8 Tips Pertama Kali Menghadiri Konferensi Virtual

Selama sekitar dua tahun terakhir, pandemi virus COVID-19 telah mendatangkan malapetaka pada acara-acara konvensional. Itulah sebabnya banyak penyelenggara acara yang memindahkan acara mereka ke platform virtual untuk mempertahankan audiens dan mendapatkan prospek baru. Platform seperti SimHive dapat membantu menawarkan solusi inovatif dalam mengatasi permasalahan mereka untuk membuat sebuah acara virtual. Acara virtual ini dapat mempermudah kita untuk menjadi bagian dari industri atau hanya mendapatkan beberapa informasi tanpa khawatir tentang pembatasan-pembatasan sosial yang disudah diatur oleh pemerintah.

Konferensi virtual merupakan salah satu jenis dari acara virtual. Dalam beberapa acara virtual, kita hanya perlu mendaftar online dan menghadiri beberapa sesi. Oleh karena itu, dengan menghadiri konferensi virtual adalah pengalaman berharga untuk menambah pengetahuan kita. Berikut merupakan beberapa tips bagi para peserta yang baru pertama kali menghadiri konferensi virtual.

Videoconference with happy people on desktop flat vector illustration. Cartoon colleagues having chat and meeting online via computer. Communication and virtual technology concept

1. Jangan Lupa Catat Dalam Kalender

Biasanya ketika kita mendaftar untuk konferensi virtual jauh sebelumnya, mungkin kita akan melupakan acara terseut karena kesibukan kita. Oleh karena itu, kita harus menambahkan acara konferensi virtual kita ke kalender kita dan jangan lupa untuk menyalakan alarm pengingatnya juga. Mungkin, sebagian besar acara konferensi virtual juga mengirimkan pesan email atau SMS, tetapi alangkah lebih baik jika kita menambahkan ke kalender pribadi kita. Kita bisa menggunakan fitur Kalender Google kita untuk menghindari jadwal yang bentrok.

2. Tentukan Tujuan

Setelah itu, kita juga perlu mencari tahu mengapa kita menghadiri konferensi virtual tersebut? Apakah acara tersebut juga bagian tujuan dari bisnis kita? Apakah kita berencana berinvestasi di sektor ini? Atau hanya sekedar menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman kita?. Selanjutnya kita bisa merancang dengan jelas tujuan yang sesuai dengan pertanyaan tersebut. Biasanya tujuan kita adalah membangun jaringan dengan orang lain, bertukar ide, mendapatkan infomasi atau hanya sekedar menjelajahi minat baru.

Tujuan ini akan membantu kita mengetahui rencana kita kedepannya dan mengetahui cara memanfaatkan kunjungan kita sebaik mungkin. Tujuan ini juga akan membantu kita memahami berbagai hal dan fokus pada bagian-bagian penting dari acara tersebut.

3. Rencanakan Kunjungan Kita

Setelah kita sudah memiliki tujuan, kita juga dapat merencanakan kunjungan kita. Ini akan membantu mengetahui aspek mana yang perlu kita perhatikan pada saat menghadiri konferensi virtual.

Pastikan rencana yang kita buat dapat membantu mencapai tujuan kita. Misalnya, kita dapat memilih webinar apa yang ingin kita hadiri, stan mana yang ingin kita kunjungi dan aktivitas tambahan apa yang harus kita ikuti. Siapkan juga beberapa pertanyaan yang ingin kita ajukan ke pembicara atau narasumber yang hadir. Ini juga bisa menjadi pembelajaran yang efisien untuk menambah pengetahuan kita.

4. Membangun Networking Dengan Lainnya

Kita biasanya menghadiri suatu acara untuk berhubungan dengan para pemain industri lain dan menjadi bagian dari pengalaman komunitas. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan setiap kesempatan dalam konferensi virtual untuk berinteraksi dengan peserta lainnya.

Bisa jadi dengan kita memanfaatkan kesempatan ini kita bisa membuat sebuah bisnis baru dengan peserta lainnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi berbagai acara konferensi virtual dan berpartisipasi aktif dalam lobi obrolan. Ini juga membantu kita dalam memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan menjalin ikatan industri yang diperlukan bagi kemajuan bisnis kita.

5. Tentukan Mana Yang Mau Ditonton Sekarang dan Yang Ditonton Nanti

Salah satu hal terbaik dalam menghadiri sebuah konferensi virtual adalah kita tidak ketinggalan berbagai runtutan acara yang ada. Jika kita memilih untuk menonton webinar tertentu secara live, kemungkinan besar kita akan dapat mengakses webinar lain yang sedang diadakan pada waktu yang sama nanti untuk dijadikan sebagai referensi kita. Jadi, jangan lupa untuk melihat agenda apa pada webinar tersebut dan kategorikan sesi yang sesuai. Buat beberapa pilihan yang sesuai dengan tujuan kita dan jadilah peserta yang aktif.

6. Berpartisipasi Dalam Sesi

Saat kita menghadiri sebuah webinar secara live di konferensi vritual, kita juga harus berpartisipasi aktif dalam diskusi atau sesi tanya jawabnya. Ini akan membantu kita dalam mencapai tujuan kita. Kita hanya perlu mengajukan beberapa pertanyaan yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Jadi, sebisa mungkin menjadi interaktif karena kita mungkin jarang memiliki kesempatan untuk mendapatkan begitu banyak pengetahuan dan keahlian industri khusus di satu tempat. Selain itu, kita juga harus meminta kontak dan informasi lain dari setiap perwakilan stan yang hadir di ruang pameran untuk membuat kesan yang positif dan membuat keputusan yang tepat.

7. Mengatur Pertemuan Dengan Peserta Pameran Stan

Selain mengatur jadwal acara dalam kalender pribadi kita, kita juga dapat mengatur tanggal pertemuan dengan peserta pameran stan yang sudah kita minta kontak sebelumnya. Pertemuan ini dapat membantu kita untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari menghadiri konferensi virtual. Misalnya, jika kita menghadiri sebuah konferensi virtual, kita dapat berbicara dengan perwakilan stan yang akan mengatur waktu dan menjadwalkan wawancara dengan kita.

8. Jangan Lupa Untuk Beristirahat

Jika kita hanya duduk di kursi untuk menghadiri acara virtual, itu akan menghabiskan banyak waktu dan energi kita. Maka dari itu, kita perlu memberikan waktu untuk istirahat dan memberi diri kita istirahat. Jangan lupa menyiapkan beberapa cemilan dan jeda saat menyusun jadwal kita.

Pada dasarnya, yang perlu kita lakukan saat menghadiri konferensi virtual adalah mendaftar, merencanakan kunjungan kita, dan berpartisipasi aktif dalam acaranya. Ini akan membantu kita menjadi pakar acara virtual dan mendapat manfaat dari semua yang ditawarkan platform acara virtual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *