Peringati Milad ke-70, YPI Al Azhar Gelar Al Azhar Digital Expo Secara Hybrid

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun YPI Al Azhar ke 70, YPI Al Azhar mengadakan sebuah acara pameran virtual yaitu Al Azhar Digital Expo. Acara pameran virtual Al Azhar Digital Expo ini mengusung tema “Build and Empower”. Pengunjung dapat mengakses acara ini melalui laman website https://digital.expo.al-azhar.or.id/. Tujuan dari acara pameran virtual ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengenal lebih dekat tentang Al Azhar termasuk sekolah, kampus dan instansi Al Azhar lainnya di seluruh Indonesia. Selain itu, tujuan lain dari acara ini adalah untuk membangun dan memberdayakan segenap potensi elemen masyarakat Indonesia untuk konsisten melakukan amar ma’ruf nahi munkar demi “Gemilangkan Indonesia Tahun 2045”.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan wabah pandemi yang sedang melanda dan perlunya menjaga protokol kesehatan karena masih dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tahun ini Al Azhar Digital Expo diadakan secara hybrid. Dengan menggunakan platform pameran virtual SimHive sebagai sarana pelaksanaan, acara ini diadakan dalam bentuk pameran virtual yang dilengkapi juga dengan webinar yang diselenggarakan pada 29-30 Maret 2022 lalu.

Acara ini bersifat umum sehingga pengunjung bebas masuk ke platform pameran virtual dan mendaftar secara gratis. Pengunjung yang tidak dapat hadir pada tanggal acara, tetap dapat mengunjungi laman website tersebut dan menonton tayangan webinar yang diselenggarakan pada tanggal tersebut atau sekedar berjalan-jalan ke hall pameran virtual. Pengunjung yang sudah mendaftar akan langsung diarahkan ke lobby pameran virtual Al Azhar Digital Expo dan dapat dengan bebas memilih apakah ingin mengikuti webinar di auditorium atau berjalan-jalan ke hall pameran virtual.

Auditorium Al Azhar Digital Expo

Pengunjung yang hadir dapat mengikuti webinar yang diadakan di auditorium pameran virtual. Webinar “Leadership” yang diadakan bertemakan “Bersinergi Membangun Umat” yang dapat diikuti secara gratis. Webinar ini diadakan dalam dua hari berturut-turut dimana acara ini dibuka oleh ketua umum YPI Al Azhar, H. Mohammad Suhadi, S.Kom. Webinar hari pertama diselenggarakan dengan pembicara M. Pradana Indrapura, staf khusus kementrian investasi/BKPM RI dan Richi Aprian, S.H., M.H., wakil bupati kabupaten Tanah Datar. Webinar hari kedua diselenggarakan dengan pembicara Chandi S Conrad, Principal at Korn Ferry Indonesia dan dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK, FINSDV, research and development director PT. Paragon Technology and Innovation.

Hall Pameran Al Azhar Digital Expo

Selain dapat mengikuti webinar yang diadakan di auditorium, mengunjungi hall pameran virtual. Di dalam hall pameran, peserta pameran virtual terbagi di dua hall utama yaitu Hall Buya Hamka dan Hall Sjamsuridjal. Terdapat 50 perserta pameran yang berada di Hall Buya Hamka dan 50 peserta lainnya berada di Hall Sjamsuridjal. Peserta pameran virtual terdiri dari seluruh sekolah islam Al Azhar se Indonesia, berbagai kampus universitas Al Azhar Indonesia, berbagai unit usaha Al Azhar serta instansi Al Azhar lainnya.

Para pengunjung pameran virtual yang hadir bisa mendapatkan informasi tentang instansi yang ada di Al Azhar, unit usaha apa saja yang terdapat pada Al Azhar, penerimaan murid baru, biaya pendaftaran, informasi kontak dan informasi lainnya melalui banner, poster maupun video promo yang terdapat pada masing-masing booth pameran virtual. Pengunjung bahkan dapat langsung mengunduh informasi tersebut pada link-link yang sudah tersedia. Pada saat acara berlangsung, pengunjung pameran virtual juga dapat langsung menanyakan ke masing-masing booth melalui fitur chat. Pengunjung yang mengunjungi hall pameran virtual juga dapat mengkonfigurasi avatar yang digunakan sehingga sesuai apa yang diinginkan. Jika pengunjung kesulitan dalam mencari unit instansi yang diinginkan, pengunjung dapat langsung memilih dari menu “Pilih Exhibitor” pada hall pameran virtual. Selain itu, pengunjung yang hadir juga dapat merasakan pengalaman menjelejahi pameran virtual dan berjalan-jalan di dunia 3D virtual.

Al Azhar Digital expo ini dapat dikatakan sebuah inovasi untuk pameran-pameran yang diselenggarakan selama masa pandemi ini. Dengan adanya pemberlakuan pembatasan sosial, pameran virtual dapat menjadi salah satu solusi bagi kita untuk tetap dapat melaksanakan sebuah pameran dalam situasi seperti sekarang ini. Teknologi yang telah berkembang pesat dapat membantu kita dalam mengatasi masalah ini. Dengan konten video ataupun sekumpulan foto yang diatur sedemikian rupa, pameran virtual jadi tak kalah seru dengan pameran biasa. Dengan pameran virtual, jalan-jalan dan mengikuti acara tetap seru meski kita berada di rumah.

Tentang SimHive

SimHive menghadirkan pengalaman pameran virtual terbaik! SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang. Dan dapatkan pengalaman pameran virtual terbaik dari Simhive!

Leave a Reply

Your email address will not be published.