Pameran Virtual

Pameran Virtual, Solusi Terbaik di Masa Pandemi

Kurang lebih sudah setahun kita menghadapi kondisi pandemi ini. Kondisi yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak satu dengan yang lain. Kondisi di mana kita dihimbau untuk tidak membuat kerumunan karena mudahnya wabah ini menular. Banyak sekali dampak yang terjadi akibat dari pandemi yang sedang terjadi ini. Banyak tempat-tempat yang memungkinkan untuk terjadinya kerumunan ditutup. Acara atau event yang telah direncanakan pun banyak yang dibatalkan atau ditunda. Lantas, bagaimana kita menanggapi hal ini? Khususnya bagi penggiat bisnis di bidang event organizer, perlu mencari sebuah solusi yang dapat membuat bisnis event tetap berjalan. Bila harus menunggu hingga pandemi ini selesai maka sudah dapat dipastikan bahwa bisnis event organizer tidak akan mampu bertahan. Pasalnya pandemi yang sedang kita hadapi saat ini belum terlihat akan selesai dalam waktu dekat.

Pergeseran dari Pameran Fisik (Offline) Menuju Pameran Virtual

Kondisi pandemi yang tengah kita alami saat ini benar-benar membuat kita harus berpikir secara kreatif dan inovatif. Apalagi bila kita bergerak di bidang bisnis event, kita perlu melakukan perubahan bila ingin tetap bertahan. Kita perlu bersyukur karena kita hidup di zaman dengan teknologi yang telah maju. Zaman dengan teknologi canggih yang dapat membantu kita menyelesaikan hampir semua permasalahan yang ada. Dan saat ini, dengan bantuan teknologi yang ada dan juga internet kita dapat membuat sebuah event secara virtual atau yang disebut virtual event atau pameran virtual.

Jadi, apa itu pameran virtual? Pameran virtual merupakan sebuah acara atau event yang dilakukan di lingkungan virtual sehingga kita dapat melakukannya secara jarak jauh dan tidak perlu bertatap muka secara langsung. Karena hambatan terbesar dari melaksanakan suatu event saat ini adalah bertatap muka secara langsung, maka dengan adanya pameran virtual hal tersebut dapat diatasi. Para penggiat bisnis event atau bidang apapun yang ingin mengadakan sebuah acara patut untuk mencoba pameran virtual ini, karena dengan begitu acara akan tetap dapat berjalan meskipun dengan kondisi yang tidak mendukung seperti sekarang.

Pergeseran dari pameran fisik menuju pameran virtual mungkin terlihat begitu membingungkan. Memang benar bagi beberapa orang akan perlu pembiasaan atau adaptasi dalam menggunakan atau menghadiri suatu pameran virtual. Namun, bila telah mencobanya, pameran virtual tidaklah serumit itu.

Keuntungan Menggunakan Pameran Virtual

Banyak sekali acara atau event yang dapat dilaksanakan melalui pameran virtual. Event seperti pameran pendidikan, pameran karya seni, expo UMKM, job fair, dan sebagainya. Selain itu, pameran virtual juga bisa digunakan sebagai media pertemuan seperti meeting perusahaan, wawancara atau interview kerja, networking, dan lainnya. Pameran virtual juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pameran fisik. Beberapa kelebihan yang dapat kita peroleh antara lain:

1. Biaya Pelaksanaan Lebih Murah

Karena pameran virtual tidak membutuhkan tempat fisik atau venue, konsumsi, kursi untuk peserta, dan sebagainya, maka otomatis anggaran untuk dilaksanakannya event akan menjadi lebih murah. Penyelenggara hanya perlu mengeluarkan biaya untuk platform pameran virtual dan keperluan lain seperti dana pembicara.

2. Dapat Diikuti dari Rumah

Baik para peserta ataupun penyelenggara dapat mengikuti jalannya pameran virtual dari rumah atau tempat masing-masing. Asalkan memiliki device atau alat yang diperlukan seperti ponsel atau komputer, juga dengan koneksi internet yang memadai, maka kita dapat mengikuti event tersebut dari mana pun.

3. Lebih Aman

Dan tentu saja kelebihan yang paling utama adalah kita tetap dapat melaksanakan event tanpa perlu takut dengan pandemi yang sedang melanda. Karena kita tidak bertatap muka secara langsung, maka otomatis pameran virtual lebih aman untuk dilakukan di masa pandemi ini.

Bila pembaca ingin mengetahui lebih lanjut tentang kelebihan serta kekurangan dari pameran virtual, dapat dilihat pada artikel berikut Kelebihan dan Kekurangan dari Sebuah Pameran Virtual

Di masa pandemi ini, perubahan mau tidak mau perlu dilakukan. Pergeseran dari pameran fisik menuju pameran virtual merupakan solusi yang sangat masuk akal untuk digunakan melihat dari kondisi yang ada. Penggiat bisnis event atau bidang lain perlu segera membiasakan diri dengan pameran virtual ini karena kemungkinan besar pameran virtual akan menjadi new normal dalam bidang pengadaan acara.

Ingin mengadakan pameran virtual yang berkesan? SimHive hadir sebagai platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Berinteraksi Dengan Visitor Pameran Virtual Lainnya Dalam Auditorium Melalui Auditorium Chat

Pameran Virtual

Mengenal Tentang Redeem Reward System Pada Pameran Virtual Simhive

Pameran Virtual

Menyelami Lebih Dalam Dunia Metaverse dan Virtual Exhibition

Pameran Virtual

Panduan Branding Acara yang Efektif untuk Membangun Identitas Acara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami