Pameran Virtual

Beberapa Ide Pameran Virtual Yang Menarik Untuk Anak-Anak

Akhir-akhir ini, anak-anak lebih sering berada di rumah karena situasi pandemi COVID-19 ini. Banyak sekolah yang tidak melakukan kegiatan tatap muka di sekolah sesuai anjuran pemerintah. Bahkan ketika liburan idul fitri dan nataru banyak orang tua yang tidak mengajak anaknya keluar rumah. Banyak orang tua mencari cara untuk membuat anak-anak supaya tidak bosan walaupun hanya berada di rumah saja. Salah satunya dengan mengikuti pameran virtual. Berikut merupakan ide yang menarik untuk pameran virtual yang bisa menjadi referensi untuk para event organizer.

1. Craft Workshops

Mintalah beberapa ahli seni dan kerajinan di pameran kita untuk sebuah virtual craft workshop. Pastikan kita juga berkomunikasi dengan orang tua terlebih dahulu sehingga mereka tahu bahan apa yang akan dibutuhkan sebelumnya. Cobalah untuk membuat orang tua menggunakan barang-barang rumah tangga biasa, sehingga workshop ini dapat diakses dan terjangkau oleh semua pengunjung kita.

2. Program Kesadaran

Anak-anak dari segala usia perlu disadarkan akan konsep-konsep seperti ruang privasi, bahaya orang asing, dan keselamatan di jalan. Kita dapat mengadakan pameran virtual yang mendidik anak-anak tentang masalah ini melalui serangkaian kegiatan, webinar, dan sesi tanya jawab. Audiens yang ideal untuk acara semacam ini adalah institusi pendidikan, jadi kita bisa hubungi otoritas terkait.

3. Pelatihan Pengembangan Keterampilan Virtual

Pengembangan keterampilan adalah bagian penting dari pembelajaran. Pakar dari masing-masing kejuruan dapat menawarkan demonstrasi langsung melalui webinar dan panel diskusi. Kemudian, anak-anak dapat langsung mempraktekkannya atau hanya sekedar memperoleh pengalaman pembelajaran. Misalnya ada demo pengrajin tembikar sehingga anak-anak tahu tentang kerajinan keramik dan keterampilan semacam itu.

4. Wisata Alam Online

Ada banyak peluang untuk menjelajahi alam dan satwa liar di platform online. Kita dapat melakukan tur alam virtual, di mana kita menawarkan pengunjung dan memandu pengunjung melalui berbagai rute. Pastikan kita menyewa ahli yang tepat untuk tur ini, karena mereka dapat mengidentifikasi flora dan fauna di sepanjang jalan dan membuat anak-anak tetap terlibat dan terhibur. Ini juga dapat mencakup tur virtual ke kebun binatang, karena aktivitas kelompok di ruang publik mungkin terbatas karena pandemi ini.

5. Eksperimen Sains Virtual

Jika kita menginginkan suasana yang lebih mendidik dalam pameran virtual kita, cobalah bekerja sama dengan beberapa saintis yang menyenangkan untuk anak-anak. Mintalah mereka melakukan eksperimen sains langsung atau dari rekaman yang akan diminati anak-anak. Ini akan menjadi bonus tambahan jika eksperimen tersebut dapat dengan mudah dan aman direplikasi di rumah. Gabungkan sesi semacam itu ke dalam acara yang lebih besar, atau adakan pameran virtual yang lebih kecil

6. Tur Museum Online

Tur museum virtual adalah cara yang bagus untuk mendidik anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Koordinasikan tur ini dengan berbagai museum dan pastikan kita memiliki tour guide yang dapat memandu pengunjung kita melalui museum dengan fakta dan informasi yang tepat. Meskipun banyak museum memiliki opsi tur online sendiri, kita juga dapat berkoordinasi dengan museum di daerah kita, terutama jika ada museum yang lebih kecil dan kekurangan dana.

7. Bermain Bersama Virtual

Bersosialisasi merupakan aspek penting dalam kehidupan anak. Pandemi COVID-19 merugikan anak-anak yang membutuhkan interaksi teman sebayanya sehingga kemampuan bersosialisasi anak menjadi semakin menurun.

Kita dapat merencanakan acara bermain bersama secara virtual, di mana kita mengundang orang tua agar anak-anak mereka bersosialisasi secara virtual di lingkungan yang aman. Pastikan kita memverifikasi detail semua orang saat mengumpulkan pendaftaran sehingga kita dapat memberi anak-anak pengalaman yang aman dan menyenangkan.

8. Acara Membaca Dengan Lantang

Mirip dengan acara bermain bersama secara virtual, anak-anak akan lebih tertarik membaca jika mereka melihat orang lain seusia mereka juga melakukannya. Jadi, kita dapat memanfaatkan kesempatan ini dan menyelenggarakan acara baca-lantang. Pastikan kita memiliki sesi untuk berbagai kelompok usia dan tingkat membaca, sehingga kita menarik lebih banyak peserta.

Selain itu, pilihlah buku-buku yang mudah didapat, sesuai usia dan tidak mengandung bahan yang kontroversial. Dengan cara ini, orang tua akan diyakinkan tentang acara kita dan akan bersedia mendaftarkan anak-anak mereka.

9. Acara Bernyanyi Bersama Secara Online

Kita juga dapat mengadakan acara bernyanyi bersama secara virtual. Ini adalah cara yang baik untuk menghibur anak-anak dan juga membuat mereka bersosialisasi satu sama lain. Kita bahkan tidak perlu menyewa penyanyi atau selebriti papan atas. Kita hanya perlu bekerja sama dengan orang-orang yang pandai bermusik, sehingga semua orang dapat bersenang-senang di acara tersebut.

Sebagian besar ide pameran virtual untuk anak-anak ini cukup mudah dijalankan. Kita hanya perlu memilih platform yang tepat untuk beberapa acara tersebut dan membuat rencana yang tepat. Ingatlah bahwa upaya pemasaran kita perlu diarahkan pada orang tua dan juga anak-anak.

Ingin mengadakan pameran virtual yang berkesan? SimHive hadir sebagai platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
HighlightPameran Virtual

10 Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Menyelenggarakan Pameran Virtual

HighlightPameran Virtual

4 Manfaat Menyelenggarakan Hybrid Event

Pameran Virtual

Apa Saja Elemen Kunci Dari Pertemuan Hybrid?

Pameran Virtual

Apa Saja Yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Mengadakan Webinar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Logo Hubungi Kami