Pameran Virtual

Mengenal Lebih Dekat, Apa Itu Virtual Job Fair?

Mencari pekerjaan di jaman sekarang memang sulit, dikarenakan banyaknya pesaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi di masa pandemi corona atau Covid-19 seperti sekarang ini, tak sedikit perusahaan yang terkena dampaknya. Alhasil performa perusahaan mengalami penurunan dan tidak membuka lowongan pekerjaan. Jika biasanya para pencari kerja akan berbondong-bondong datang ke suatu job fair atau bursa kerja untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan, tetapi hampir dua tahun ini justru job fair tidak diselenggarakan guna menghindari penyebaran virus corona.

Namun, pihak penyelenggara job fair tidak diam begitu saja. Untuk memudahkan para perusahaan dan pencari kerja, kini sudah banyak pihak yang menyelenggarakan job fair secara virtual atau online. Jadi, para pencari kerja tidak perlu mengeluarkan ongkos perjalanan, capek mengantri panjang dan lain-lain, karena bisa mencari dan melamar pekerjaan dari rumah saja.

Bursa kerja virtual atau virtual job fair adalah bursa kerja berbasis online yang memungkinkan perusahaan pemberi kerja dan pelamar kerja untuk bertemu dan mendiskusikan peluang kerja melalui situs web khusus. Bursa kerja virtual merupakan salah satu dari pameran virtual atau yang biasa kita sebut virtual event. Seperti bursa kerja pada biasanya, bursa kerja virtual bersifat langsung, interaktif, dan diadakan pada waktu tertentu. Mulai dari pendaftaran, mencari pekerjaan, melamar, bertemu dengan wakil perusahaan secara virtual.

Meski mencari dan melamar pekerjaan secara virtual, pihak penyelenggara tetap memberikan layanan yang terbaik agar pelamar kerja mengetahui semua informasi tentang banyak perusahaan. Selain itu, di virtual job fair juga ada sesi wawancara antara HRD perusahaan dengan para kandidat yang lolos dalam penyeleksian CV. Saat ini bursa kerja virtual semakin populer dan digunakan, sekarang dimanfaatkan oleh beberapa universitas dan perusahaan.

Mengapa Pelamar Kerja Harus Mengunjungi Virtual Job Fair Saat Pandemi Ini?

Bagi pelamar kerja yang saat ini sedang mencari pekerjaan tidak ada salahnya jika mencoba mengunjungi virtual job fair ini. Berikut beberapa alasan mengapa pelamar kerja sebaiknya menggunakan virtual job fair pada saat pandemi ini.

1. Membantu Mengurangi Penyebaran Virus Covid-19

Pada saat pandemi ini, kesehatan merupakan hal yang utama. Untuk itu, kita harus menjaga jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain. Dengan mengikuti virtual job fair ini, kita tidak perlu berdesakan dengan pelamar kerja lainnya. Dan tentu saja akan membantu pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini.

2. Menghemat Biaya dan Waktu

Jika kita datang ke bursa kerja offline, kita harus menyiapkan waktu dan biaya akomodasi perjalanan dan penginapan di kota tempat bursa kerja diadakan. Namun dengan adanya bursa kerja virtual ini, setidaknya kita dapat menghemat waktu dan biaya tersebut. Kita hanya perlu menyiapkan biaya untuk kuota internet demi kelancaran pada saat mengunjungi sebuah bursa kerja virtual. 

3. Mengurangi Rasa Grogi

Biasanya rasa grogi akan muncul ketika pelamar kerja sudah masuk ke tahap wawancara. Apabila rasa grogi muncul secara terus menerus dan tidak dapat dikontrol lagi, maka dapat mengganggu konsentrasi pada saat melakukan wawancara kerja. Dengan virtual job fair, pelamar kerja tidak perlu bertatap muka langsung dengan pewawancara sehingga dapat mengurangi rasa grogi yang timbul.

Ingin mengadakan pameran virtual yang berkesan? SimHive hadir sebagai platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Data Apa Saja Yang Dapat Digunakan Untuk Menghitung Kesuksesan Pameran Virtual Anda?

Pameran Virtual

Beberapa Ide Untuk Mengadakan Acara Pameran Virtual Yang Unik

Pameran Virtual

Beberapa Strategi Pemasaran Untuk Menyelenggarakan Pameran Virtual Yang Sukses

Pameran Virtual

Beberapa Kesalahan Umum Yang Harus Dihindari Dalam Menyelenggarakan Pameran Virtual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami