4 Manfaat Menyelenggarakan Hybrid Event

Tahun lalu, kita telah melihat tren baru muncul di industri perencanaan acara dengan hybrid event. Hybrid event memiliki banyak hal yang ditawarkan, dengan acara tatap muka dan virtual terbaik menjadi satu. Meskipun hybrid event ini telah banyak diadakan sebelumnya, terutama di industri teknologi dan game, protokol social distancing dan PPKM membuat hybrid event benar-benar menunjukkan potensinya.

Apa Itu Hybrid Event?

Hybrid event memadukan elemen acara tatap muka dan virtual untuk pengalaman yang lengkap dan dapat diakses dimanapun, terlepas dari lokasi dan kehadiran peserta. Para ahli memperkirakan bahwa banyak profesional acara berencana untuk beralih ke hybrid event.

Jika kita pernah menyelenggarakan acara tatap muka sebelumnya, kita tahu apa saja yang diperlukan untuk menyatukan peserta pameran, peserta dan pakar industri ke tempat yang sama pada waktu yang sama. Kita memerlukan waktu dan sumber daya yang cukup untuk menjadi penyelenggara acara tatap muka dengan sukses. Virtual event lebih mudah untuk diselenggarakan, tetapi dapat mengurangi pengalaman bagi orang-orang yang berada di area tersebut dan ingin menghadiri acara kita secara langsung. Model hybrid membuat semua orang senang dan dilengkapi dengan banyak manfaat lainnya juga.

Apa Saja Manfaatnya?

Hybried event menawarkan banyak manfaat bagi semua pihak yang terlibat. Baik kita seorang penyelenggara, peserta pameran atau sekadar peserta, kita akan memperoleh keuntungan yang signifikan dari konferensi semacam itu. Manfaatnya berkisar dari kenyamanan hingga metrik post-event dan masih banyak lagi.

1. Meningkatkan Jangkauan Pengunjung

Kembali ke acara tatap muka setelah jangka waktu yang lama akan sangat melelahkan bagi banyak orang. Ini karena banyak orang masih mengikuti tindakan pencegahan COVID-19 atau mungkin tidak dapat bepergian. Selain itu, sulit untuk meluangkan waktu dan sumber daya untuk menghadiri acara di kota atau negara lain.

Oleh karena itu, hybrid event adalah solusi sempurna untuk masalah ini. Hybrid event dapat sangat membantu meningkatkan jangkauan kita, karena kita tidak akan dibatasi hanya pada audiens fisik kita. Kita dapat menarik orang-orang dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam acara kita hanya dari rumah mereka masing-masing.

2. Memikat Pembicara Berprofil Tinggi

Seperti halnya peserta, pembicara mungkin juga kesulitan meluangkan waktu untuk berbicara di acara tatap muka. Mereka perlu menghabiskan banyak waktu untuk bepergian ke suatu tempat dan hanya berbicara selama satu jam atau lebih di panel. Komitmen ini dapat membuat pembicara terkenal melewatkan acara kita jika benar-benar dilakukan secara langsung.

Namun, jika kita menyelenggarakan hybrid event, pembicara yang dapat hadir akan datang, sedangkan sisanya dapat meluangkan waktu untuk berpartisipasi secara online. Ini membutuhkan komitmen yang jauh lebih sedikit, dan kita akan dapat menarik pembicara terkenal. Pembicara ini akan menarik audiens yang lebih besar, baik fisik maupun virtual.

3. Menawarkan Pengalaman Pengguna yang Positif

Sementara acara tatap muka dan virtual memiliki serangkaian manfaat dan fitur menyenangkannya sendiri, hybrid event menawarkan yang terbaik dari kedua dunia. Lingkungan virtual mudah dinavigasi dan berusaha meniru pengalaman fisik sebanyak mungkin. Sementara itu, hybrid event memiliki fitur luar biasa sendiri seperti ruang acara 3D, webinar yang dapat diputar ulang dan sejumlah fasilitas lainnya.

Hal ini memungkinkan pengunjung yang hadir di tempat dan virtual menikmati acara secara maksimal, tanpa mengorbankan kenyamanan. Pengalaman pengguna yang positif ini membuat hybrid event sangat berharga dan terus meningkat dari hari ke hari.

4. Memberikan Pengetahuan Luas Tentang Hybrid Event

Ketika datang ke hybrid event, penyelenggara acara dan pemilik stan dapat dengan mudah melacak kehadiran pengunjung dan keterlibatan pengunjung. Acara ini akan merekam setiap interaksi pengguna, dan membantu perusahaan mengukur ROI.

Pengetahyan ini cukup berharga, karena dapat membantu kita mendapatkan sponsor juga. Bahkan, beberapa perusahaan bahkan mungkin bersedia membayar untuk data ini. Di saat data adalah segalanya, kita akan dapat mengumpulkan informasi berharga. Perusahaan dapat menggunakan informasi ini untuk mengukur upaya pemasaran dan penjualan mereka dan penyelenggara acara dapat menggunakannya untuk merencanakan acara yang lebih baik di lain waktu.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.