Pameran Virtual

Bagaimana Langkah-Langkah Untuk Memasarkan Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran virtual tidak hanya membantu penyelenggara acara dalam memperluas target pengunjung dan mempromosikan brand mereka, tetapi juga dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan dan melacak data penting terkait informasi pengunjung. Namun, terlepas dari hal-hal ini, masih banyak penyelenggara acara pameran virtual yang tidak tahu tentang mengadakan pameran virtual atau mempromosikan pameran virtual Anda sehingga tepat sasaran. Berikut merupakan beberapa langkah untuk memasarkan pameran virtual.

1. Pahami Siapa Target Pengunjung Anda

Acara pameran virtual apa yang Anda buat? Sebelum menentukan cara promosi acara pameran virtual, Anda harus kenal baik dengan karakteristik dari target pengunjung acara pameran virtual Anda. Target pengunjung berhubungan dengan tema acara pameran virtual yang dibuat. Contohnya, jika ingin membuat sebuah acara workshop tentang karir profesional, Anda bisa juga menyebarkan informasi workshop melalui LinkedIn. Berbeda dengan konser musik indie, Anda bisa menyebarkannya ke komunitas fans pemusik tersebut.

2. Maksimalkan Promosi Media Sosial

Setidaknya hampir setengah dari seluruh orang di dunia ini sudah memiliki sosial media. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua sekalipun ramai mempunyai akun sosial media mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga Tiktok. Maka dari itu, peluang untuk melakukan promosi melalui sosial media ini tentunya sangat besar, baik untuk target kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun orang tua sekalipun. Dalam mempromosikan acara pameran virtual Anda ke media sosial, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada platform media sosial yang Anda gunakan.

a. Live Video

Jika Anda membutuhkan durasi yang cukup panjang dalam melakukan promosi, tentunya kamu bisa menggunakan fitur live untuk mempromosikan acara pameran virtual Anda. Anda dapat melakukan live selama maksimal 60 menit untuk melakukan serangkaian promosi. Jika dilihat dari durasi tersebut, maka tantangan terbesarnya ialah bagaimana cara mengemas promosi itu menjadi menarik meski durasinya panjang. Mungkin Anda dapat menyiapkan hadiah untuk penonton yang hadir dari awal hingga akhir dengan memberikan pertanyaan yang jawabannya ada di dalam live tersebut, sehingga banyak penonton yang tertarik untuk melihat acara promosi hingga akhir. Bisa juga Anda melakukan sesi talkshow yang mengundang banyak perhatian masyarakat secara luas.

b. Influencer Takeover

Cara promosi lain yang bisa Anda gunakan adalah influencer takeover. Influencer takeover dapat menjadi penyegaran content promosi untuk akun Instagram acara pameran virtual Anda. Influencer yang sudah dipilih bisa memperlihatkan kegiatannya sehari-hari, persiapan acara, dan lain-lain. Takeover ini bisa dilakukan dalam bentuk Instagram Story agar praktis dilakukan dan mudah ditonton oleh audiens.

3. Membuat FOMO

FOMO atau Fear of Missing Out adalah suatu istilah di dalam dunia psikologi yang digunakan saat seseorang memiliki rasa gelisah ketika tertinggal suatu tren ataupun hal lain yang menyenangkan. Pameran virtual ternyata mampu menimbulkan efek FOMO. Apalagi jika pameran virtual diberikan waktu dan juga batas kuota peserta. Live streaming yang dilakukan di dalam sebuah pameran virtual juga cukup memberikan efek FOMO.

Cara lainnya membuat FOMO adalah membuat sebuah challange berhadiah di sosial media bagi pengunjung acara pameran virtual Anda. Pada platform acara pameran virtual Simhive, Anda dapat memanfaatkan fitur Photo Selfie untuk challange tersebut. Hasil foto tersebut dapat dibagikan ke media sosial masing-masing pengunjung dengan beberapa hashtags acara pameran virtual Anda. Semakin banyak pengunjung acara pameran virtual Anda yang ikut dalam challange ini akan membuat FOMO bagi pengunjung acara pameran virtual lainnya maupun pengikut media sosialnya. Sehingga semakin banyak orang yang ingin mengetahui acara pameran virtual Anda. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mempromosikan acara pameran virtual Anda.

4. Minta Pembicara Ataupun Exhibitor Acara Pameran Virtual Anda Untuk Ikut Mempromosikan Acara

Selain meminta mitra sponsor dan influencer untuk memasarkan acara pameran virtual Anda, Anda juga harus meminta pembicara acara untuk mempromosikan acara pameran virtual Anda. Minta mereka untuk berbicara tentang diri mereka sendiri di platform media sosial mereka.

Minta mereka untuk terlibat dengan pengikut mereka dan beri tahu pembicara acara pameran virtual bahwa mereka akan tampil di acara Anda pada tanggal dan waktu tertentu. Untuk memastikan pembicara tamu Anda secara pasif memasarkan acara Anda, berikan mereka materi promosi yang harus dipromosikan di media sosial mereka.

Merencanakan acara pameran virtual yang sukses dan mempromosikannya membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan konsistensi tetapi hasilnya akan sepadan. Selama Anda menghasilkan ide promosi yang unik dengan calon pengunjung Anda, Anda akan dapat memberi manfaat bagi perusahaan Anda. Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual, Anda dapat menggunakan salah satu plaform pameran virtual yang terkenal di Indonesia yaitu Simhive.

Tentang SimHive

SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan platform pameran virtual SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang

Related posts
Pameran Virtual

Bagaimana Webinar Dapat Melengkapi Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Tips Membuat Acara Pameran Virtual Anda Lebih Menonjol Daripada Acara Lainnya

Pameran Virtual

Data Apa Saja Yang Dapat Digunakan Untuk Menghitung Kesuksesan Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Beberapa Ide Untuk Mengadakan Acara Pameran Virtual Yang Unik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami