Pameran Virtual

Tips Menerapkan Referral Marketing

Referral adalah upaya marketing dengan mengajak pelanggan Anda merekomendasikan produk ke calon konsumen lain di lingkungannya, bisa teman, keluarga, atau koneksi di media sosial. 

Dengan referral, artinya akan ada banyak orang yang ikut membeli produk tersebut. Apalagi konsumen cenderung mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal.

Nah, strategi tersebut layak Anda coba karena menurut riset Annex Cloud, referral marketing dapat menghasilkan 3 hingga 5 kali lipat conversion rate, dan berpeluang meningkatkan customer retention 37% lebih tinggi dibandingkan channel marketing lain. 

Itulah kenapa marketing ini penting untuk digunakan sebagai upaya memajukan bisnis Anda. Alasannya, referral marketing dapat:

  • Meningkatkan penjualan
  • Menghasilkan customer loyalty
  • Menciptakan siklus promosi otomatis
  • Membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar
  • Mengumpulkan leads tanpa perlu hard selling

Nah, setelah tahu arti referral marketing, mari pelajari lebih lanjut berbagai jenisnya sebelum menentukan strategi untuk menjalankannya.

1. Promosikan Referral 

Referral marketing tidak akan berjalan lancar jika tidak diimbangi dengan promosi. Untungnya, Anda bisa menggunakan berbagai channel yang Anda miliki untuk mempromosikannya.

Contohnya, Mailchimp sengaja membuat landing page khusus untuk program referral. Dengan menggunakan website utama, tentu program yang dijalankan jadi lebih kredibel. Jadi, bisa lebih meyakinkan calon referrer.

Anda juga bisa menggunakan strategi lain pada channel yang berbeda, seperti paid ads di hasil pencarian Google, content marketing dengan membuat blog yang menarik, atau social media marketing dengan berbagai posting melalui akun resmi bisnis Anda.

2. Bangun Program Referral yang Sederhana

Salah satu alasan mengapa referral marketing kurang berhasil adalah proses yang rumit. Jadi, buatlah sebuah sistem yang sangat mudah agar program tersebut bisa berjalan lebih efektif. 

Sebagai contoh, siapkan link atau kode khusus untuk setiap pelanggan, yang mudah disebar ke orang-orang lain melalui media sosial, WhatsApp atau lainnya.

Begitupun dengan pemberian reward, kurangi prosedur berbelit dan buatlah secara otomatis. Misalnya, dengan memberikan reward langsung di aplikasi yang digunakan referrer atau referred.

Saat ini sudah banyak kok referral software, dimana Anda bisa mengatur sistem, kode unik, hingga mengukur seberapa berhasil referral yang Anda lakukan.

3. Manfaatkan Momentum

Memanfaatkan event tahunan untuk menggelar program referral marketing juga tips yang layak dicoba. Selain, event tersebut berlangsung di waktu tertentu, banyak orang tentu menantikan momen tersebut.

Kalau bisnis Anda di bidang fashion, Anda bisa memanfaatkan momen keagamaan seperti lebaran, Natal dan lainnya.  Atau, Anda bisa menggelar program ini saat event belanja seperti Black Friday, Harbolnas atau lainnya.

Jangan lupa tentukan strategi untuk event tersebut, apakan dengan diskon 10% setiap kali kode tersebut digunakan, promo untuk upgrade layanan premium, dan berbagai strategi lain sesuai jenis bisnis dan tipe konsumen Anda.

4. Kolaborasi dengan Influencer dan Brand Ambassador

Fokus dari referral adalah word of mouth, bisa dibayangkan kalau yang menyebarkan kode referral Anda seorang influencer? Tentunya dampaknya akan lebih besar, kan?

Itulah kenapa berkolaborasi dengan influencer bisa Anda coba untuk mempromosikan produk dengan sistem referral. Namun, pastikan bahwa Anda memilih seorang influencer yang sesuai dengan jenis bisnis dan branding yang ingin Anda bangun.

Kesimpulan

Referral marketing memanfaatkan peran serta pelanggan untuk merekomendasikan produk ke konsumen baru. Bisa dengan sistem reward, milestone reward, giveaway, dan juga email referral.

Program ini sangat ampuh untuk menggaet konsumen baru dan meningkatkan customer retention. Untuk itu, Anda dapat menerapkan beberapa tips di atas agar referral marketing Anda berbuah kesuksesan.

Akan tetapi, referral marketing saja belum cukup untuk meningkatkan bisnis Anda. Diperlukan beberapa cara lainnya yang perlu digunakan dalam sebuah strategi yang baik. Bisa melalui promosi media sosial, blog, dan lainnya.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Bagaimana Cara Memilih Sponsor Yang Tepat Untuk Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Beberapa Ide Untuk Mengadakan Acara Pameran Virtual Yang Unik

Pameran Virtual

Apa Saja Manfaat Pameran Virtual Bagi Pengunjung?

Pameran Virtual

Tips Bagi Pengunjung Saat Menghadiri Acara Pameran Virtual Untuk Pertama Kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami