhibitor tersebut.

Itulah beberapa alasan mengapa pameran virtual bisa menjadi salah satu opsi jika Anda ingin mengadakan sebuah acara. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh penyelenggara acara, exhibitor pameran hingga pengunjung acara. Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual, Anda dapat menggunakan salah satu plaform pameran virtual yang terkenal di Indonesia yaitu Simhive.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan platform pameran virtual SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Tips Mempromosikan Merek Anda Ketika Berada Di Pameran Virtual

Pameran Virtual

Buatlah Pameran Virtual Anda Lebih Menarik Dengan Gamifikasi Di Dalamnya!

Pameran Virtual

Tips Menarik Sponsor Acara Untuk Pameran Virtual Anda

Pameran Virtual

Cara Melakukan Riset Pasar Acara Pameran Virtual Anda Dengan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Logo Hubungi Kami