8 Jenis Event yang Dapat Dilaksanakan di Masa Pandemi

Sejak wabah virus Corona ditetapkan sebagai pandemi dengan skala internasional, hampir semua negara melakukan pencegahan untuk virus ini salah satunya dengan mengurangi aktivitas yang mengharuskan kita berkumpul atau membuat kerumunan. Pencegahan akan penyebaran virus Corona ini berdampak di berbagai bidang, salah satunya bidang bisnis pengadaan acara atau event. Dilarangnya atau susahnya mengadakan sebuah event secara fisik (offline) membuat sebagian besar penggiat bisnis event ataupun perusahaan-perusahaan yang ingin mengadakan sebuah acara menjadi kesusahan. Namun, berita bagusnya adalah manusia cepat sekali beradaptasi. Dengan adanya keterbatasan pertemuan fisik atau offline, maka muncul ide untuk mengadakan sebuah acara atau event secara online, yaitu sebuah virtual event. Dan berikut ini adalah 8 jenis event yang dapat dilaksanakan secara virtual di masa pandemi ini.

1. Virtual Conferences

Dari banyaknya jenis acara atau event yang ada, yang paling mungkin dan sering dilaksanakan adalah konferensi virtual. Dengan mengadakan konferensi secara virtual, maka akan membuatnya fleksibel karena bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Dengan penggunaan ruang virtual juga dapat membuat peserta konferensi menjadi lebih banyak dibandingkan bila dilakukan secara offline.

2. Virtual Job Fairs & Career Fairs

Interview kerja secara online mungkin saja sudah tidak asing di telinga kita. Terlebih bila kita sedang direkrut oleh perusahaan yang berada di luar negeri. Tapi sejak pandemi ini, interview kerja secara virtual seolah menjadi trend dikarenakan keterbatasan kita untuk bertatap muka secara langsung.

Daripada membatalkan atau menunda sebuah Job Fairs hanya dikarenakan pandemi, membuatnya menjadi sebuah acara atau event virtual adalah pilihan yang lebih baik. Bukan hanya itu, dengan teknologi yang ada saat ini, virtual Job Fairs dapat lebih menjangkau wilayah dan pelamar yang lebih luas dikarenakan tidak terbatas oleh jarak dan ruang. Sehingga pelamar yang berada dibelahan bumi yang lain pun dapat mengikuti virtual Job Fairs tersebut.

3. Virtual Education Fairs

Bidang pendidikan juga tidak lepas dalam hal ini. Dengan adanya virtual event, kita tetap dapat melaksanakan Education Fairs. Badan pendidikan seperti sekolah ataupun perguruan tinggi tetap dapat memamerkan infrastruktur mereka, program-program yang dimiliki, hingga fasilitas yang ditawarkan. Dan sekali lagi, karena event ini bersifat virtual, maka tidak menutup kemungkinan untuk badan pendidikan dari luar negeri ikut andil dalam event ini.

Tidak hanya itu, virtual event ini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan networking dengan para alumni yang mungkin sudah memiliki perusahaan atau bisnis sendiri atau sedang bekerja di sebuah perusahaan dan sedang mencari tenaga kerja baru.

4. Virtual Music Concerts

Seperti event yang lain, konser musik merupakan event yang paling banyak mengalami pembatalan atau penundaan ketika pandemi ini diumumkan. Namun, seiring berjalannya waktu, saat ini begitu banyak konser musik yang digelar secara virtual. Baik menggunakan platform video streaming yang gratis ataupun platform berbayar. Para musisi ini, dari luar maupun dalam negeri, tetap ingin menghibur kita semua walaupun hanya lewat layar kaca.

5. Virtual Trade Shows & Exhibition

Tujuan dasar dari berbisnis adalah meningkatkan keuntungan dengan memaksimalkan prospek yang ada. Tidak terkecuali di masa pandemi seperti sekarang ini. Kita harus tetap mencari cara untuk meningkatkan keuntungan dan memperluas koneksi bisnis kita. Dengan menggelar sebuah trade show atau exhibition secara virtual, kita dapat meningkatkan prospek bisnis tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga luar negeri. Kita dapat berkomunikasi dengan calon pembeli ataupun rekan bisnis melalui live chat, video call, memperkenalkan bisnis kita melalui webinar dan sebagainya.

6. Virtual Food Exhibition

Mungkin bagi sebagian orang, virtual Food Exhibition masih terdengar asing. Namun jangan salah, Food Exhibition benar-benar bisa kita lakukan secara virtual di tengah kondisi seperti ini. Industri makanan juga merupakan salah satu bidang yang terkena dampak pandemi ini. Menurunnya pembelian serta terganggunya rantai pemasokan dan distributor makanan menjadi dampak yang dapat kita lihat. Dengan diadakannya virtual Food Exhibition, kita dapat menjalin kembali komunikasi untuk memperbaiki rantai pemasokan. Di virtual event tersebut juga bisa menjadi ajang promosi untuk para penggiat bisnis di bidang makanan ataupun kuliner.

7. Virtual Wedding Expo

Menikah bisa dibilang merupakan salah satu hal yang tidak berdampak selama masa pandemi ini. Bahkan menikah di masa pandemi ini bisa kita lakukan dengan suasana yang lebih syahdu karena kita tidak perlu mengundang banyak orang (dikarenakan adanya kebijakan dilarangnya masyarakat untuk berkumpul atau berkerumun), cukup orang-orang terdekat dan orang-orang terpenting untuk kita. Mengadakan virtual Wedding Expo memungkinkan peserta expo untuk mencari katering, musisi, event organizer, desainer, fotografer, dan sebagainya, dengan sekali klik. Membuat segalanya menjadi lebih mudah untuk sesuatu yang indah di masa sulit seperti sekarang ini bukankah suatu hal yang sangat bermanfaat?

8. Webinar

Webinar bisa dikatakan merupakan sesuatu yang sangat populer di kalangan masyarakat di seluruh dunia saat ini. Dengan dibatasinya kontak fisik atau tatap muka secara langsung, webinar menjadi solusi yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Webinar adalah virtual event yang menghubungkan individu atau pembicara dengan peserta atau penonton di seluruh dunia. Dapat dilakukan dengan format presentasi, tanya jawab, atau diskusi saling berbagi pendapat dan informasi.

Itulah beberapa jenis event yang dapat dilaksanakan selama masa pandemi. Dengan keadaan yang telah berubah seperti saat ini, penting bagi kita untuk dapat beradaptasi. Membuat beberapa hal menjadi online adalah sebuah solusi dan adaptasi yang dapat kita lakukan saat ini. Berdiam diri dan pasrah bukanlah jawaban, maka dari itu segeralah beraksi agar tidak melewatkan kesempatan yang ada. Cari penyedia jasa virtual event atau platform virtual event untuk acara-acara yang telah Anda tunda atau mungkin yang akan datang. Ini waktunya untuk kita menunjukkan bahwa kita tetap bisa bertahan di era new normal ini.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform virtual exhibition dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. SimHive menyediakan semua kebutuhan Anda untuk membuat atau mengadakan sebuah virtual event. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pengalaman terbaik dalam menghubungkan Anda dengan target audience Anda. Kunjungi website SimHive untuk lebih lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *