Virtual Event, Solusi Terbaik di Masa Pandemi

Kurang lebih sudah setahun kita menghadapi kondisi pandemi ini. Kondisi yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak satu dengan yang lain. Kondisi di mana kita dihimbau untuk tidak membuat kerumunan karena mudahnya wabah ini menular. Banyak sekali dampak yang terjadi akibat dari pandemi yang sedang terjadi ini. Banyak tempat-tempat yang memungkinkan untuk terjadinya kerumunan ditutup. Acara atau event yang telah direncanakan pun banyak yang dibatalkan atau ditunda. Lantas, bagaimana kita menanggapi hal ini? Khususnya bagi penggiat bisnis di bidang event organizer, perlu mencari sebuah solusi yang dapat membuat bisnis event tetap berjalan. Bila harus menunggu hingga pandemi ini selesai maka sudah dapat dipastikan bahwa bisnis event organizer tidak akan mampu bertahan. Pasalnya pandemi yang sedang kita hadapi saat ini belum terlihat akan selesai dalam waktu dekat.

Pergeseran dari Event Fisik (Offline) Menuju Virtual Event

Kondisi pandemi yang tengah kita alami saat ini benar-benar membuat kita harus berpikir secara kreatif dan inovatif. Apalagi bila kita bergerak di bidang bisnis event, kita perlu melakukan perubahan bila ingin tetap bertahan. Kita perlu bersyukur karena kita hidup di zaman dengan teknologi yang telah maju. Zaman dengan teknologi canggih yang dapat membantu kita menyelesaikan hampir semua permasalahan yang ada. Dan saat ini, dengan bantuan teknologi yang ada dan juga internet kita dapat membuat sebuah event secara virtual atau yang biasa disebut virtual event.

Jadi, apa itu virtual event? Virtual event merupakan sebuah acara atau event yang dilakukan di lingkungan virtual sehingga kita dapat melakukannya secara jarak jauh dan tidak perlu bertatap muka secara langsung. Karena hambatan terbesar dari melaksanakan suatu event saat ini adalah bertatap muka secara langsung, maka dengan adanya virtual event hal tersebut dapat diatasi. Para penggiat bisnis event atau bidang apapun yang ingin mengadakan sebuah acara patut untuk mencoba virtual event ini, karena dengan begitu acara akan tetap dapat berjalan meskipun dengan kondisi yang tidak mendukung seperti sekarang.

Pergeseran dari offline event menuju virtual event mungkin terlihat begitu membingungkan. Memang benar bagi beberapa orang akan perlu pembiasaan atau adaptasi dalam menggunakan atau menghadiri suatu virtual event. Namun, bila telah mencobanya, virtual event tidaklah serumit itu.

Keuntungan Menggunakan Virtual Event

Banyak sekali acara atau event yang dapat dilaksanakan melalui virtual event. Event seperti pameran pendidikan, pameran karya seni, expo UMKM, job fair, dan sebagainya. Selain itu, virtual event juga bisa digunakan sebagai media pertemuan seperti meeting perusahaan, wawancara atau interview kerja, networking, dan lainnya. Virtual event juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan offline event. Beberapa kelebihan yang dapat kita peroleh antara lain:

1. Biaya Pelaksanaan Lebih Murah

Karena virtual event tidak membutuhkan tempat fisik atau venue, konsumsi, kursi untuk peserta, dan sebagainya, maka otomatis anggaran untuk dilaksanakannya event akan menjadi lebih murah. Penyelenggara hanya perlu mengeluarkan biaya untuk platform virtual event dan keperluan lain seperti dana pembicara.

2. Dapat Diikuti dari Rumah

Baik para peserta ataupun penyelenggara dapat mengikuti jalannya virtual event dari rumah atau tempat masing-masing. Asalkan memiliki device atau alat yang diperlukan seperti ponsel atau komputer, juga dengan koneksi internet yang memadai, maka kita dapat mengikuti event tersebut dari mana pun.

3. Lebih Aman

Dan tentu saja kelebihan yang paling utama adalah kita tetap dapat melaksanakan event tanpa perlu takut dengan pandemi yang sedang melanda. Karena kita tidak bertatap muka secara langsung, maka otomatis virtual event lebih aman untuk dilakukan di masa pandemi ini.

Bila pembaca ingin mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan serta kekurangan dari virtual event, dapat dilihat pada artikel berikut Kelebihan dan Kekurangan dari Sebuah Virtual Event

Di masa pandemi ini, perubahan mau tidak mau perlu dilakukan. Pergeseran dari offline event menuju virtual event merupakan solusi yang sangat masuk akal untuk digunakan melihat dari kondisi yang ada. Penggiat bisnis event atau bidang lain perlu segera membiasakan diri dengan virtual event ini karena kemungkinan besar virtual event akan menjadi new normal dalam bidang pengadaan acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *