Kelebihan dan Kekurangan dari Sebuah Pameran Virtual

Di zaman yang canggih ini, pandemi bukanlah sebuah halangan untuk mengadakan sebuah event. Teknologi yang ada saat ini memungkinkan kita untuk tetap menggelar sebuah event dan berinteraksi dengan banyak orang melalui pameran virtual. Bahkan dengan pameran virtual membuat kita lebih mudah untuk menggelar sebuah event. 

Event yang kita buat bisa berskala kecil maupun besar karena pameran virtual tidak terbatas oleh ruang. Banyak perusahan-perusahaan, universitas, dan sektor lainnya yang memanfaatkan pameran virtual ini untuk tetap menyambung informasi di kala pandemi ini. Namun, setiap sesuatu datang dengan kelebihan, pasti akan ada kekurangan yang menyertai. Berikut kelebihan dan kekurangan dari pameran virtual yang perlu kita tahu.

Kelebihan Pameran Virtual

1. Biaya Yang Dibutuhkan Lebih Kecil 

Dibandingkan dengan pameran fisik, kita tidak perlu mencari tempat fisik, atau perencanaan khusus seperti makanan dan minuman, kursi terbatas untuk pengunjung, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan kita untuk mendedikasikan dan mengelola anggaran yang lebih kecil untuk pengeluaran dan menghasilkan lebih banyak ruangan untuk fokus pada kualitas acara.

2. Tidak Perlu Bepergian, Tetap Di Rumah

Kita dapat menghadiri pameran virtual di mana saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir dengan jarak perjalanan dan lalu lintas, yang kita butuhkan hanyalah komputer yang tepat atau bahkan perangkat seluler dan koneksi internet untuk mengikuti acara tersebut.

3. Menambah Jumlah Partisipan

Dalam sebuah pameran virtual, ratusan bahkan ribuan orang dapat saling terhubung secara bersamaan dan dapat berinteraksi melalui fitur teks, suara, atau video. Pameran virtual dapat meningkatkan jumlah peserta karena tidak dibatasi oleh ruang, berbeda dengan event offline yang dibatasi oleh ruangan acara.

4. Pengalaman Baru Dalam Berbagi Informasi

Pameran virtual dapat menciptakan elemen kejutan dengan menggunakan kreatifitas yang kita miliki. Kita dapat membuat desain yang membuat pameran virtual ini terasa seperti event di dunia nyata, kita dapat menggunakan avatar 3D kita sendiri, kita dapat membuat desain apapun yang kita suka yang bahkan sulit untuk direalisasikan di dunia nyata. Karena terhubung secara online (melalui internet), kita dapat mengakses dari mana pun dan kapan pun serta bertemu orang dari belahan dunia yang lain melalui pameran virtual ini.

Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika ada manfaat, ada juga kekurangannya. Berikut adalah kekurangan dalam menjalankan sebuah pameran virtual. Bagian ini ditulis untuk memastikan kita harus siap menghadapi konsekuensi dan cara menghadapinya.

Kekurangan Pameran Virtual

1. Membutuhkan Adaptasi Terlebih Dahulu

Jika kita menghadiri pameran fisik, yang kita butuhkan hanyalah membawa tiket atau ketentuan lain agar bisa masuk ke event tersebut. Namun, beberapa orang masih belum terlalu mengenal teknologi ini dan mungkin bagi sebagian orang memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan pameran virtual. Dan tidak menutup kemungkinan terdapat sebagian orang yang merasa kesulitan ketika mengikuti sebuah pameran virtual dan merasa bahwa ini lebih rumit daripada pameran fisik.

2. Masalah Teknis

Akan selalu ada masalah teknologi baik suatu event berjalan secara virtual atau offline (fisik). Masalah yang paling umum saat menjalankan pameran virtual adalah kita harus memastikan bahwa kita memiliki koneksi internet yang tepat untuk menyelenggarakan event tersebut. Belum lagi bila terjadi bug dan kesalahan tak terduga. Menjalankan atau menggelar pameran virtual bukan berarti tidak akan mengalami masalah apa pun.

3. Kurangnya Interaksi Secara Langsung

Selalu ada perdebatan bahwa berinteraksi secara virtual tidak sama dengan interaksi langsung atau secara tatap muka. Terkadang pada sebuah pameran virtual juga membuat pengunjung atau audiens tidak bisa benar-benar fokus dengan apa yang ada di pameran virtual tersebut. Tetapi pada kondisi seperti ini, apakah kita akan mempertaruhkan keselamatan kita untuk berhubungan langsung dengan orang lain?

Secara keseluruhan, dunia sedang berubah, sementara trend pameran virtual baru saja dimulai dan tentu saja belum sempurna. Tapi tidak berarti bahwa pameran virtual sama sekali tidak berguna. Butuh waktu untuk membangun sesuatu dan selanjutnya pasti akan ada lebih banyak orang yang dapat beradaptasi dengan pameran virtual dan itu bisa menjadi solusi utama bagi dunia saat ini.

Ingin mengadakan pameran virtual yang berkesan? SimHive hadir sebagai platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

One thought on “Kelebihan dan Kekurangan dari Sebuah Pameran Virtual”

Leave a Reply

Your email address will not be published.