Pameran Virtual

Tips Memilih Pembicara Untuk Acara Pameran Virtual Anda

Jika Anda ingin mengadakan sebuah acara pameran virtual yang dilengkapi dengan webinar, Anda perlu memikirkan untuk memilih pembicara yang sesuai dengan acara pameran virtual Anda. Webinar dapat menjadi strategi marketing yang efektif jika terlaksana dengan baik. Terutama jika acara pameran virtual Anda dilengkapi dengan webinar. Tentu saja juga akan menjadi tolak ukur keberhasilan acara pameran virtual Anda. Indikasi keberhasilan webinar di antaranya dihadiri banyak peserta. Faktor ini salah satunya disebabkan oleh kualitas pembicara yang tampil. Lalu, bagaimana memilih pembicara agar dapat mendongkrak jumlah peserta webinar dan acara pameran virtual Anda?

1. Pembicara Memiliki “Daya Jual”

Salah satu tips paling sederhana yang bisa dilakukan saat memilih pembicara webinar adalah mencari tokoh populer. Sebisa mungkin pilihlah figur yang telah dikenal oleh publik, baik karena karya maupun aktivitasnya selama ini. 

Kehadiran sosok terkenal akan membuat peserta webinar lebih familier dengan acara yang diadakan. Bisa jadi, calon peserta mendaftarkan diri untuk mengikuti webinar karena merasa penasaran dengan sepak terjang sosok tersebut.

2. Pembicara Mendukung Promosi Acara Pameran Virtual Anda

Memiliki akun media sosial dengan jumlah pengikut yang banyak adalah sebuah nilai lebih bagi pembicara. Melalui media sosial tersebut, pembicara dapat membantu menjaring peserta webinar secara tidak langsung, khususnya ketika mempromosikan acara. 

Hal ini tentu perlu dibicarakan terlebih dahulu dengan calon pembicara agar dapat berlangsung dengan optimal. Pada umumnya, calon pembicara tidak keberatan karena berdampak juga pada kesuksesan webinar yang diadakan.

3. Pembicara Andal Menyampaikan Materi

Saat memilih pembicara webinar, pastikan melakukan riset terlebih dahulu. Kenali kemampuan calon pembicara, bukan hanya dari kualitas pembahasan yang akan disampaikan, tetapi juga dari segi kemampuan public speaking. Pembicara webinar harus mampu menyampaikan materi dengan baik.

Agar penyampaian materi lebih menarik, pembicara harus pandai mencairkan suasana. Menceritakan kisah lucu sebagai sisipan dalam pembahasan materi akan membuat para peserta tidak bosan saat menyimak. Keahlian ini membutuhkan latihan dan pengalaman.

4. Pembicara Menguasai Tema Webinar dan Pameran Virtual

Tidak semua pembicara yang menggeluti bidang marketing menguasai tema tentang cara menjual produk lewat media sosial. Pembicara yang aktif membahas dunia parenting belum tentu ahli saat diminta mengulas tentang anak berkebutuhan khusus.

Hal ini karena tiap bidang memiliki lingkup pembahasan yang sangat luas. Akan lebih baik jika calon pembicara yang dipilih benar-benar memahami tema tersebut serta menguasai seluk-beluk bahkan menjadi praktisi. Dengan demikian, ulasan yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan peserta.

5. Pembicara Cakap Membaca Situasi

Sudut pandang sebagai pembicara dibutuhkan oleh semua orang yang terlibat dalam webinar online saat ini. Karena saat materi yang dirasa mulai membosankan, pembicara bisa memiliki jalan keluar untuk materi baru lainnya. Bukan keluar dari konteks, tapi pembicara bisa membaca situasi melalui sudut pandang baru yang berbeda namun tetap dalam konteks-nya.

Mencari sudut pandang baru tentu bukan hal yang sulit. Tetapi bila ada pembicara memiliki gaya seperti ini berarti mereka memiliki wawasan yang luas sehingga mahir dalam membawakan materi tanpa harus takut bosan mendengarnya.

Memilih pembicara yang tepat untuk acara pameran virtual Anda memang tidak mudah. Namun Anda dapat menerapkan beberapa tips diatas dalam memilih pembicara untuk webinar di acara pameran virtual Anda. Hal yang terpenting adalah mempersiapkan acara pameran virtual Anda dengan matang terlebih dahulu, kemudian Anda dapat menetapkan pembicara webinar di acara pameran virtual Anda.

Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual, Anda dapat menggunakan salah satu plaform pameran virtual yang terkenal di Indonesia yaitu Simhive.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan platform pameran virtual SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang

Related posts
Pameran Virtual

Berinteraksi Dengan Visitor Pameran Virtual Lainnya Dalam Auditorium Melalui Auditorium Chat

Pameran Virtual

Mengenal Tentang Redeem Reward System Pada Pameran Virtual Simhive

Pameran Virtual

Menyelami Lebih Dalam Dunia Metaverse dan Virtual Exhibition

Pameran Virtual

Panduan Branding Acara yang Efektif untuk Membangun Identitas Acara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami