Event

Rayakan Dies Natalis Ke-35, Fasilkom UI Gelar Pameran Virtual UI Fasilkom Expo 2021

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menggelar acara pameran virtual yaitu UI Fasilkom Expo 2021 dalam rangka merayakan Dies Natalisnya yang ke-35. Acara pameran virtual ini diselenggerakan selama satu minggu yaitu mulai dari tanggal 22 Oktober 2021 sampai 28 Oktober 2021. Acara ini diadakan menggunakan platform pameran virtual Simhive. Pengunjung dapat mengunjungi acara pameran virtual ini melalui laman website https://exhibition.cs.ui.ac.id. Dalam acara pameran virtual ini menampilkan seluruh produk laboratorium riset, aktivitas mahasiswa Fasilkom UI, dan Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI.

Selain acara pameran virtual, terdapat rangkaian acara lainnya dalam perayaan dies natalis Fasilkom UI ke-35 ini, diantaranya seminar tentang industri teknologi saat ini pada tanggal 20 Oktober 2021, ICACSIS (International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems) yaitu forum internasional yang mempertemukan orang yang terlibat aktif di bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi pada tanggal 23 Oktober 2021 sampai 25 Oktober 2021, IWBIS (International Workshop on Big Data and Information Security) yaitu forum internasional yang mempertemukan orang yang terlibat aktif di bidang Big Data dan Keamanan Informasi pada tanggal 23 Oktober 2021 sampai 25 Oktober 2021 dan Puncak acaranya menampilkan film musikal Sangkuriang.

Pengunjung acara yang sudah membuka laman website acara pameran virtual, akan diminta untuk mendaftarkan diri dan melakukan login. Setelah itu, pengunjung akan diarahkan menuju lobby pameran virtual. Di dalam lobby pameran virtual, pengunjung dapat memilih akan masuk ke auditorium pameran virtual untuk mengikuti rangkaian acara atau berjalan-jalan di hall pameran virtual.

Di dalam auditorium pameran virtual, pengunjung dapat duduk manis menikmati rangkaian acara dari UI Fasilkom Expo 2021 ini. Puncak acara penampilan film musikal Sangkuriang juga diadakan di ruang auditorium pameran virtual ini. Acara film musikal Sangkuriang bertajuk KARSA BERSATU “Kreasi Artistik Sinema Musikal Berbantuan SIBI bagi Tunarungu” yang penayangannya memadukan penggunaan teknologi yang dapat merangkul tunarungu. Teknologi ini merupakan buah karya riset dari tim dosen Fasilkom UI, Dr. Ir. Erdefi Rakun, M.Sc. Teknologi yang digunakan adalah sebuah aplikasi bernama KIBI, penerjemah teks bahasa Indonesia menjadi gerakan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia), yang mampu menterjemahkan dialog dan lirik lagu-lagu yang dibawakan oleh para aktor/penyanyi ke dalam sebuah animasi tiga dimensi. 

Selanjutnya di dalam hall pameran virtual, pengunjung dapat berjalan-jalan menikmati ruang 3D virtual serta mengunjungi booth-booth pameran virtual. Terdapat 13 booth yang terdiri dari laboratorium riset, aktifitas mahasiswa Fasilkom UI dan Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI. Terdapat juga satu booth dari Tokopedia UI AI Center yang menjadi pendukung dari acara pameran virtual ini. Pengunjung dapat melihat kontak serta informasi produk melalui melalui banner, poster, maupun video promo yang disediakan tiap booth pameran virtual. Pengunjung juga dapat melakukan konsultasi studi via live chat dan mengajukan meeting schedule dengan masing-masing exhibitor booth pameran virtual selama acara berlangsung.

Dalam keadaan pandemi yang belum mereda saat ini, UI Fasilkom Expo 2021 menjadi salah satu inovasi dalam mengadakan sebuah pameran. Dengan pameran virtual, pengunjung tidak perlu khawatir akan tertular virus akibat berkerumun. Dengan pameran virtual juga, pengunjung dan exhibitor pameran tidak perlu berpanas-panasan berjalan menuju tempat pameran diadakan. Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual yang menarik seperti UI Fasilkom Expo 2021, Anda dapat menggunakan platform pameran virtual Simhive!

Referensi berita artikel lainnya: cs.ui.ac.id, Karsa Bersatu demi Indonesia Maju di Dies Natalis ke-35 Fasilkom UI

Coba Simhive Sekarang!

SimHive menghadirkan pengalaman pameran virtual terbaik! SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang. Dan dapatkan pengalaman pameran virtual terbaik dari Simhive!

Related posts
Event

Dalam Rangka Menyambut Acara HUT Ke-50, Petrokimia Gresik Mengadakan Pameran Mangga Hybrid Expo 2022 Secara Hybrid

Event

Bidang Mahasiswa, Kaderisasi, dan Alumni (BMKA) Salman ITB Menggelar Pameran Virtual (Invention Tradition) 2022

Event

PensFest Midyear 2022, Ajang Pengembangan Produk-Produk Software Mahasiswa Departemen Teknik Informatika dan Komputer PENS

Event

PPI Tiongkok Berkolaborasi Dengan Permit Ningbo Mengadakan Virtual Career Expo, ViCE 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Logo Hubungi Kami