Pameran Virtual

Alasan Harus Bangga Produk Indonesia

Sejak beberapa tahun yang lalu, masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan produk buatan luar negeri dibandingkan produk asli buatan Indonesia. Ada berbagai alasan yang menjadikan hal ini makin meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini dapat kita lihat pada awal tahun 2021 tepatnya pada Maret lalu, Presiden Joko Widodo dibuat geram dengan data impor yang ada. Presiden Joko Widodo menyoroti soal banjir produk impor yang ‘memangsa’ produk dalam negeri. Diduga ada permainan membanting harga atau predatory pricing yang membuat impor barang konsumsi dijual murah di market place digital asing menyebabkan persaingan tidak sehat, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tanah Air.

Pandemi COVID-19 banyak memberi dampak pada kestabilan ekonomi negara kita. Banyak yang perusahaan yang merugi bahkan sampai gulung tikar karena efek pandemi. Walaupun begitu, kita justru harus bangkit dan berjuang untuk memulihkan keadaan ekonomi kita ini. Bentuk kepedulian yang bisa kita lakukan untuk membantu negara di masa ini adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri. Langkah sederhana yang kita ambil bisa sangat berdampak dan turut membantu untuk membangkitkan perekonomian negara. Lalu apa alasan kita perlu menggunakan produk-produk buatan dalam negeri? Yuk, kita simak ulasannya!

1. Memperluas Lapangan Kerja

Di masa sekarang ini, mencari pekerjaan semakin sulit, bahkan banyak lulusan sarjana yang menganggur, hal ini dikarenakan oleh kurangnya lapangan kerja yang tersedia di negara kita ini. Jika kita selalu menggunakan produk-produk lokal, maka secara otomatis akan makin banyak SDM yang dibutuhkan untuk proses produksi. Hal tersebut akan memberikan peluang terbukanya banyak lapangan kerja di negara kita. Secara tidak langsung kita telah membantu untuk menurunkan angka pengangguran di Indonesia.

2. Meningkatkan Ekonomi Dalam Negeri

Sangat disayangkan jika masyarakat justru banyak meminati produk-produk buatan luar negeri. Secara tidak langsung kita telah membuat bisnis di negara asing menjadi lebih baik karena keuntungan yang telah didapatkan. Jika dipikirkan baik-baik,ketika kita menggunakan produk-produk lokal, maka sirkulasi ekonomi akan berputar di dalam negeri kita saja. Hal ini, akan membuat meningkatnya aktivitas ekonomi di negeri kita dan akan membantu bisnis-bisnis lokal untuk tetap hidup.

3. Produk Yang Berkualitas

Perlu kita ketahui bahwa produk asli buatan Indonesia juga tidak kalah dengan produk buatan asing. Hal ini dapat kita buktikan dengan banyaknya produk asli Indonesia yang sudah diakui kualitasnya secara internasional. Contoh produk yang sangat dekat dengan kita adalah Indomie. Hingga saat ini sudah diekspor ke berbagai macam negara dan cukup laris di Amerika Serikat. Selain itu, ada pula batik yang sudah mendunia. Jika direnungkan lagi, sebenarnya Indonesia memiliki banyak produk yang berkualitas. Namun, sangat disayangkan karena masyarakat terlalu percaya bahwa produk impor lebih baik dibandingkan produk lokal. Oleh karena itu, jika tidak dimulai dari kita, siapa yang akan mengangkat produk lokal.

4. Harga Yang Terjangkau

Banyak yang belum mengetahui, bahwa dengan kita membeli dan menggunakan produk-produk dalam negeri, maka harga yang kita harus bayarkan untuk produk tersebut pun akan cenderung lebih murah dibandingkan produk-produk luar negeri. Hal ini dikarenakan produk-produk impor itu dikenakan pajak impor, tarif bea masuk, dan belum lagi karena kurs mata uang negara lain yang lebih tinggi dari kurs mata uang negara kita. Oleh karena itu, pakailah produk-produk dalam negeri kita, agar biaya yang kita keluarkan pun akan lebih murah karena terhindar dari hal-hal tersebut.

5. Menurunkan Angka Kriminalitas

Kita semua tahu, dengan membeli dan menggunakan produk-produk dalam negeri maka itu sama saja dengan kita membantu untuk memperluas lapangan pekerjaan. Jika masyarakat sudah sejahtera, itu artinya angka kriminalitas pun akan menurun karena masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Tidak ada masyarakat yang melakukan kejahatan hanya untuk mendapatkan uang karena kondisi ekonomi yang buruk.

6. Menunjukkan Rasa Cinta Tanah Air

Anda pasti menyadarinya, dengan kita percaya dan memakai produk-produk lokal, itu menunjukkan bahwa kita mendukung dan menyukai produk-produk tanah air kita sendiri. Hal ini pula yang menunjukkan bahwa produk-produk dalam negeri tidak kalah dengan produk-produk dari luar negeri.

7. Melestarikan Budaya Lokal

Kita semua tahu kalau banyak produk-produk lokal yang mengangkat tema kebudayaan indonesia. Oleh karena itu, dengan kita menggunakan produk-produk lokal, hal tersebut membuat budaya asli negara kita akan terangkat dan terlestarikan, bahkan dapat dikagumi oleh negara luar.

Tanpa kita sadari ternyata ada banyak alasan untuk kita bisa bangga dengan produk asli lokal. Bahkan dengan kita membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri, kita telah membantu banyak orang untuk bisa bertahan di masa seperti saat ini. Bagaimana menurutmu ulasan kali ini? Yakin masih tidak bangga dengan produk asli buatan Indonesia?

Tahukah kamu? SimHive juga merupakan produk asli Indonesia yang dapat membantu kamu untuk merasakan event virtual di dunia 3D dengan senyata mungkin. Yuk, dukung produk asli Indonesia untuk dapat bersaing lebih baik di dunia Internasional. Jangan sungkan untuk cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Pameran Virtual Dapat Menjadi Pilihan Jika Anda Ingin Menghemat Budget Acara

Pameran Virtual

Manakah Yang Lebih Cocok Untuk Anda? Pameran Virtual Atau Hybrid Event?

Pameran Virtual

Kenapa Pameran Virtual Dapat Menjadi Salah Satu Pilihan Anda Ketika Mengadakan Acara?

HighlightPameran Virtual

10 Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Menyelenggarakan Pameran Virtual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Logo Hubungi Kami