Pameran Virtual

Apa Definisi Kesuksesan Pemasaran Event & Apa Itu ROI Event?

Bagaimana event marketer mendefinisikan kesuksesan? Menurut sebuah studi baru-baru ini oleh Cvent, metrik untuk kesuksesan pemasaran acara mencakup hasil keuangan, kehadiran audiens, perolehan prospek dan analisis post-event, semuanya harus selaras dengan tujuan bisnis perusahaan secara keseluruhan. Tujuan pemasaran acara membantu memandu strategi perusahaan dan membuat garis dasar untuk menentukan ROI event.

Keselarasan dengan Tujuan Perusahaan

Alasan suatu acara harus dikaitkan dengan tujuan perusahaan. Setiap acara perlu menunjukkan apa yang telah dicapai untuk menuju tujuan itu. Tapi ingat, acara yang berbeda membutuhkan tujuan yang berbeda, apakah itu acara tatap muka, virtual atau hybrid. Event marketer perlu fokus untuk menyelaraskan aktivitas mereka dengan departemen pemasaran dan tujuan menyeluruh perusahaan. Jadi apa saja metrik kesuksesan pemasaran event untuk mencapai tujuan perusahaan?

1. Kehadiran Audiens

Mengukur total kehadiran audiens adalah ukuran alami untuk kesuksesan acara. Jumlah peserta yang lebih tinggi memiliki efek trickle-down karena dapat menghasilkan lebih banyak prospek acara yang lebih besar.

2. Dampak Media

Metrik dampak media memiliki beberapa bagian komponen yang mencakup traffics media sosial dan pengikut baru yang dihasilkan, klik dan kunjungan situs web, penayangan untuk acara siaran seperti olahraga dan hiburan dan liputan pers baik dari sisi kuantitatif maupun kualitatif.

3. Survei Pasca-Acara

Survei ini dapat memberikan pandangan yang akurat dan tepat waktu tentang pengalaman dan tingkat kepuasan peserta acara. Survei juga dapat menyentuh hal bermanfaat lainnya seperti kemungkinan peserta untuk membeli produk kita.

4. Pendapatan

Peserta acara menunjukkan sinyal pembelian melalui tindakan mereka di acara. Dengan melacak peserta kita di tempat dan mengintegrasikan kembali perilaku mereka ke dalam sistem CRM (Customer Relationship Management), event marketer dapat melacak dampak moneter dari program mereka.

5. Pembelajaran Acara Sebelumnya

Event marketer ingin sekali memahami dan bertindak berdasarkan wawasan dari peserta di acara sebelumnya untuk terus menyempurnakan dan meningkatkan cara pemasaran mereka di acara mendatang. ROI yang dihitung dari suatu acara dapat membantu dalam penetapan anggaran untuk acara mendatang.

ROI Event

Untuk mendapatkan penghitungan ROI acara yang sebenarnya, kita perlu mempelajari lebih dalam tentang biaya dan manfaat menjalankan acara. Jauh lebih dari sekadar menjumlahkan biaya langsung untuk menghasilkan acara dan pendapatan langsung yang dihasilkannya, penting untuk memahami biaya dan manfaat secara keseluruhan. Hal ini untuk membantu kita melakukan perhitungan ROI, berikut beberaoa hal yang perlu diketahui untuk menghitung ROI event.

1. Biaya Acara

Biaya acara dapat mencapai 25% atau lebih dari anggaran pemasaran B2B perusahaan dan rapat internal dapat menambahkan 3-5% lagi. Total biaya untuk mengadakan acara memerlukan analisis pengeluaran yang lebih dekat pada tingkat yang terperinci. Biaya acara mempunya tiga sub biaya yang berbeda yang perlu dihitung juga.

a. Direct Costs (Biaya Langsung)

Ini adalah biaya yang paling umum bagi perencana acara. Direct cost adalah biaya penyelenggaraan acara. Contoh biaya langsung termasuk biaya tempat, makanan dan minuman, perjalanan, hiburan dan peralatan sewa. Dengan mengetahui biaya ini, kita dapat menyelaraskan anggaran kita dan menangani biaya langsung dengan baik.

b. Indirect Costs (Biaya Tidak Langsung)

Biaya tidak langsung menawarkan pandangan yang lebih lengkap tentang investasi untuk menjalankan suatu acara. Mereka termasuk gaji dan biaya overhead tim yang terlibat dalam penyelenggaraan acara serta biaya lainnya. Biaya tidak langsung dihitung menggunakan proses akuntansi seperti penetapan biaya berdasarkan aktivitas, yang membebankan biaya yang dikaitkan ke produk, layanan dan acara. Untuk memahami biaya tidak langsung acara kita, kita dapat bekerja sama dengan tim keuangan kita.

c. Opportunity Costs (Biaya Peluang)

Semua event memiliki biaya peluang. Perusahaan memilih untuk menyebarkan sumber dayanya ke suatu kegiatan lain selain dari pemasaran digital. Sumber nilai alternatif ini terdiri dari biaya peluang. Untuk memahami biaya ini, kita perlu mengetahui manfaat kegiatan lain yang akan dihasilkan dibandingkan dengan acara kita.

2. Mengidentifikasi Manfaat

Sebuah event dapat mempengaruhi keseluruhan dari perusahaan. Mirip dengan biaya pengeluaran acara, penting untuk mengetahui bagaimana mengukur berbagai jenis manfaat.

a. Direct Revenue (Pendapatan Langsung)

Pendapatan langsung adalah uang yang dihasilkan secara langsung sebagai hasil dari penyelenggaraan suatu acara. Contohnya termasuk penjualan tiket, penghasilan dari sponsor, biaya pendaftaran, penjualan produk di tempat dan pendapatan iklan. Pendapatan langsung bervariasi berdasarkan ukuran dan ruang lingkup acara.

b. Attributed Revenue (Pendapatan yang Berkaitan)

Perusahaan memasarkan dan mempromosikan produk mereka di acara yang mendorong pendapatan di waktu mendatang. Demo produk di tempat membantu untuk mendorong penjualan baru dan meningkatkan pembaruan pelanggan. Karena peluang baru tersebut menghasilkan bisnis baru, uang dapat berkaitan ke acara tersebut sebagai pendapatan yang berkaitan.

c. Brand Equity (Ekuitas Merek)

Beberapa manfaat, seperti ekuitas merek, lebih tidak berwujud dan tidak dapat diukur dengan uang langsung. Ekuitas merek tidak memberikan imbalan uang langsung, tetapi kehadiran acara berdampak pada merek perusahaan. Konsumen menyukai perusahaan terkenal dan dikagumi, yang mengarah untuk melakukan bisnis dengan perusahaan itu. Ekuitas merek dapat membantu mendorong Customer Lifetime Value dan kontribusi keuntungan jangka panjang dari pelanggan. Acara kita harus meninggalkan dampak positif pada peserta kita sehingga dapat mendorong ekuitas merek yang positif.

d. Knowledge Exchange (Pertukaran Pengetahuan)

Pertukaran pengetahuan adalah pembelajaran yang terjadi selama acara. Interaksi antara pelanggan, prospek dan perusahaan ini dapat membantu membentuk pengembangan produk, meningkatkan bran, menyempurnakan pemasaran dan mempercepat penjualan. Acara kita harus menciptakan lingkungan untuk berbagi pengetahuan, yang mengarah pada ekuitas merek dan pendapatan yang berkaitan.

Ingin pemasaran event Anda sukses dan mencapai target ROI event? Kini SimHive hadir sebagai salah satu platform pameran virtual di Indonesia yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Tips Mempromosikan Merek Anda Ketika Berada Di Pameran Virtual

Pameran Virtual

Buatlah Pameran Virtual Anda Lebih Menarik Dengan Gamifikasi Di Dalamnya!

Pameran Virtual

Tips Menarik Sponsor Acara Untuk Pameran Virtual Anda

Pameran Virtual

Cara Melakukan Riset Pasar Acara Pameran Virtual Anda Dengan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Logo Hubungi Kami