Pameran Virtual

Beberapa Ide Untuk Mengadakan Acara Pameran Virtual Yang Unik

Pameran virtual adalah pameran yang diselenggarakan melalui media digital. Dengan konten video ataupun sekumpulan foto yang diatur sedemikian rupa, pameran virtual jadi tak kalah seru dengan acara tatap muka biasa. Malah bisa jadi, pameran virtual jauh lebih atraktif dari acara tatap muka biasa. Saat ini, sejak adanya vaksinasi global, acara tatap muka mulai diadakan kembali, namun hal itu tidak menyurutkan minat penyelenggara acara untuk tetap mengadakan acara pameran virtual. Berikut ini adalah 8 inspirasi ide pameran virtual unik yang bisa Anda adakan.

1. Virtual Trade Show

Ide pertama pameran virtual adalah dengan mencoba membuat pameran dagang (virtual trade show atau virtual expose). Terdengar tidak mungkin, tetapi apakah ini bisa dilakukan? Jawabannya adalah bisa. Anda bisa menggunakan dukungan 3D animasi yang dinamis untuk membuat situasi menyerupai pameran fisik dengan menambahkan fitur-fitur seperti chat langsung, webinar, dan penyediaan belanja di tempat melalui booth-booth yang tersedia.

2. Virtual Launch

Bila perusahaan Anda bingung menentukan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk, mungkin ide virtual launch ini bisa dicoba. Beberapa perusahaan yang pernah mencoba virtual launch dan berhasil adalah BMW Indonesia yang meluncurkan produk The New 6 Gran Turismo melalui YouTube dan ditonton oleh lebih dari 1.3 juta penonton. Brand Toyota juga pernah membuat digital press conference melalui peluncuran Agya baru yang ditonton oleh lebih dari 14 ribu penonton di YouTube.

3. Konser Virtual

Tahukah anda, bahwa hampir 10 juta orang menyaksikan konser virtual yang diselenggarakan oleh Marshmello di dalam games Fortnite pada Februari 2019 lalu? Acara ini diprediksi menjadi acara dalam games terbesar yang pernah ada di dunia. Bahkan bila jumlah penonton dari platform lain digabungkan, seperti Twitch dan YouTube, jumlahnya akan menjadi lebih besar lagi.

Berbicara tentang konser, Narasi juga pernah mengadakan konser amal virtual #DiRumahAja saat pandemi melanda. Konsep dari konser ini memanfaatkan layanan streaming dimana acara dipandu langsung oleh Co-Founder Narasi, yaitu Najwa Shihab.

4. Virtual Tour

Ide keempat yang bisa diwujudkan melalui virtual event adalah virtual tour. Salah satu contohnya pernah dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menggelar acara virtual tour bertajuk Ngabuburit Wisata Kopi.

Selain itu, tempat rekreasi seperti Taman Impian Jaya Ancol dan Museum Indonesia juga sempat membuka kesempatan virtual tour. Bahkan Museum Indonesia membuka kesempatan virtual tour hingga sekarang yang bisa diakses melalui situs resminya.

5. Job Fair Online

Job fair umumnya diselenggarakan di tempat terbuka dan disesaki oleh para pencari kerja. Walau pandemi mengharuskan pembatasan interaksi, sebenarnya job fair tetap bisa diselenggarakan secara daring. Acara ini dibuat dengan tujuan memberi informasi kepada masyarakat yang memerlukan pekerjaan. Sesi dilakukan secara daring, diikuti oleh berbagai perusahaan yang mencari talenta terbaiknya. Bahkan sesi wawancara juga bisa secara online berkat event menarik ini.

Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual, Anda dapat menggunakan salah satu plaform pameran virtual yang terkenal di Indonesia yaitu Simhive.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan platform pameran virtual SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang

Related posts
Pameran Virtual

Bagaimana Cara Memilih Sponsor Yang Tepat Untuk Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Apa Saja Manfaat Pameran Virtual Bagi Pengunjung?

Pameran Virtual

Tips Bagi Pengunjung Saat Menghadiri Acara Pameran Virtual Untuk Pertama Kali

Pameran Virtual

Bagaimana Prediksi Dan Masa Depan Pameran Virtual Di Tahun Depan Maupun Tahun-Tahun Berikutnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami