D’TIK Fest 2021, Software Expo Virtual Sebagai Ajang Pameran Produk Teknologi Inovatif dan Kompetitif Mahasiswa IT PENS

D’TIK Fest 2021 (sebelumnya dikenal dengan Software Expo) merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Informatika dan Komputer (ITCE) sebagai sarana apresiasi kepada mahasiswa yang telah menyalurkan ide kreatifnya secara nyata ke dalam sebuah produk teknologi inovatif dan kompetitif. Tujuan lain dari diadakannya D’TIK Fest 2021 adalah ingin memperlihatkan ke ranah luar bahwa mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dapat mengembangkan potensinya dan menghasilkan produk berdaya saing tinggi di era Industri 4.0, serta tetap berprestasi di tengah pandemi COVID-19.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan wabah pandemi yang sedang melanda dan larangan untuk mengadakan acara yang membuat banyak orang berkumpul di satu tempat, tahun ini D’TIK Fest diadakan secara virtual. Dengan menggunakan SimHive sebagai sarana pelaksanaan, kegiatan berlangsung pada hari Selasa (19/1), dan disiarkan secara langsung melalui channel YouTube DTIK Fest. Mengusung tema “ Modern dan Teknologi ”, D’TIK Fest 2021 diikuti oleh 105 peserta yang terdiri dari 57 mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika dan 48 mahasiswa dari Program Studi Teknik Komputer.

Terdapat 23 tim yang berkompetisi untuk memperebutkan berbagai kejuaraan dalam ajang D’TIK Fest 2021. Dari Teknik Informatika terdapat 10 tim, di antaranya KATrips, CUCI-IN, Antrian Sehat, Square Checks , Guwudang.in, DolanKuy, AssetNest, College Asset Reservation Assistant (CLARA), Hotelin, dan Bengkel Jadi Online (BENJOL). Sementara dari Teknik Komputer mengirimkan total 13 tim yakni Terminal Mini dengan Scan Code QR (TERMINALSCOR), Management and Monitoring Infusion (MAMOI), Automatic Cat Feeder (ACED), Auto Bookshelf , Water CIP,Sajadah with Automatic Counter (SAACO), GO-Operation , Health Monitoring System (HEMOSYS), Katara, Panoptes Insight , School-Social Distancing Keeper (Scheeko), Smart Irigasi (SATGAS), dan Electromaid.

Dengan dibukanya untuk umum, kurang lebih terdapat 1049 pengunjung yang hadir dan mencoba merasakan berjalan-jalan di dunia 3D virtual.  Para pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang produk yang disajikan oleh exhibitor melalui banner, poster, maupun video promo yang disediakan di tiap booth. Bahkan, pengunjung juga bisa mengunduh langsung aplikasinya pada link-link yang telah disediakan.

D’TIK Fest 2021 dapat dikatakan sebuah gebrakan untuk event-event yang diselenggarakan di masa pandemi ini. Dengan terbatasnya kontak secara langsung (offline), event online atau event virtual dapat menjadi salah satu solusi bagi kita untuk tetap melaksanakan sebuah event dalam kondisi seperti saat ini. Teknologi yang telah berkembang pesat dapat membantu kita untuk mengatasi masalah ini.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform virtual exhibition dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah event secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan event yang diadakan secara offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *