Pameran Virtual

Apa Saja Yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Mengadakan Webinar?

Dengan ledakan dan evolusi pameran virtual pada tahun 2020, salah satu jenis alat komunikasi online bisa dibilang agak tertinggal.

Webinar sederhana telah lama digunakan untuk menghasilkan prospek, demonstrasi produk, peningkatan jangkauan, dan berbagi pengetahuan. Tetapi dengan pemasar baru-baru ini lebih fokus untuk mengikuti inovasi teknologi dan bagaimana mengadakan acara langsung yang menarik dan lengkap secara online. Tetapi ada kebutuhan bagi sebagian orang untuk menemukan platform webinar yang tepat pada tahun 2021 agar sesuai dengan kebutuhan mereka yang berkembang.

Menurut penelitian Hubspot, lebih dari setengah pemasar mengatakan bahwa mereka bermaksud memasukkan webinar dalam strategi video konten mereka untuk tahun ini, yang naik 11% dibandingkan tahun sebelumnya.

Webinar akan terus meningkat, selama para profesional terus menghargai pembelajaran berbasis video sebagai format pendidikan pilihan mereka. Dengan virtual event yang mencapai tingkat popularitas yang belum pernah terjadi sebelumnya, pasti masih ada tempat di perangkat pemasar untuk webinar.

Jadi apa yang biasanya kita kaitkan dengan format webinar? Webinar telah mengikuti format yang sama selama bertahun-tahun, jadi berikut adalah enam elemen yang melekat terkait webinar:

  • Rata-rata waktu presentasi webinar berkisar antara 30 hingga 60 menit
  • Sebagian besar peserta webinar bergabung dari komputer desktop
  • Sering menampilkan konten yang direkam sebelumnya
  • Biasanya, satu atau dua pembawa acara berbicara melalui slide
  • Kamera video speaker dimatikan
  • Dapat menampilkan polling peserta tunggal untuk mendorong keterlibatan

Lalu apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika mengadakan sebuah webinar?

1. Konten

Peserta acara digital menyadari bahwa konten berkualitas adalah kekuatan pendorong di balik komitmen mereka untuk masuk dan tetap terlibat di dalam sebuah virtual event. Untuk memastikan konten webinar memiliki daya tarik yang sama, pertimbangkan pendekatan dengan berfokus pada satu tema inti webinar dan kemudian menawarkan beberapa webinar pada sub-topik terkait. Dengan demikian, Anda akan memperluas perhatian dan waktu yang dihabiskan dengan brand Anda.

Fokus pada konten yang lebih personal untuk mempromosikan webinar Anda juga. Dengan menggunakan sistem manajemen dan pendaftaran peserta online, Anda dapat mengirim promosi yang dikirim secara personal ke segmen audiens tertentu dengan pesan yang disesuaikan dan pendaftaran yang akan mengirimkan rekomendasi konten yang hanya sesuai dengan mereka.

Kemudian, ketika mereka bergabung dengan webinar, peserta akan mengetahui topik mana yang relevan bagi mereka bahkan sebelum program dimulai.

Selama acara, libatkan peserta dalam obrolan webinar dan Tanya Jawab. Dengan mengetahui audiens Anda dan mempersonalisasi pengalaman mereka, Anda dapat mengarahkan mereka ke konten tambahan yang menarik setelah webinar berakhir.

2. Format

Jadilah kreatif dan fleksibel dengan waktu dan durasi webinar. Tidak apa-apa jika melakukan sesi webinar yang lebih dari atau kurang dari 30 menit. Selain menampilkan konten terprogram, pertimbangkan untuk menambahkan sesi breakout atau peluang Tanya Jawab sebelum atau setelah webinar.

Tawarkan untuk melanjutkan percakapan webinar dengan mengizinkan peserta untuk bertemu secara virtual dengan para ahli dengan berpartisipasi dalam kelompok diskusi di dalam breakout room yang lebih kecil yang dimoderatori oleh pembicara.

Penting juga untuk fokus pada pengalaman pembicara. Dengan memanfaatkan format gaya meja bundar, Anda akan dapat mengizinkan beberapa pembicara untuk terlibat dalam percakapan langsung bersama-sama saat hadirin menonton.

Anggap saja sebagai acara bincang-bincang, ketika para pembicara dapat melakukan percakapan dinamis satu sama lain tanpa naskah dan autentik serta menarik minat para hadirin. Mencampur format webinar mendukung keterlibatan peserta dengan memungkinkan peluang menambah koneksi, interaksi peserta-ke-peserta dan interaksi peserta-ke-pembicara.

3. Interaktivitas

Mendorong interaktivitas peserta akan meningkatkan pengalaman webinar mereka secara keseluruhan dan akan membuat mereka tetap terlibat. Gunakan platform webinar yang memungkinkan peserta mengetik Tanya Jawab langsung dan memberikan polling suara lebih tinggi untuk pertanyaan yang paling banyak ingin ditanyakan oleh peserta lainnya. Menawarkan jajak pendapat langsung di seluruh webinar juga akan melibatkan peserta, dengan bonus tambahan mengumpulkan data pemirsa tambahan.

Penggunaan sesi/ruangan breakout selama webinar juga akan meningkatkan keterlibatan peserta. Dengan membagi peserta menjadi beberapa kelompok kecil selama webinar, mereka akan dapat terlibat di sekitar topik tertentu dalam suasana yang lebih intim sebelum dibawa kembali ke sesi webinar utama.

Meningkatkan interaktivitas peserta akan menciptakan pengalaman webinar yang lebih komprehensif dan membuat peserta merasa seperti mereka adalah bagian dari sesi dan komunitas yang lebih besar, bukan sekadar pengamat eksternal.

4. Metrik dan Pengukuran

Webinar standar mengukur keberhasilan melalui pendaftaran, kehadiran secara keseluruhan, dan durasi kehadiran.

Dengan melacak keterlibatan dan bagaimana pemirsa berpartisipasi selama segmen interaksi langsung dari webinar Anda (misalnya dalam jajak pendapat, Tanya Jawab dan obrolan), Anda dapat menentukan seberapa terlibat setiap peserta tertentu dan melihat serta menindaklanjuti tanggapan masing-masing selama segmen ini.

Dengan menggunakan data ini, Anda kemudian dapat menangkap peserta dan menghitung penawaran terbaik Anda berikutnya: mengirimkan mereka ke penjualan sebagai prospek baru atau terus memelihara mereka dalam program pemasaran yang ada yang mengembangkan minat mereka, berdasarkan konten yang telah mereka konsumsi atau tanggapan yang mereka tangkap.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Pameran Virtual Dapat Menjadi Pilihan Jika Anda Ingin Menghemat Budget Acara