Pameran Virtual

Mengapa Kita Perlu Mengadakan Diskusi Panel Virtual?

Ketika datang ke acara offline, kita mungkin terbiasa dengan berbagai macam acara dengan pembicara, dengan pidato utama, presentasi informatif dan diskusi panel. Ini membantu menginformasikan audiens dan menarik banyak orang. Diskusi panel yang menarik adalah cara yang tepat untuk melibatkan audiens kita.

Kita akan senang jika mengetahui bahwa platform virtual juga memungkinkan kita dapat mengatur diskusi ini dan memungkinkan kita menyiarkannya ke audiens offline. Kita bahkan dapat merekam diskusi panel ini untuk nanti, sehingga orang dapat mengaksesnya kapan pun mereka mau. Diskusi panel yang sukses dapat menciptakan sensasi di dalam pameran virtual kita, jadi pastikan bahwa kita mendapatkan pembicara dan topik yang tepat untuk tujuan tersebut.

Apa Itu Diskusi Panel?

Diskusi panel mengacu pada situasi di mana sekelompok orang duduk bersama di depan audiens dan mendiskusikan topik tertentu. Ini biasanya berlangsung di konferensi akademik, olahraga, bisnis atau jenis lain di mana audiens bergabung karena minat yang sama. Pembicara biasanya adalah seorang panelis yang sudah berpengalaman dibidangnya dan seringkali memiliki perbedaan pendapat tentang topik yang dipilih. Hal ini mengarahkan pada diskusi aktif yang mendidik dan menarik audiens, memberi mereka sudut pandang baru dan memberi mereka kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dari narasumber favorit mereka.

Diskusi ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pemahaman tentang suatu topik dan mendengarkan berbagai perspektif. Meskipun awalnya hanya dilakukan secara offline, dengan semua tamu berada di satu tempat, diskusi panel virtual kini semakin populer. Diskusi panel virtual memudahkan untuk mengumpulkan tamu dari berbagai tempat tanpa harus khawatir tentang penyediaan tempat dan penjadwalan berbulan-bulan sebelumnya seperti pada diskusi panel offline. Selain itu, juga memungkinkan kita melayani audiens yang lebih luas, dengan lebih banyak minat yang dihasilkan secara online.

Apa Saja Jenis-Jenis Diskusi Panel?

Ada banyak jenis diskusi panel. Tiga di antaranya adalah diskusi panel publik, pendidikan dan rekreasi.

Diskusi Panel Publik

Diskusi panel ini umumnya diadakan untuk berbagi dan mendiskusikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat umum. Jika kita berurusan dengan masalah sosial, kemanusiaan, atau ekonomi dan ingin meningkatkan kesadaran, ini adalah jenis diskusi panel yang tepat untuk dipilih. Mereka memberi tahu audiens tentang masalah tertentu, membagikan detail yang relevan dan mengundang pertanyaan dan kekhawatiran untuk dipertimbangkan. Banyak kantor publik mengadakan panel ini ketika mereka berencana untuk memperkenalkan kebijakan besar dan untuk mendapatkan gambaran tentang tanggapan masyarakat. Kemudian, mereka dapat mengarahkan kembali ide-ide mereka sesuai kebutuhan.

Diskusi Panel Pendidikan

Diskusi panel ini adalah jenis yang paling umum. Diskusi panel ini membahas tentang detail dan nuansa topik tertentu, seperti bidang akademik yang sangat terspesialisasi. Mereka juga bermaksud mendidik penonton tentang suatu hal, dengan fakta, pengetahuan dan berbagai sudut pandang yang melingkupinya. Hal ini juga termasuk diskusi tentang teori ilmiah, metode pendidikan dan strategi pembelajaran. Diskusi panel ini biasanya diadakan di konferensi akademik, di mana penonton siap untuk membahas secara mendalam tentang berbagai topik informatif.

Diskusi Panel Rekreasi

Terkadang, tujuan dari diskusi panel hanya untuk memperkenalkan film atau buku komik baru dan membuat beberapa penonton hype di sekitarnya. Ini biasanya diadakan di acara-acara seperti konferensi buku komik dan pengumuman film. Meskipun diskusi ini mungkin tidak mendidik seperti dua jenis diskusi panel di atas, diskusi ini tetap memberikan dan mendiskusikan informasi yang berharga kepada khalayak luas. Faktanya, jenis diskusi panel ini sering cenderung mendapatkan tingkat kehadiran tertinggi karena hype seputar hiburan besar.

Siapa yang Harus Diundang Dalam Diskusi Panel?

Pilihan tamu yang diundang dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa sukses panel virtual nantinya. Pada umumnya kita perlu memastikan bahwa kita mengundang pakar industri terkemuka dari semua sisi masalah. Tidak peduli lebih ke arah mana acuan standar kita, karena kita ingin menghasilkan diskusi yang menarik dan aktif di panel acara kita. Hal ini akan membantu kita melayani audiens yang lebih luas, dimana audiens tersebut yang berada di kedua sisi debat dan menyukai kesempatan untuk menanggapi sisi lawan mereka.

Selain itu, kita tidak dapat meneruskan diskusi panel secara aktif jika kita tidak memiliki moderator yang baik. Moderator ini akan mendorong debat dan membawa percakapan dengan mengajukan pertanyaan dan mendengarkan pendapat dari kedua belah pihak. Jika moderator sudah melakukan penelitian dengan cukup baik, maka akan dapat membuat pembicara masuk ke detail menarik dari suatu topik. Oleh karena itu, kita perlu menyewa seorang moderator yang tepat dan yang pandai membawa diskusi kedepannya. Moderator juga harus tahu kapan harus mengakhiri diskusi dan mengajukan pertanyaan kepada hadirin. Hal ini membutuhkan keterampilan yang tepat untuk memandu diskusi dan membantu membawanya ke kesimpulan.

Pentingnya Diskusi Panel Pada Pameran Virtual

Sangat penting bagi kita untuk menyertakan setidaknya beberapa diskusi panel dalam pameran virtual atau pameran hybrid kita. Jika kita hanya memiliki aula peserta pameran dan beberapa pembicara, maka kita tidak akan dapat menciptakan banyak sensasi di dalam acara kita. Sehingga orang-orang cenderung berbondong-bondong pindah ke tempat-tempat di mana terdapat serangkaian debat argumen yang menarik. Jika kita hanya memiliki pembicara yang menyampaikan pidato solo, maka hal itu tidak akan mendapatkan daya tarik yang sama.

Pada dasarnya, kita perlu menawarkan beberapa hal yang menarik kepada audiens kita. Mereka perlu tahu bahwa mereka bisa mendapatkan pengalaman di sini yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain. Beri mereka kesempatan untuk melihat pakar industri yang mereka sukai atau lawan dalam diskusi dan juga tawarkan mereka kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Semua ini akan membantu menghadirkan audiens yang lebih luas dan lebih tertarik ke pameran virtual kita. Kita akan mendapatkan tingkat keterlibatan audiens yang meningkat dan bahkan dapat menghasilkan sensasi di berbagai saluran media sosial.

Ingin mengadakan pameran virtual yang berkesan? SimHive hadir sebagai platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Apa Yang Perlu Dilakukan Selama Acara Pameran Virtual Berlangsung?

Pameran Virtual

Bagaimana Langkah-Langkah Untuk Memasarkan Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Bagaimana Cara Terbaik Untuk Membuat Rencana Anggaran Acara Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Beberapa Ide Acara Hiburan Di Auditorium Pameran Virtual Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami