Apa Saja Yang Termasuk Jenis Virtual Event?

Adanya PPKM akhir-akhir ini mempunyai pengaruh yang sangat besar pada event yang sudah direncanakan oleh event organizer sebelumnya. Guna menghindari adanya kerumunan, maka para event organizer kerap kali mengadakan event tersebut ke dalam dunia digital yang biasa kita kenal dengan pameran virtual. Untuk mengenal lebih banyak tentang pameran virtual, berikut merupakan jenis-jenis dari pameran virtual.

1. Webcast

Webcast juga digunakan secara luas di sektor komersial untuk suatu hubungan kemudahan untuk menggunakan webcast murah dan dapat diakses oleh teknologi yang independen. Webcasting atau netcasting mengacu pada streaming audio dan kadang-kadang streaming video melalui web. Siaran dapat langsung atau tunda dengan audio dan/atau video

Pengertiannya Webcast adalah salah satu layanan atau push technology berupa media – media pemasaran maupun penjualan dalam bentuk rekaman video maupun audio dimana teks, video, dan audio, telah dikustomisasi agar bisa terkirim secara otomatis dalam periode tertentu dan dapat disalurkan sesuai permintaan.Webcast secara umumnya ditakrifkan sebagai satu mode penghantar berita digital melalui internet untuk dicapai, dilihat dan didengar oleh pengguna.

2. Virtual Expo / Online Expo

Virtual Expo atau yang biasa kita sebut dengan pameran dagang virtual ini salah satu terobosan di masa pandemi ini yang dimana kita bisa mengadakan pameran dagang tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan karena acara ini diadakan secara virtual,perusahaan tetap bisa memamerkan dan mendemonstrasikan produk dan layanan baru mereka secara virtual,yang dimana ini merupakan kabar yang sangat bagus karena mungkin di masa depan nantinya sudah banyak perusahaan/brand ternama yang akan memakai Virtual Expo ini sebagai salah satu ide pemasaran yang diminati

3. Webinar

Seiring berkembangnya zaman,teknologi sudah menjadi solusi yang efektif untuk berbagai masalah terutama di masa pandemi saat ini,orang dengan mudah mendapatkan berita dengan cepat dan mudah tanpa perlu susah payah.

Saat ini, Webinar adalah salah satu media yang mulai digunakan untuk berbagi informasi,terlebih di dalam masa pandemi seperti ini, kedepannya Webinar ini akan menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk berbagi informasi terlebih di dalam masa pandemi yang dimana mobilitas masyarakat sangat dibatasi.

4. Hybrid Event

Di tahun 2020 hingga 2021 ini, banyak sekali acara atau event yang dilakukan secara online untuk menghindari bahaya pandemi. Salah satu tren event yang masih berjalan di tahun 2021 adalah Hybrid event.

Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang istilah Hybrid Event tersebut. Tetapi, terdapat dua media yang digunakan dengan aturan serta ketentuan yang sudah disepakati, misalnya, kita menghadiri sebuah event secara online. Kita bisa menyaksikannya dimana saja kita berada dengan mudah. Disisi lain, ternyata event tersebut dilangsungkan juga secara online, sehingga ada beberapa orang yang datang dengan mengikuti aturan tertentu.

Meskipun begitu, event akan terselenggara dengan baik dan lancar karena host yang membimbing acara tersebut akan melakukan dialog secara interaktif dengan seluruh peserta, konsep Hybrid Event mulai banyak digunakan tatkala pandemi mulai menyerang berbagai negara, termasuk Indonesia.

Selain itu, alasan menghadirkan event dengan konsep hybrid pun karena pemerintah menerapkan protokol untuk larangan berkerumun di suatu tempat tertentu, meskipun begitu, konsep Hybrid Event ternyata memberikan respon positif, sehingga banyak orang yang mulai menggunakannya, bahkan sampai tahun 2021 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *