Pameran Virtual

Tips Memaksimalkan Media Sosial Untuk Acara Pameran Virtual Anda

Sekitar setengah dari semua orang di dunia saat ini memiliki setidaknya satu akun media sosial dan banyak orang memiliki akun di lebih dari satu platform media sosial. Media sosial adalah cara yang baik untuk melepaskan diri sejenak dari tekanan kehidupan dengan terhubung dengan teman, keluarga, selebriti dan merek. Namun, selain kemampuan untuk menghibur dan menghubungkan dengan orang lain, promosi maupun pemasaran acara pameran virtual di media sosial juga menyediakan cara yang luar biasa bagi penyelenggara acara untuk berinteraksi dengan pengunjung sebelum, selama, dan setelah acara pameran virtual.

Sebelum masuk ke cara menggunakan media sosial untuk acara pameran virtual Anda secara maksimal, berikut beberapa platform sosial media yang perlu menjadi pertimbangan untuk acara pameran virtual Anda.

Platform Media Sosial Populer Sebagai Pertimbangan Untuk Acara Pameran Virtual

  • LinkedIn – LinkedIn umumnya dianggap sebagai situs yang ditujukan untuk profesional bisnis, memungkinkan untuk membangun koneksi dan menghadirkan citra yang lebih profesional. Layanan ini adalah cara yang baik untuk menjangkau audiens melalui pesan dan postingan yang dapat dengan mudah dibagikan dan dipromosikan oleh bisnis dan individu yang tertarik.
  • Facebook – Facebook adalah platform media sosial terbesar di internet. Dengan jumlah pengguna yang sangat besar dan tools yang menyediakan cara mudah untuk mempromosikan acara, Facebook adalah salah satu platform media sosial terbaik yang dapat diakses oleh calon pengunjung pameran virtual Anda.
  • Twitter – Twitter sangat baik untuk melakukan promosi, polling dan menyampaikan pesan cepat kepada banyak orang.
  • Instagram – Instagram baru-baru ini menjadi cara terbaik untuk mempromosikan dan menampilkan acara. Instagram Live memungkinkan penyelenggara acara untuk membuat video langsung berkualitas tinggi yang terasa akrab dan profesional, tanpa memikirkan besaran biaya.
  • TikTok – Video singkat dan menarik adalah hal yang ditawarkan oleh TikTok. Jika dilakukan dengan baik, video ini dapat menjadi viral dalam hitungan menit. Meskipun platform ini dulunya populer di kalangan audiens yang jauh lebih muda, platform ini semakin populer di semua umur dan merupakan pilihan yang dapat dipilih untuk digunakan dalam proses perencanaan acara pameran virtual Anda.

Cara Menggunakan Media Sosial Acara Pameran Virtual Anda Dengan Maksimal

Sebelum Acara

Menjelang acara pameran virtual berlangsung, promosi acara melalui media sosial membangun kegembiraan dan menyediakan cara bagi orang-orang untuk mendaftar ke acara pameran virtual Anda. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut pada saat sebelum acara berlangsung.

1. Story Media Sosial

Beberapa platform media sosial seperti Facebook dan Instagram menghadirkan fitur stories bagi penggunanya. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat sebuah video pendek maupun poster yang baik untuk menarik orang-orang untuk mendaftar ke acara pameran virtual Anda. Anda juga dapat menyusun story ini secara rapi sehingga pengikut media sosial Anda dapat membacanya secara runtut.

2. Video Teaser

Video teaser adalah cara yang bagus untuk mempromosikan detail tertentu dari acara pameran virtual Anda dan dapat diposting di hampir semua platform media sosial.

3. Giveaway Di Media Sosial

Jika Anda memiliki beberapa sponsor acara, Anda dapat mengadakan sebuah giveaway yang berhadiah dari sponsor acara pameran virtual Anda. Anda dapat membuat challange dari giveaway ini. Giveaway ini dapat menjadi imbalan bagi pengikut media sosial acara Anda yang beruntung dan telah membagikan postingan dari media sosial acara pameran virtual Anda. Hal ini dapat menguntungkan jika banyak yang membagikan postingan media sosial acara pameran virtual Anda. Secara tidak langsung mereka juga secara aktif mempromosikan acara pameran virtual Anda.

4. AR Filter

Filter Augmented Reality saat ini populer digunakan di Instagram maupun TikTok. Anda dapat membuat filter ini sendiri ataupun menggunakan jasa khusus pembuatan filter pada platform media sosial tersebut.

5. Sneak Peek

Sneak peek adalah bocoran dari sesuatu yang belum resmi dirilis. Anda dapat menambahkan sneak peek ini untuk acara pameran virtual Anda. Anda dapat memberikan foto atau video dari behind the scene acara pameran virtual Anda.

Selama Acara Berlangsung

Pada saat acara berlangsung, Anda dapat mengalihkan fokus media sosial acara pameran virtual Anda dari promosi menjadi interaksi. Anda dapat berfokus untuk berinteraksi dengan pengunjung acara pameran virtual Anda maupun pengikut media sosial acara Anda. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan selama acara berlangsung.

1. Live Video

Anda dapat melakukan live video di beberapa platform media sosial seperti Instagram, Facebook maupun TikTok. Anda dapat mempersiapkan beberapa perangkat dan tim untuk melakukan hal ini. Dalam live video ini, Anda juga dapat mengarahkan pengunjung acara ke bagian tertentu dari acara pameran virtual ini ataupun ikut mempromosikan beberapa exhibitor di pameran virtual Anda.

2. Live Tweets

Memposting tweet di Twitter selama acara dengan memberikan cuplikan momen yang penting, seru dan menyenangkan dapat memberikan FOMO (Fear of Missing Out) kepada orang-orang yang tidak hadir dalam acara pameran virtual Anda. Terlebih lagi jika acara pameran virtual Anda dapat menjadi trending di Twitter.

3. Pengingat

Salah satu fitur terbaik Facebook adalah pengingat. Fitur ini memungkinkan Anda mengirimkan pemberitahuan otomatis kepada pengunjung pameran virtual Anda saat presentasi atau pertunjukan tertentu akan dimulai sehingga mereka tidak melewatkan apa pun saat mereka berjalan-jalan di hall pameran virtual ataupun melakukan hal lainnya.

Setelah Acara Selesai

Setelah acara berakhir, bukan berarti Anda juga berhenti untuk menggunakan media sosial acara pameran virtual Anda. Anda tetap dapat berinteraksi dengan pengunjung, menyoroti bagian penting dari acara maupun mencari tahu apa yang berjalan dengan baik dan apa yang dapat diperbaiki pada acara pameran virtual Anda. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut setelah acara pameran virtual Anda selesai diadakan.

1. Repost Konten Pengunjung

Setiap gambar yang diambil pengunjung acara pameran virtual Anda harus ditampilkan dan dipromosikan di media sosial acara Anda. Hal ini akan mendorong pengunjung lainnya untuk memposting konten terkait acara Anda yang mereka ambil sehingga mereka juga dapat ditampilkan di media sosial acara Anda.

2. Konten Sorotan Acara

Anda dapat membuat postingan beberapa momen penting dan menyenangkan pada saat acara pameran virtual Anda berlangsung. Hal ini juga penting untuk membuat pengunjung pameran virtual Anda berkesan telah hadir di acara pameran virtual Anda.

3. Konten Ucapan Terima Kasih

Pastikan Anda menunjukkan rasa terima kasih untuk semua orang yang membuat acara pameran virtual Anda sukses. Anda dapat menunjukkan betapa Anda menghargai mereka yang membuat seluruh acara pameran virtual Anda menjadi sukses. Hal ini dapat Anda lakukan melalui postingan di semua platform media sosial acara pameran virtual Anda.

Media sosial adalah sebuah tools luar biasa yang harus digunakan oleh semua penyelenggara acara pameran virtual. Anda dapat melakukan promosi, pemasaran hingga interaksi dengan pengunnjung pada saat sebelum acara berlangsung hingga setelah acara pameran virtual selesai diadakan. Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual, Anda dapat menggunakan salah satu plaform pameran virtual yang terkenal di Indonesia yaitu Simhive.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan platform pameran virtual SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang

Related posts
Pameran Virtual

Bagaimana Webinar Dapat Melengkapi Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Tips Membuat Acara Pameran Virtual Anda Lebih Menonjol Daripada Acara Lainnya

Pameran Virtual

Data Apa Saja Yang Dapat Digunakan Untuk Menghitung Kesuksesan Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Beberapa Ide Untuk Mengadakan Acara Pameran Virtual Yang Unik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami