Event

D’TIK Fest 2021, Software Expo Virtual Sebagai Ajang Pameran Produk Teknologi Inovatif dan Kompetitif Mahasiswa IT PENS

D’TIK Fest 2021 (sebelumnya dikenal dengan Software Expo) merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Informatika dan Komputer (ITCE) sebagai sarana apresiasi kepada mahasiswa yang telah menyalurkan ide kreatifnya secara nyata ke dalam sebuah produk teknologi inovatif dan kompetitif. Tujuan lain dari diadakannya D’TIK Fest 2021 adalah ingin memperlihatkan ke ranah luar bahwa mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dapat mengembangkan potensinya dan menghasilkan produk berdaya saing tinggi di era Industri 4.0, serta tetap berprestasi di tengah pandemi COVID-19.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan wabah pandemi yang sedang melanda dan larangan untuk mengadakan acara yang membuat banyak orang berkumpul di satu tempat, tahun ini D’TIK Fest diadakan secara virtual. Dengan menggunakan SimHive sebagai sarana pelaksanaan, kegiatan berlangsung pada hari Selasa (19/1), dan disiarkan secara langsung melalui channel YouTube DTIK Fest. Mengusung tema “ Modern dan Teknologi ”, D’TIK Fest 2021 diikuti oleh 105 peserta yang terdiri dari 57 mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika dan 48 mahasiswa dari Program Studi Teknik Komputer.

Terdapat 23 tim yang berkompetisi untuk memperebutkan berbagai kejuaraan dalam ajang D’TIK Fest 2021. Dari Teknik Informatika terdapat 10 tim, di antaranya KATrips, CUCI-IN, Antrian Sehat, Square Checks , Guwudang.in, DolanKuy, AssetNest, College Asset Reservation Assistant (CLARA), Hotelin, dan Bengkel Jadi Online (BENJOL). Sementara dari Teknik Komputer mengirimkan total 13 tim yakni Terminal Mini dengan Scan Code QR (TERMINALSCOR), Management and Monitoring Infusion (MAMOI), Automatic Cat Feeder (ACED), Auto Bookshelf , Water CIP,Sajadah with Automatic Counter (SAACO), GO-Operation , Health Monitoring System (HEMOSYS), Katara, Panoptes Insight , School-Social Distancing Keeper (Scheeko), Smart Irigasi (SATGAS), dan Electromaid.

Dengan dibukanya untuk umum, kurang lebih terdapat 1049 pengunjung yang hadir dan mencoba merasakan berjalan-jalan di dunia 3D virtual.  Para pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang produk yang disajikan oleh exhibitor melalui banner, poster, maupun video promo yang disediakan di tiap booth. Bahkan, pengunjung juga bisa mengunduh langsung aplikasinya pada link-link yang telah disediakan.

D’TIK Fest 2021 dapat dikatakan sebuah gebrakan untuk pameran-pameran yang diselenggarakan di masa pandemi ini. Dengan terbatasnya kontak secara langsung (offline), pameran virtual dapat menjadi salah satu solusi bagi kita untuk tetap melaksanakan sebuah pameran dalam kondisi seperti saat ini. Teknologi yang telah berkembang pesat dapat membantu kita untuk mengatasi masalah ini.

Referensi berita artikel lainnya: pens.ac.id, Berlangsung secara Virtual, Departemen Teknik Informatika dan Komputer Sukses Gelar D’TIK Festival 2021

Coba Simhive Sekarang!

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Event

Toyota Mengadakan TDCAC-17 Dalam Rangka Program Pengembangan Kreatifitas Anak

Event

Agile Teknik dan PENS Sukses Menggelar Acara AT Fest End Year 2023 Secara Hybrid

Event

Tel-U Career Days 2023 Vol 3 Sukses Diadakan Secara Hybrid Oleh Telkom University

Event

ASN Culture Fest 2023 Sukses Digelar Secara Hybrid Oleh Kementerian PANRB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami