Pameran Virtual

Apa Saja Jenis Bursa Karier Virtual?

Dikarenakan pandemi COVID-19 ini yang sudah lama melanda, bursa karier yang sebelumnya diadakan secara offline akhirnya harus diadakan secara online. Tujuan dari bursa karier virtual sebenarnya sama dengan bursa karier offline biasanya yaitu menghubungkan pencari kerja dan pemberi kerja, mempromosikan peluang kerja dan mendukung rekrutmen. Namun, bursa karier virtual ini dapat diselenggarakan dalam beberapa cara berbeda.

Single Employer atau Multi-Employer

Sebelum kita mulai tentang beberapa jenis bursa karier virtual yang ada, penting untuk menentukan apakah kita berniat menyelenggarakan bursa karier virtual sebagai single employer atau ingin menggunakan jenis multi-employer. Perbedaannya adalah jumlah perusahaan yang ikut serta dan strategi bursa karier virtual yang mendukung tujuan perekrutan perusahaan. Sebagai single employer, perusahaan mengadakan acara online independen dengan stan yang mewakili berbagai departemen, divisi, lokasi, jenis pekerjaan, dll., semuanya secara eksklusif untuk satu perusahaan mereka saja.

Sementara itu, multi-employer memfasilitasi partisipasi dari beberapa perusahaan, misalnya, bursa karier virtual “start-up” di mana berbagai perusahaan start-up disatukan untuk melakukan perekrutan. Setiap perusahaan pemberi kerja yang ikut serta, akan memamerkan brand unik mereka melalui stan yang disediakan, sehingga dipastikan bahwa terdapat identitas berbeda pada setiap perusahaan sebagai keunggulan kompetitif. Setelah kita mengetahui pendekatan jenis bursa karier virtual mana yang tepat untuk kita, berikut merupakan beberapa jenis bursa karier virtual untuk mencapai kesuksesan dalam rekrutmen kerja.

1. Bursa Karier Virtual

Bursa karier virtual ini merupakan inovasi yang modern, hemat biaya namun berdampak pada penyelenggaraan acara, bursa karier virtual tidak hanya inovasi masa depan, tetapi juga favorit saat ini di antara penyelenggara. Menyediakan akses ke audiens global, jejak digital yang kuat dan fungsionalitas yang menarik seperti webinar dan video, platform hosting acara online menarik dan mempertahankan minat pencari kerja. Penyelenggara acara juga mendapatkan keuntungan dengan penyiapan acara yang relatif singkat yaitu dalam waktu 3-4 minggu dibandingkan secara offline dimana membutuhkan perencanaan berbulan-bulan.

Biasanya bursa karier virtual juga memiliki fitur inovatif seperti lobi virtual yang mudah dinavigasi dan auditorium webinar, pengusaha yang berpartisipasi disediakan stan yang dirancang khusus di aula peserta pameran yang diperkaya dengan konten yang bermanfaat termasuk lowongan, tinjauan umum perusahaan, video dan brosur yang dapat diunduh. Hal ini menjadikan semua informasi tanpa menggunakan kertas dan efisien, pengunjung dapat memfokuskan obrolan secara personal dengan perwakilan stan dan bahkan wawancara di tempat melalui kemampuan audio/obrolan/video.

Bursa karier virtual juga menghilangkan kebutuhan perjalanan sehingga hemat waktu dan biaya. Pencari kerja dapat menjelajahi prospek pekerjaan dalam dunia digital yang aman dan dapat mengirimkan resume secara online.

2. Bursa Karier Hybrid

Tidak semua bursa karier dapat berhasil dilaksanakan dengan hanya menggunakan strategi offline atau virtual, kadang-kadang pendekatan hybrid harus diadopsi untuk menyatukan hal yang terbaik dari kedua strategi tersebut. Menggabungkan atribut bursa karier online dan offline akan membuat acara yang berlangsung akan menjadi baik dalam suasana fisik maupun digital. Misalnya, penyelenggara acara dapat mempertemukan pemberi kerja dan pencari kerja lokal dalam suasana fisik dengan stan untuk komunikasi tatap muka yang lebih terfokus, tetapi juga menyediakan stan online bagi perusahaan untuk kandidat jarak jauh untuk melihat lowongan dan melamar pekerjaan secara online. Berdasarkan penelitian yang menunjukkan hybrid event meningkatkan kehadiran dan produktivitas acara masing-masing sebesar 20% dan 27%, hal ini sangat baik dalam menargetkan kandidat aktif dan pasif, meningkatkan kualitas perekrutan dan memungkinkan pelacakan berbasis data. Dengan pendaftaran melalui online maka pelacakannya seperti login, obrolan, unduhan, dll, akan memudahkan penyelenggara acara untuk menganalisis tingkat keterlibatan dan melakukan analisis pasca acara. Bahkan setelah acara offline berakhir, acara virtual dapat terus ditayangkan selama berminggu-minggu dengan webinar dan konten tersedia sesuai permintaan untuk memperluas kehadiran secara online. Dengan cara ini, pemberi kerja dapat terus menerima resume kandidat bahkan ketika bursa karier offline telah usai.

3. Bursa Karier Virtual Evergreen

Untuk perusahaan yang tertarik dengan bursa karier virtual yang sangat lama, menyelenggarakan acara evergreen adalah solusi yang sempurna. Jadi, apa yang dimaksud dengan bursa karier virtual “evergreen”? Sederhananya, acara online tetap tersedia untuk jangka waktu yang lama (bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun) untuk selalu menjaga momentum rekrutmen. Aspek offline terbatas pada sedikit waktu, misalnya obrolan langsung dan webinar hanya dijadwalkan untuk tanggal tertentu sementara konten, media, papan pekerjaan, dll. lainnya tersedia untuk jangka waktu yang lebih lama (misalnya webinar sesuai permintaan, konten yang dapat diunduh, dll.). Dengan terus menarik talenta calon karyawan, akan menjadikan branding yang konstan untuk perusahaan pemberi kerja.

Kesimpulan

Berlawanan dengan kepercayaan umum, bursa karier virtual bukanlah solusi untuk semua. Penyelenggara harus mengambil langkah untuk menilai kebutuhan mereka sebelum memutuskan untuk menggunakan versi virtual, hybrid atau bahkan evergreen. Memanfaatkan kekuatan teknologi untuk meningkatkan keterlibatan audiens dan efisiensi perekrutan adalah hal besar yang perlu dipertimbangkan, tetapi strategi karier virtual kita harus disesuaikan untuk mendukung keberhasilan perekrutan satu atau banyak perusahaan berdasarkan preferensi penyelenggara acara.

Ingin mengadakan bursa karier virtual atau pameran virtual yang berkesan? SimHive hadir sebagai platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Bagaimana Webinar Dapat Melengkapi Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Tips Membuat Acara Pameran Virtual Anda Lebih Menonjol Daripada Acara Lainnya

Pameran Virtual

Data Apa Saja Yang Dapat Digunakan Untuk Menghitung Kesuksesan Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Beberapa Ide Untuk Mengadakan Acara Pameran Virtual Yang Unik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami