Mengenal Apa Itu Virtual University Fair?

Di masa pandemi saat ini, banyak calon mahasiswa yang masih kebingungan untuk memilih universitas dan jurusan mana yang cocok untuk mereka. Sebelum pandemi melanda, biasanya calon mahasiswa datang ke sebuah pameran universitas yang diadakan di beberapa daerah. Namun dikarenakan keaadaan pandemi sekarang, tidak memungkinkan untuk datang ke sebuah pameran universitas secara offline. Terlebih lagi para event organizer juga tidak mungkin mengadakan acara secara offline. Sehingga akhirnya acara beralih diadakan secara virtual.

Pameran universitas virtual atau yang biasa disebut virtual university fair pada dasarnya adalah sebuah acara online di mana calon mahasiswa dapat berinteraksi dengan berbagai universitas untuk melihat apa saja yang cocok bagi para calon mahasiswa. Selain itu, pameran universitas virtual dapat membantu universitas menarik dan menginformasikan kepada calon mahasiswa dari seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan acara offline, acara virtual ini membutuhkan biaya yang lebih murah. Sementara itu, pameran universitas offline membutuhkan tempat yang besar, dengan perencanaan berbulan-bulan sebelumnya, namun pameran virtual jauh lebih mudah dilakukan. Platform virtual seperti SimHive dapat melayani tujuan universitas ini dengan jauh lebih efektif. Jadi, SimHive merupakan salah satu platform yang tepat bagi universitas untuk memasarkan programnya, menarik lebih banyak penerimaan, dan memberi informasi kepada calon mahasiswa.

Sebagai event organizer yang mengadakan sebuah pameran universitas virtual, maka harus bertanggung jawab dengan banyak universitas yang terlibat. Oleh karena itu, event organizer perlu merencanakan apa yang harus dilakukan secara terorganisir dan cermat.

Apa Saja Yang Ada Dalam Pameran Universitas Virtual?

Biasanya di dalam sebuah pameran universitas virtual akan terdapat sebuah lobi tempat orang memasuki acara tersebut, ruang pameran dengan stan yang mewakili universitas atau departemen yang berbeda, dan auditorium untuk bagian sesi info, diskusi, panel, dan pidato dari perwakilan masing-masing universitas atau departemen. Ini semua mungkin terdengar simple, tetapi tetap saja membutuhkan banyak perencanaan dan biaya yang cukup.

Saat universitas menjadikan acara ini virtual, segala hal tersebut menjadi lebih sederhana, tetapi universitas tetap masih perlu berusaha keras. Ada pembicara tamu yang diundang, booth yang harus disiapkan, dan agenda acara yang harus dibuat. Juga akan ada sejumlah fitur dan aktivitas interaktif untuk membuat peserta tetap terlibat.

Selebihnya, hal ini juga memberi universitas kesempatan untuk mengumpulkan data tentang calon mahasiswa dan melihat apa yang dapat dikumpulkan untuk strategi masa depan. Pameran universitas juga harus mencakup kesempatan bagi calon mahasiswa untuk terhubung dengan masing-masing perwakilan dari universitas untuk mengetahui rincian departemen apa saja yang terdapat pada masing-masing unierversitas. Namun, yang terpenting, pameran universitas bertujuan untuk memperjelas dan mempermudah proses penerimaan mahasiswa dan membantu mahasiswa mencapai keputusan akhir tentang perguruan tinggi pilihan mereka. Selain itu, juga harus memudahkan universitas untuk menginformasikan dan terlibat dengan calon mahasiswa.

Alasan Mengapa Perlu Mengadakan Pameran Universitas Secara Virtual

Acara offline memang memiliki daya tarik dan pesonanya sendiri, tetapi acara virtual dan hybrid membuka seluruh dunia kemungkinan dan peluang lain untuk perguruan tinggi dan siswa. Oleh karena itu, kita juga harus berpikir untuk beralih ke model virtual atau hyibrid untuk pameran perguruan tinggi untuk selanjutnya. Berikut merupakan alasan mengapa perlu mengadakan sebuah pameran universitas secara virtual.

Keterbatasan Jarak

Banyak calon mahasiswa dan tamu lainnya yang memiliki keterbatasan jarak dengan tempat acara diadakan. Mereka juga akan membutuhkan banyak waktu dan biaya untuk menghadiri acara pameran universitas tersebut. Itu artinya bahwa bahwa banyak orang yang seharusnya hadir ke acara tersebut terpaksa akhirnya tidak hadir.

Dengan acara virtual, penyelenggara acara tidak perlu khawatir dengan permasalahan ini. Penyelenggara acara bahkan dapat mengundang calon mahasiswa dan tamu dari seluruh dunia dan dapat meningkatkan partisipan.

Adanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat)

Pandemi COVID-19 membawa serangkaian tantangan baru. Termasuk juga adanya PPKM yang berlaku di Indonesia. Tamu pembicara mungkin tidak dapat ke tempat offline dikarenakan adanya PPKM ini dan mungkin hanya sejumlah kecil calon mahasiswa yang dapat hadir.

Acara virtual atau hybrid adalah cara yang tepat untuk menghindari permasalahan ini. Ini memungkinkan penyelenggara acara mendapatkan pengunjung dan pembicara sebanyak yang diinginkan tanpa melanggar larangan bepergian atau berkumpul ini.

Potensi Calon Mahasiswa dari Berbagai Daerah

Semua aspek lain dari pameran universitas virtual juga cukup penting, namun inti dari pameran universitas adalah menarik prospek penerimaan yang lebih banyak atau lebih baik. Namun, jika penyelenggara acara tetap berpegang pada acara konvensional yang terbatas, mungkin tidak akan dapat menjangkau siapa pun di luar audiens seperti biasanya.

Namun, jika penyelenggara acara menjadikan pameran perguruan tinggi secara virtual, maka dapat membuka kesempatan bagi orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan di seluruh dunia dan mendapatkan calon mahasiswa yang jauh lebih luas untuk dipertimbangkan oleh universitas. Ini juga dapat membantu dalam berbagai cara dan memungkinkan universitas meningkatkan kualitas penerimaan mahasiswanya.

Berinteraksi Dengan Calon Mahasiswa


Pameran universitas virtual adalah kesempatan yang sangat baik bagi institusi untuk terhubung dengan calon mahasiswanya. Peserta pameran dapat memberi calon mahasiswa berbagai jaminan yang akan membantu mereka memahami spesifikasi departemen dan berbagai aturan yang ada di dalam universitas terseut.

Acara ini juga dapat berfungsi sebagai semacam orientasi bagi para calon mahasiswa ini, jadi universitas juga harus mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai universitas secara mendetail sehingga calon mahasiswa bisa mendapatkan semua detail yang mereka inginkan dan merasakan apa yang diharapkan jika mereka memasuki universitas tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *