Pameran Virtual

6 Ide Pameran Virtual Untuk Pesta Liburan Virtual

Sudah satu tahun lagi kita harus melakukan WFH (work from home). Varian baru Omicron dan lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia menyebabkan beberapa daerah harus melakukan lockdown kembali. Kemungkinan besar juga beberapa orang tidak dapat pulang kampung di musim liburan yang akan datang. Namun itu tidak menghalangi kita untuk tetap melakukan silaturahmi dengan keluarga besar kita. Kita hanya memerlukan beberapa ide pesta liburan virtual yang menyenangkan dan menghibur.

Apa itu Pesta Liburan Virtual?

Pesta liburan virtual sama seperti pesta biasa, tetapi semuanya dilakukan dengan serba virtual/online. Sebenarnya, hal ini bisa menjadi jeda yang bagus bagi kita untuk melangkah keluar dari penatnya bekerja di rumah saja.

Dunia online menawarkan kemungkinan yang tak terbatas. Kita sekarang dapat menyelenggarakan pesta Natal, Tahun Baru, Imlek, Hari Raya Idul Fitri dengan secara virtual maupun hybrid.

Mengapa sebaiknya kita mengadakan pesta liburan virtual selama pandemi COVID-19 ini?

  • Hemat biaya.
  • Kemudahan akses selama ada perangkat pintar dan internet.
  • Ramah lingkungan.
  • Dapat menyambung kembali tali persaudaraan walaupun tanpa berkumpul bersama.

1. Kegiatan Berkelompok

Apalah artinya pesta tanpa beberapa kegiatan menyenangkan?

Inilah kesempatan kita untuk memasukkan beberapa kegiatan yang dilakukan secara bertim. Tergantung pada tema liburan, kita dapat menjadwalkan aktivitas langsung melalui rapat video grup. Misalnya setiap orang dapat membuat kue, melukis bersama, membuat ketupat dan lain sebagainya. Kita juga dapat menambahkan happy hour atau bernyanyi bersama dengan tampilan karaoke.

Setiap orang dapat memilih kegiatan yang mereka sukai saat pendaftaran. Hal ini akan membantu kita untuk menyesuaikan agenda kita dan menentukan tema yang sesuai dengan acara.

2. Games yang Menyenangkan

Game liburan virtual dapat ditambahkan dalam kegiatan pesta liburan virtual ini. Kita dapat menetetapkan aturan untuk game-game yang ada sesuai dengan tema liburan kita. Sertakan sesi tanya jawab atau jajak pendapat yang menyenangkan. Mereka bisa mendapatkan poin dan menonton papan peringkat untuk mendapatkan skor. Pemenang membawa pulang sebuah hadiah yang nanti akan dikirimkan setelah acara selesai ke rumah masing-masing.

Jika kita bekerja sama dengan platform pameran virtual, kita dapat menyertakan avatar 3D yang sesuai dengan tema games.

3. Booth Foto Bertema Tertentu

Baik itu Natal, Tahun Baru, Imlek atau Idul Fitri mintalah peserta untuk berdandan sesuai tema.

Jika kita bekerja sama dengan platform pameran virtual, kita dapat menyertakan peringatan atau prompt di halaman lobi virtual sehingga orang-orang yang akan masuk ke ruangan acara harus menyalakan kamera dan melakukan foto grup.

Atau knda bisa memiliki dinding gambar yang terintegrasi dengan media sosial. Orang-orang dapat mengunggah foto mereka dengan hastag yang kita buat sesuai dengan acara kita.

Selain itu kita juga dapat menyertakan hadiah untuk orang yang mempunyai pakaian terbaik atau terburuk menyesuaikan dengan tema acara.

4. Pertunjukan Bakat

Kita semua memiliki bakat terpendam tersendiri dan beberapa dari kita juga menyembunyikannya dengan baik. Kita tidak pernah tahu siapa yang mungkin memiliki suara yang bagus, kemampuan menari yang bagus atau bakat-bakat terpendam lainnya.

Bagi mereka yang bersedia melakukan pertunjukan bakatnya, tetapkan jadwal bagi peserta untuk menunjukkan bakat mereka. Baik itu membaca puisi, menyanyi, menari, stand-up comedy atau memainkan alat musik. Kita dapat meminta platform penyedia pameran virtual kita untuk menambahkan fitur merekam sehingga kita dapat memutar kembali setelah acara selesai. Selain itu, mereka yang ketinggalan acara dapat melihat rekaman itu juga.

5. Sesi Yoga atau Meditasi

Sudah beberapa tahun yang sulit karena pandemi COVID-19 ini. Meredakan stress dan meningkatkan relaksasi mungkin hal yang dibutuhkan beberapa orang. Sesi singkat melalui yoga atau meditasi dapat membantu kita semua menjadi lebih rileks. Dengan melepaskan beberapa stress kita dapat memulihkan diri lebih baik selama liburan dan kembali bekerja dengan baik.

Jika kita tidak dapat menyewa instruktur yoga, kita dapat memutar video dari youtube dan meminta peserta yang hadir untuk menirukan gerakan yang ada pada video. Jangan lupa pilih video dengan gerakan yang mudah karena tidak semua orang dapat melakukannya.

6. Makan Malam Bersama

Terakhir, adakan makan malam virtual menjelang akhir sesi acara. Para tamu dapat duduk bersama secara online, dengan makan malam yang telah tersedia di masing-masing meja makan. Kita dapat meminta peserta untuk menyalakan lampu pernak pernik yang menyala di sekitar mereka. Jadi mereka bisa merasa sama meriahnya di lingkungan fisik mereka seperti di lingkungan virtual mereka.

Kesimpulan

Hanya karena hal-hal sekarang online tidak berarti kita harus melepaskan semangat liburan kita. Jika kita tidak dapat pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga besar, kita masih bisa berkumpul di ruang virtual. Pilihlah platform pameran virtual yang sesuai untuk kita. Kita dapat mendesain lingkungan fisik di kampung halaman kita ke dalam lingkungan virtual kita sehingga menambah kesan yang lebih menyenangkan bagi kita dan keluarga besar kita.

Salah satu platform pameran virtual di Indonesia adalah SimHive. SimHive hadir dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Bagaimana Cara Memilih Sponsor Yang Tepat Untuk Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Beberapa Ide Untuk Mengadakan Acara Pameran Virtual Yang Unik

Pameran Virtual

Apa Saja Manfaat Pameran Virtual Bagi Pengunjung?

Pameran Virtual

Tips Bagi Pengunjung Saat Menghadiri Acara Pameran Virtual Untuk Pertama Kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami