Pameran Virtual

Apa Saja Manfaat Social Media Marketing?

Social media marketing adalah sebuah strategi marketing dengan menggunakan media sosial sebagai platform dalam melakukannya. Banyak jenis konten yang bisa diupload melalui sosial media, seperti konten untuk informasi umum, panduan, hingga penawaran produk. Social media marketing juga bisa dilakukan dengan gratis ataupun menggunakan iklan berbayar.

Pada prakteknya, upaya social marketing sering digunakan bersamaan dengan upaya digital marketing lainnya. Contohnya, penggunaan blog, email dan lainnya. 

Karena platform media sosial cukup banyak, pemilihan platform yang tepat sesuai bisnis kita merupakan salah satu kunci kesuksesan strategi pemasaran ini. 

Lalu apa saja manfaat yang didapatkan dari social media marketing ini? Berikut beberapa alasannya:

1. Hemat Biaya

Manfaat media social marketing yang pertama adalah kita tak harus merogoh kantong terlalu dalam untuk melakukan social media marketing, lho. Bahkan, Anda bisa sepenuhnya menjalankannya tanpa biaya sepeserpun. Tak percaya?

Kita bisa membuat akun media sosial gratis, posting gambar atau video gratis, hingga membuat grup gratis. Pengeluaran hanya diperlukan apabila kita membeli iklan berbayar di media sosial tersebut atau membeli tools pendukung.

2. Efektif dan Efisien

Dibanding pemasaran secara offline seperti pada spanduk atau baliho, social media marketing bisa lebih efektif menjangkau konsumen kita. Kenapa? Sebab, kita bisa mengatur target iklan dengan sangat mendalam.

Kita bisa mengatur umur, gender, tempat tinggal, hobi, hingga status hubungan sekalipun. Alhasil, pemasaran kita akan jauh lebih efektif dengan cara yang efisien dan tak berbelit-belit.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada 160 juta pengguna media sosial di Indonesia. Artinya, jika kita menerapkan social media marketing dengan baik, ada 160 juta orang yang berpotensi mengenal bisnis kita melalui media sosial.

Apalagi, jika kita berhasil membuat post menarik yang viral di kalangan netizen. Bisa dipastikan bahwa brand kita akan dikenal banyak orang dengan lebih cepat.

4. Membagi Informasi Terbaru Dengan Cepat

Manfaat social media marketing lainnya adalah memungkinkan kita untuk membagikan informasi terkait bisnis kita dengan cepat. Alhasil, konsumen kita bisa tahu tentang diskon, flash sale, promo, atau informasi lainnya saat itu juga karena akan langsung muncul di timeline mereka.

Bayangkan jika menggunakan pemasaran tradisional seperti baliho atau spanduk. Kita akan membutuhkan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari. Itupun dengan harga yang jauh lebih mahal daripada melalui social media marketing.

5. Memperluas Pangsa Pasar Bisnis

Media sosial bisa digunakan oleh siapapun dan dimanapun mereka berada. Dengan kata lain, target konsumen tidak terbatas di tempat kita tinggal. Namun, dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, hingga ke luar negeri sekalipun.

Asal, kita memang menerapkan social media marketing dengan baik. Misalnya, menggunakan hashtag yang tepat, sehingga semua orang bisa mencari bisnis kita dengan mudah.

Kesimpulan

Cukup banyak strategi social media marketing yang bisa kita gunakan. Sebagai langkah awal, pastikan kita sudah mengenali target audience dengan baik.

Beberapa platform media sosial menawarkan upaya pemasaran secara gratis maupun berbayar. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran kita.

Jika sudah menentukan pilihan, segera lakukan upaya social media marketing kita dengan lebih optimal

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Bagaimana Cara Memilih Sponsor Yang Tepat Untuk Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Beberapa Ide Untuk Mengadakan Acara Pameran Virtual Yang Unik

Pameran Virtual

Apa Saja Manfaat Pameran Virtual Bagi Pengunjung?

Pameran Virtual

Tips Bagi Pengunjung Saat Menghadiri Acara Pameran Virtual Untuk Pertama Kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami