Pameran Virtual

Apa Yang Harus Anda Lakukan Setelah Acara Pameran Virtual Anda Telah Selesai Dilaksanakan?

Menjadi penyelenggara acara pameran virtual bukan hal yang mudah dan membutuhkan kerja keras. Sebagai penyelenggara acara pameran virtual, kegiatan yang Anda lakukan tidak hanya selesai setelah sesi penutupan acara. Membuat pengalaman acara pameran virtual yang berkesan bagi pengunjung pameran virtual membutuhkan perencanaan terbaik. Tetapi setelah acara pameran virtual telah selesai diadakan, apa yang harus Anda lakukan setelahnya adalah hal yang paling penting.

Hal yang Anda lakukan setelah acara selesai diadakan sangat penting untuk mengetahui apakah pengunjung acara pameran virtual Anda sudah mendapatkan manfaat dari tujuan acara Anda. Sehingga Anda dapat membuat para pengunjung pameran virtual Anda berkesan dan mengingat acara maupun brand Anda. Dan selanjutnya pengunjung pameran virtual Anda dapat menjadi pelanggan tetap Anda. Selain itu, kegiatan post-event ini juga berguna untuk memperhitungkan apakah kedepannya Anda perlu mengadakan acara pameran virtual yang serupa atau tidak.

Jadi apa yang harus Anda lakukan setelah acara pameran virtual Anda telah usai diadakan? Berikut beberapa tipsnya.

1. Kirim Survei Post-Event Kepada Pengunjung

Survei post-event selalu menjadi sumber informasi paling handal yang dapat Anda gunakan untuk mengukur keberhasilan acara pameran virtual yaitu di sisi mana perlu perbaikan apa yang pengunjung sukai, apa yang disarankan pengunjung dan bagaimana Anda dapat meningkatkan acara pameran virtual yang mendatang. Ada beberapa cara untuk membuat survei post-event ini yaitu dengan metode net promoter score (NPS) dan Anda dapat mengirimkannya melalui email maupun contact person masing-masing pengunjung. Untuk mendorong partisipasi pengunjung acara pameran virtual Anda untuk mengisi survey, Anda dapat mengirimkan kartu hadiah, kode diskon atau hadiah menarik lainnya.

Membuat pertanyaan survey post-event ini juga memerlukan strategi yang tepat agar pertanyaan tersebut mencakup hal-hal penting tentang acara Anda. Berikut beberapa pertanyaan yang dapat Anda gunakan untuk survey post-event pameran virtual Anda.

a. Seberapa Puas Anda Dengan Acara Pameran Virtual Ini?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling penting yang dapat Anda tanyakan dan ini adalah cara yang bagus untuk mengarahkan pengunjung Anda untuk memberi Anda lebih banyak informasi selama proses survei. Anda dapat melakukan perincian pada pertanyaan pada aspek tertentu seperti tanggal & waktu, pembicara & exhibitor, aksebilitas, tema acara dsb. Anda dapat menyertakan kolom komentar pada pertanyaan ini. Meskipun banyak pengunjung yang tidak mengisi kolom komentar tetapi Anda dapat mengumpulkan informasi penting jika ada pengunjung yang mengisi komentar.

b. Aspek Apa Yang Dapat Kami Perbaiki Untuk Acara Pameran Virtual Berikutnya?

Tidak selalu mudah bagi penyelenggara acara untuk mengetahui apa yang salah pada acara pameran virtual yang telah diadakan. Tetapi dengan mengetahui kesalahan pada acara pameran virtual Anda baik untuk meningkatkan kemajuan acara kedepannya. Anda dapat mengajukan pertanyaan terbuka menggunakan kolom komentar untuk memberikan kebebasan kepada pengunjung untuk memperluas apa yang mereka rasa salah dengan acara pameran virtual Anda.

c. Fitur Platform Pameran Virtual Apa Yang Menjadi Favorit Anda?

Penyelenggara acara pameran virtual membutuhkan platform pameran virtual untuk mengadakan acaranya. Anda harus bertanya kepada pengunjung, fitur mana yang mereka gunakan dan nikmati sehingga Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya kembali pada acara pameran virtual Anda mendatang. Cari tahu tanggapan pengunjung tentang fitur chat, opsi gamifikasi maupun fitur lainnya. Anda juga dapat menyertakan kolom komentar untuk tambahan fitur yang mereka inginkan kedepannya.

d. Apakah Platform Pameran Virtual Mudah Digunakan?

Acara pameran virtual bergantung pada teknologi untuk menghubungkan para pengunjung dan ketergantungan pada teknologi ini dapat mengakibatkan masalah yang tidak terduga di sepanjang jalannya acara. Pengunjung mungkin mengalami masalah kata sandi, masalah masuk ke lobi acara atau tautan halaman rusak. Tanyakan tentang betapa mudahnya menggunakan platform acara dan bagaimana mereka menikmati menggunakan platform pameran virtual tersebut.

e. Apa Tujuan Utama Anda Menghadiri Acara Pameran Virtual Ini?

Tidak semua pengunjung acara pameran virtual Anda hadir dengan satu tujuan yang sama dan Anda harus mengetahui mengapa pengunjung memilih hadir ke acara pameran virtual Anda. Setelah Anda memahami tujuan dan motivasi di pengunjung menghadiri acara Anda, Anda akan dapat mempelajari motivasi untuk menarik lebih banyak pengunjung di acara pameran virtual mendatang. Pertanyaan ini juga akan membantu menentukan apakah tujuan acara Anda sesuai untuk target audiens Anda dan ini akan membantu Anda dengan promosi dan pemasaran acara Anda mendatang.

f. Topik Apa Yang Anda Inginkan Untuk Acara Pameran Virtual Mendatang?

Cari tahu acara pameran virtual apa yang diinginkan pengunjung Anda di acara berikutnya dan pertimbangkan jawaban pertanyaan ini sebagai perencanaan acara pameran virtual Anda mendatang. Anda dapat menggunakan pertanyaan pilihan ganda dan tambahan kolom komentar untuk mengetahui topik yang diinginkan oleh pengunjung acara pameran virtual Anda.

2. Libatkan Media Sosial

Setelah acara pameran virtual Anda selesai diadakan, Anda dapat melakukan update selama beberapa minggu agar acara tetap hidup. Anda dapat mengunggah beberapa foto ataupun video momen yang menyenangkan dari acara pameran virtual Anda. Anda juga dapat mengajak pengunjung pameran virtual Anda untuk menggunggah momen favorit mereka dengan hashtags acara Anda. Buat sebuah kontes media sosial dimana pemenang berdasarkan jumlah like, komen maupun share tertinggi.

3. Halaman Web Post-Event

Anda dapat mempertahankan URL dan desain halaman acara untuk halaman web post-event Anda. Halaman web post-event dapat menampilkan konten seperti pesan “terima kasih”, rekap dari apa yang terjadi selama acara pameran virtual Anda, sorotan dari presentasi virtual utama dan konten dari acara pameran virtual Anda yang dapat diunduh. Halaman tersebut dapat membantu pengunjung menghidupkan kembali pengalaman acara dan juga berfungsi sebagai testimoni bagi orang-orang yang melewatkan acara tersebut sehingga mereka dapat menantikan acara pameran virtual berikutnya.

Anda dapat menerapkan tiga tips diatas setelah acara pameran virtual Anda selesai diadakan. Tips tersebut dapat digunakan untuk membuat acara pameran virtual Anda berkesan dan mengetahui apakah acara pameran virtual Anda sudah berjalan sesuai tujuan yang sudah Anda rencanakan. Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual, Anda dapat menggunakan salah satu plaform pameran virtual yang terkenal di Indonesia yaitu Simhive.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan platform pameran virtual SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang

Related posts
Pameran Virtual

Tips Mempromosikan Merek Anda Ketika Berada Di Pameran Virtual

Pameran Virtual

Buatlah Pameran Virtual Anda Lebih Menarik Dengan Gamifikasi Di Dalamnya!

Pameran Virtual

Tips Menarik Sponsor Acara Untuk Pameran Virtual Anda

Pameran Virtual

Cara Melakukan Riset Pasar Acara Pameran Virtual Anda Dengan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Logo Hubungi Kami