Event

Commfiarte x C-Project, Event Virtual Dalam Rangka Ajang Kebolehan Karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie

Pada 26 Maret 2022 lalu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMILKOM) Universitas Bakrie menyelenggarakan sebuah acara pameran virtual Commfiarte x C-Project. Pengunjung dapat mengakses acara pameran virtual ini melalui laman website https://commfiarte2022.event.simhive.com. Commfiate sendiri sebelumnya bernama Commcreation dimana merupakan sebuah kegiatan workshop yang dilakukan oleh HMILKOM Universitas Bakrie untuk membantu mengenal peminatan yang ada di ilmu komunikasi Universitas Bakrie. Sedangkan C-Project sendiri merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Bakrie dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Selama situasi pandemi berlangsung, acara Commfiarte yang sebelumnya bernama Commcreation ini dilakukan melalui aplikasi ZOOM. Namun tahun ini, acara ini dilakukan dalam versi pameran virtual menggunakan platform pameran virtual, Simhive. Event pameran virtual ini merupakan wadah ajang kebolehan prestasi, karya, pencapaian maupun project yang dimiliki mahasiswa maupun mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie.

Tema yang diangkat pada pameran virtual ini yaitu “Spreading All Creations for Every Experience”. Tujuan dari acara pameran virtual Commfiarte x C-Project kali ini adalah untuk membantu para calon mahasiswa atau mahasiswa itu sendiri melalui keresahan yang sedang dihadapi dalam jenjang pendidikan maupun persoalan sehari-hari. Isu yang diangkat acara pameran virtual Commfiarte tahun ini yaitu FOMO atau Fear of Missing Out.

Ada beberapa kompetisi yang dilombakan untuk umum dalam acara pameran virtual ini yang berhadiah e-certificate dan e-money, diantaranya adalah lomba press release, lomba citizen journalism, lomba copywriting dan lomba videography. Sedangkan, ada 6 kategori karya yang dilombakan bagi mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu puisi, lukisan, foto, video, musik dan desain grafis. Hasil karya ini akan dipamerkan di hall pameran virtual di acara ini.

Auditorium Commfiarte x C-Project

Selain pameran hasil karya yang ditampilkan di hall pameran virtual, acara ini juga mengadakan talkshow dalam rangka pengenalan tiga peminatan yang ada di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Corporate Communication, Marketing Communication dan Multimedia Communication. Selain itu, ada juga talkshow mengenai Fear of Missing Out (FOMO). Masing-masing talkshow ini diisi oleh pembicara-pembicara keren dan kompeten yaitu talkshow Corporate dengan pembicara Diarmila T.L. Sutedja, S.H., M.Si., Public Relations at Conocophillips. Talkshow Marketing Communication dengan pembicara Hanny Nurrahmawati Marketing Communication Manager and Creative Group Head at Fortune Indonesia. Talkshow Journalistic and Mass Media Communication dengan pembicara Alfian Rahardjo, S.Ikom., M.Ikom., News Anchor at CNN Indonesia. Serta talkshow Fears of Missing Out (FOMO) dengan pembicara Kathleen Rachel, Peer Counselor at Aru.Lea & Community Outreach of Teruntuk Project.

Talkshow ini diadakan di ruang auditorium pameran virtual yang nantinya dapat diakses ketika pengunjung sudah mendaftar dan masuk ke lobby pameran virtual. Talkshow ini dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan syarat mendaftar terlebih dahulu sebelum tanggal acara.

Hall Commfiarte x C-Project

Tidak hanya dapat mengikuti talkshow di ruang auditorium pameran virtual, pengunjung juga dapat masuk ke hall pameran virtual untuk melihat berbagai hasil karya dari mahasiswa maupun mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie. Terdapat 30 karya yang dipamerkan dalam hall pameran virtual di acara Commfiarte ini. Selain itu, booth pameran virtual juga diisi oleh peminatan dan club yang ada di Universitas Bakrie. Pengunjung yang mengunjungi hall pameran virtual juga dapat mengkonfigurasi avatar yang digunakan sehingga sesuai apa yang diinginkan. Pengunjung yang hadir juga dapat mengunduh karya seni yang dipamerkan dan mengetahui informasi mengenai artist pembuat karya tersebut melalui banner, poster, maupun video yang ada di tiap booth. Selain itu, pengunjung yang hadir juga dapat merasakan pengalaman menjelejahi pameran virtual dan berjalan-jalan di dunia 3D virtual.

Walaupun dengan pemberlakuan pembatasan sosial selama masa pandemi ini, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMILKOM) Universitas Bakrie tetap dapat mengadakan pameran virtual Commfiarte x C-Project. Sehingga pameran virtual menjadi salah satu solusi bagi kita jika ingin mengadakan sebuah pameran di situasi pandemi saat ini. Dengan pameran virtual, kita dengan bebas dapat berjalan-jalan seru walaupun hanya dari rumah saja. Kita tidak perlu takut untuk tertular virus akibat berkerumun karena kita berjalan-jalan secara virtual. Jadi, jika Anda ingin mengadakan sebuah pameran virtual yang menarik seperti Commfiate x C-Project, Anda dapat menggunakan platform pameran virtual Simhive.

Referensi berita artikel lainnya: news.bakrie.ac.id, Keseruan Pameran Eksklusif COMMFIARTE X C-Project 2022, Spreading All Creations For Every Experience!

Coba Simhive Sekarang!

SimHive menghadirkan pengalaman pameran virtual terbaik! SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang. Dan dapatkan pengalaman pameran virtual terbaik dari Simhive!

Related posts
Event

Dalam Rangka Menyambut Acara HUT Ke-50, Petrokimia Gresik Mengadakan Pameran Mangga Hybrid Expo 2022 Secara Hybrid

Event

Bidang Mahasiswa, Kaderisasi, dan Alumni (BMKA) Salman ITB Menggelar Pameran Virtual (Invention Tradition) 2022

Event

PensFest Midyear 2022, Ajang Pengembangan Produk-Produk Software Mahasiswa Departemen Teknik Informatika dan Komputer PENS

Event

PPI Tiongkok Berkolaborasi Dengan Permit Ningbo Mengadakan Virtual Career Expo, ViCE 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami