Pameran Virtual

Bagaimana Prediksi Dan Masa Depan Pameran Virtual Di Tahun Depan Maupun Tahun-Tahun Berikutnya?

Industri acara pameran virtual mengalami lonjakan yang tinggi selama pandemi COVID-19 ini. Seperti pengiriman bahan makanan dan barang kebutuhan lainnnya, lockdown global maupun PPKM yang tiba-tiba mendorong kebutuhan dan inovasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, salah satunya yaitu perpindahan acara langsung menjadi acara pameran virtual. Tetapi ketika lockdown dan pembatasan ditiadakan, apalagi terdapat vaksinasi global dimana acara offline sudah dapat diadakan kembali. Jadi pertanyaannya, apakah acara pameran virtual masih merupakan investasi yang bagus untuk bisnis? Bagaimana masa depan acara pameran virtual?

Pameran Virtual Masih Tetap Menjadi Pilihan

Tentu saja, acara pameran virtual bukanlah fenomena baru sebagai akibat dari pandemi, hanya saja pameran virtual menjadi populer sebagai pilihan yang nyaman karena perjalanan dan berkumpulnya orang menjadi terbatas. Namun, ketika pembatasan itu ditiadakan, apakah pameran virtual dapat menjadi pilihan perencana acara untuk mengadakan acaranya? Jawabannya adalah “iya”. Faktanya, sebuah survei dari Kaltura menemukan bahwa 84% responden menyatakan bahwa mereka selalu ingin memiliki opsi untuk menghadiri acara apa pun sebagai peserta virtual/jarak jauh. Responden tersebut berasal dari pengunjung acara pameran virtual hingga perencana acara merasa bahwa pameran virtual lebih nyaman untuk dijadwalkan dan dihadiri daripada acara tatap muka. Alasan lainnya yaitu para responden yang berasal dari pengunjung maupun perencana pameran virtual menganggap pameran virtual lebih hemat waktu dan biaya dan juga lebih mudah untuk diawasi apabila masalah lain muncul dan memerlukan perubahan rencana.

Phil Mershon, Director of Experience di Social Media Examiner (@Phil_Merson) juga berkata “Acara pameran virtual akan tetap ada. Pandemi mengajarkan kita bahwa jenis pendidikan tertentu dapat menjadi jauh lebih hemat biaya dengan menggunakan teknologi virtual. Jadi ketika pendidikan menjadi berat karena masalah waktu dan perjalanan, pengalaman virtual menghemat banyak waktu dan uang. Acara pameran virtual harus banyak ditingkatkan dalam hal pengalaman dan cara untuk membangun koneksi agar sama seperti halnya dengan acara tatap muka.”

Stephanie Liu, Director of Communications di Agorapulse (@HeyStephanie) juga mengatakan “Acara pameran virtual adalah cara yang bagus untuk memamerkan produk dan layanan Anda dengan cara yang unik dan interaktif. Anda dapat memberi para pengunjung pameran virtual pengalaman mendalam yang memungkinkan mereka menjelajahi semua produk maupun layanan yang Anda tawarkan. Selain itu, acara pameran virtual dapat menyertakan fitur interaktif seperti jajak pendapat, voting, survei dan polling yang memungkinkan orang terlibat dengan konten dan mengetahui lebih tentang produk Anda. Dan jika Anda ingin bekerja ekstra, Anda juga dapat melakukan obrolan langsung dengan para exhibitor maupun pakar produk yang dapat menjawab pertanyaan pengunjung pameran virtual dan memberi para pengunjung lebih banyak informasi tentang apa yang Anda jual.”

Hybrid Event Akan Menjadi Lebih Marak

Beberapa orang mungkin akan mengkhawatirkan acara pameran virtual dimana pengalaman membangun koneksi yang mungkin kurang nyata karena bertemu secara virtual. Namun jika Anda ingin memperoleh manfaat dari acara pameran virtual dan acara tatap muka, Anda dapat mengadakannya secara hybrid. Acara hybrid diadakan secara langsung dan virtual sekaligus. Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas lagi dengan memberikan manfaar membangun koneksi secara nyata bagi pada pengunjung offline.

Dengan manfaat yang jauh lebih besar, hybrid event akan menjadi tren baru di tahun depan maupun tahun-tahun berikutnya. Ekaterina Walter, Senior Director of Marketing di ZincFive (@Ekaterina) melaporkan “Saya baru saja kembali dari acara Cvent Connect dan acara hybrid menjadi topik diskusi yang sangat besar. Orang-orang sangat menginginkan interaksi tatap muka. Namun, model hybrid menarik audiens yang jauh lebih besar dan lebih beragam serta menciptakan diskusi yang lebih kaya. Acara pameran virtual akan menjadi semakin interaktif. Saat saya berbicara di acara minggu lalu yang juga disiarkan langsung, saya menyaksikan jauh lebih banyak para pengunjung virtual lebih terlibat daripada pengunjung di ruangan itu. Para pengunjung yang hadir secara fisik memberi tahu saya bahwa mereka akan menonton sesi yang mereka lewatkan pada saat acara setelah acara selesai. Mereka juga akan merekomendasikan sesi yang paling mereka sukai kepada teman-teman mereka yang dapat membeli tiket khusus virtual.”

Coba Simhive Sekarang!

SimHive menghadirkan pengalaman pameran virtual terbaik! SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang. Dan dapatkan pengalaman pameran virtual terbaik dari Simhive!

Related posts
Pameran Virtual

Berinteraksi Dengan Visitor Pameran Virtual Lainnya Dalam Auditorium Melalui Auditorium Chat

Pameran Virtual

Mengenal Tentang Redeem Reward System Pada Pameran Virtual Simhive

Pameran Virtual

Menyelami Lebih Dalam Dunia Metaverse dan Virtual Exhibition

Pameran Virtual

Panduan Branding Acara yang Efektif untuk Membangun Identitas Acara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami