Pameran Virtual

Bagaimana Cara Membuat Hybrid Event Menarik Untuk Audiens Offline Dan Virtual?

Hybrid event dan hybrid meetings adalah hal yang populer saat ini. Beberapa event organizer mengandalkan hybrid event sebagai acara utama mereka pasca-COVID. Salah satu aspek kunci dari hybrid event adalah presentasi dan pertemuan. Dan menggabungkan elemen yang melayani baik penonton langsung maupun virtual tidak diragukan lagi akan memberikan tantangan baru yang unik bagi pembawa acara dan pembicara.

Hybrid meetings atau presentasi dalam hybrid event, bermanfaat karena berbagai alasan. Pertama, presentasi langsung membuat kita dapat memberikan sedikit kelegaan dari efek isolasi sosial yang dialami banyak orang oleh COVID-19. Namun, aspek virtual dari acara tersebut juga memperluas jangkauan kita dari audiens lokal ke audiens global. Hybrid meetings menawarkan cara yang lebih aman bagi lebih banyak orang untuk belajar dan mendapatkan nilai dari presentasi, sambil tetap mengikuti batas kapasitas yang dibatasi.

Tentu saja, masing-masing audiens ini memiliki kebutuhan khusus yang harus dipenuhi untuk menciptakan pengalaman acara yang mulus dan menarik. Berikut beberapa kebutuhan tersebut.

Kebutuhan Audiens Offline

1. Interaktivitas

Mulai sekarang, audiens akan membutuhkan interaktivitas bahkan ketika menonton presentasi langsung. Presenter ingin menyampaikan lebih banyak untuk audiens mereka. Demikian juga, audiens secara alami mengharapkan presentasi yang lebih interaktif. Tidak hanya seorang pembicara hanya berjalan melalui dek presentasi, mencapai semua poin pembicaraan mereka, dan mengakhiri presentasi tanpa melibatkan audiens.

Interaktivitas adalah cara yang bagus untuk membuat audiens kita terlibat dan membuat mereka merasa lebih terhubung dengan acara tersebut. Ini juga berlaku untuk audiens virtual, menjadikannya win-win solution untuk presenter kita. Bonus: semakin banyak cara kita dapat mendorong partisipasi melalui perangkat seluler (seperti polling, trivia, atau pengajuan pertanyaan untuk Q&A), semakin banyak data yang kita kumpulkan selama acara kita!

2. Oleh Oleh Barang dan Kesimpulan Materi yang Bermanfaat

Berbagi informasi dengan audiens kita setelah acara adalah kuncinya, terutama pada audiens offline kita. Kemungkinan banyak peserta kitamuncul dengan membawa buku catatan dan pena, tetapi itu tidak berarti mereka menginternalisasi semua poin yang kita buat. Berbagi materi dengan audiens kita setelah acara sangat penting. Ini tidak hanya memberi mereka penyegaran tentang materi pelajaran kita, tetapi juga membuat kita selalu diingat saat mereka mempertimbangkan kebutuhan bisnis mereka yang akan datang.

Jika kita telah memasukkan elemen interaktif ke dalam presentasi kita, ada kemungkinan besar kita dapat melacak dengan tepat siapa yang menghadiri acara kita. Gunakan daftar ini sebagai segmen audiens dan kirimkan email tindak lanjut kepada mereka dengan dokumen pendukung dan informasi tambahan.

Kebutuhan Audiens Offline

1. Perasaan Keterhubungan

Audiens virtual terkadang merasa tidak terhubung selama presentasi virtual. Gunakan hybrid event kita untuk menguranginya. Izinkan audiens kita untuk mengirimkan pertanyaan, yang pada gilirannya dapat kita jawab secara langsung. Selain itu, sertakan umpan sosial langsung yang menampilkan tweet dan posting dari peserta, dan tetap jalankan sepanjang presentasi kita. Penambahan seperti ini mungkin terasa kecil, tetapi memiliki dampak yang kuat pada audiens kita. Tidak hanya audiens virtual kita yang ingin berpartisipasi, audiens langsung/offline kita juga dapat ikut serta dalam hal ini.

2. Lingkungan yang Imersif

Memastikan audiens virtual kita merasa terhubung termasuk menawarkan mereka lingkungan yang imersif, di mana mereka merasa seperti benar-benar berada di presentasi langsung. Buat auditorium virtual 3D yang menakjubkan dengan model tempat kita sendiri sehingga peserta virtual kita ada di sana bersama kita, membayangkan kitadi atas panggung itu. SimHive dapat menciptakan auditorium khusus yang terlihat seperti tempat kita yang sebenarnya.

3. Penayangan Sesuai Permintaan

Audiens virtual kita mungkin tidak ada pada saat yang sama saat kita melakukan presentasi. Oleh karena itu, merupakan ide bagus untuk menawarkan rekaman presentasi setelah hybrid event telah dilakukan. Dengan cara ini, audiens virtual kita dapat menontonnya di waktu mereka sendiri. Bahkan, penonton langsung kita mungkin juga ingin menonton rekaman setelahnya. Izinkan akses ke semua peserta kita sehingga mereka dapat menonton kembali acara kita, membuat catatan dan berbagi dengan kolega mereka sesuai kebutuhan.

Ingin mengadakan pameran virtual yang berkesan? SimHive hadir sebagai platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Pameran Virtual Dapat Menjadi Pilihan Jika Anda Ingin Menghemat Budget Acara

Pameran Virtual

Manakah Yang Lebih Cocok Untuk Anda? Pameran Virtual Atau Hybrid Event?

Pameran Virtual

Kenapa Pameran Virtual Dapat Menjadi Salah Satu Pilihan Anda Ketika Mengadakan Acara?

HighlightPameran Virtual

10 Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Menyelenggarakan Pameran Virtual

Tinggalkan Balasan