Pameran Virtual

Data Apa Saja Yang Dapat Digunakan Untuk Menghitung Kesuksesan Pameran Virtual Anda?

Pada 2020 lalu, sejak pandemi COVID-19 melanda, beberapa acara yang sudah direncanakan sebelumnya diselimuti ketidakpastian bagi banyak penyelenggara acara. Sehingga banyak acara yang dialihkan menjadi pameran virtual. Meskipun saat ini setelah adanya vaksinasi global, kita kembali ke keadaan normal, sebuah laporan yang diterbitkan oleh Markletic menunjukkan bahwa 67% perusahaan menggunakan pameran virtual untuk melengkapi acara tatap muka. Hal ini menunjukkan bahwa pameran virtual bukan hanya cara menyelenggarakan acara yang didorong karena adanya pandemi, tetapi pameran virtual akan tetap ada walaupun pandemi sudah berakhir.

Untuk mengukur kesuksesan acara pameran virtual Anda, Anda dapat mengukurnya menggunakan beberapa data pameran virtual. Jadi data apa saja yang dapat Anda gunakan untuk mengukur keberhasilan pameran virtual Anda?

1. Jumlah Pendaftar Acara dan Jumlah Pendaftar Yang Login

Jumlah pendaftaran membantu dalam memahami preferensi pengunjung pameran virtual Anda. Anda akan dapat mengetahui topik/materi acara mana yang menarik lebih banyak orang. Kita juga dapat memilih seberapa efektif strategi periklanan dan pemasaran kita.

Penting juga untuk memastikan bahwa pengguna yang terdaftar juga melakukan login ke acara tersebut. Jumlah pendaftar yang login menjadi sebuah bukti tentang berapa banyak orang yang benar-benar menghadiri acara pameran virtual Anda. Hal ini juga akan menunjukkan seberapa baik Anda dalam memasarkan acara pameran virtual Anda.

2. Berapa Lama Pengunjung Tetap Online

Sebagai penyelenggara acara, Anda ingin pengunjung pameran virtual masuk lebih lama dan menghabiskan lebih banyak waktu di acara Anda. Terlalu banyak pengunjung pameran virtual yang keluar di tengah acara bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak menemukan konten yang sesuai harapan mereka dan cukup menarik. Sehingga penting bagi Anda untuk membuat berbagai konten dalam acara pameran virtual Anda menarik dan interaktif.

3. Keterlibatan Dalam Media Sosial

Keterlibatan media sosial terdiri dari jumlah like, comment dan share yang Anda terima di setiap postingan terkait acara pameran virtual Anda di semua platform media sosial. Peningkatan jumlah pengikutdi media sosial Anda setelah mengumumkan acara pameran virtual merupakan indikator bahwa Anda telah berhasil menciptakan brand awareness.

4. Jumlah Konten Yang Diakses dan Diunduh

Melacak jumlah konten yang diakses dan diunduh seperti mengunduh poster, banner, foto atau video di booth, mengakses konten tambahan atau jumlah yang menonton rekaman acara adalah salah satu data penting dari acara pameran virtual. Anda dapat mengetahui apakah konten dalam acara pameran virtual Anda sudah menarik bagi pengunjung atau tidak.

5. Keterlibatan Dalam Acara

Untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik tentang apakah acara Anda sukses atau gagal, ada baiknya untuk menganalisis tingkat keterlibatan pada acara seperti respons pengunjung terhadap jajak pendapat, jumlah pertanyaan yang diajukan selama sesi Tanya Jawab, tingkat aktivitas pada fitur chat, dll.

6. Hasil Dalam Pencarian Acara Secara Online

Peningkatan tingkat pencarian dan lebih banyak orang mengunjungi situs web Anda dalam beberapa hari setelah pameran virtial Anda merupakan indikator yang jelas dari keberhasilannya.

7. Jumlah Tanggapan Terhadap Survey Post-Event

Pada dasarnya survey post-event dapat dilakukan dengan mengirimkan email maupun form online kepada pengunjung pameran virtual. Survey post-event ini dapat mencakup seputar kualitas audio & video, kualitas konten, kualitas streaming, gangguan teknis, dll. Anda juga dapat mengukur keberhasilan acara berdasarkan hasil dari survey post-event ini. Penting juga bagi Anda untuk mengukurnya berdasarkan jumlah tanggapan survey yang Anda terima dan jumlah pengunjung yang hadir pada saat acara pameran virtual berlangsung.

Data penting dan efektif untuk mengukur keberhasilan acara pameran virtual virtual Anda. Data tersebut dapat Anda gunakan untuk menentukan sukses tidaknya sebuah acara Anda. Namun, data yang Anda pilih juga tergantung pada tujuan diselenggarakannya acara Anda. Apa pun data yang Anda pilih, hal itu harus memberi Anda pengetahuan untuk membantu Anda merencanakan acara oamerna virtual Anda berikutnya menjadi lebih baik. Data tersebut juga dapat membantu Anda memahami apakah Anda harus mengadakan lebih banyak acara pameran virtual yang sejenis atau tidak.

Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual, Anda dapat menggunakan salah satu plaform pameran virtual yang terkenal di Indonesia yaitu Simhive. Dengan platform pameran virtual seperti Simhive dapat membantu Anda memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung pameran virtual Anda.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan platform pameran virtual SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Berinteraksi Dengan Visitor Pameran Virtual Lainnya Dalam Auditorium Melalui Auditorium Chat

Pameran Virtual

Mengenal Tentang Redeem Reward System Pada Pameran Virtual Simhive

Pameran Virtual

Menyelami Lebih Dalam Dunia Metaverse dan Virtual Exhibition

Pameran Virtual

Panduan Branding Acara yang Efektif untuk Membangun Identitas Acara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami