Kenapa Harus Virtual Event?

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, tidak bisa kita pungkiri ada kegiatan yang melibatkan banyak orang, jadi sulit untuk dilakukan. Batasan jumlah minimal orang dalam satu tempat dan satu waktu, apalagi di dalam ruangan, tidak memungkin adanya kegiatan semacam seminar, pameran dan kegiatan lainnya tidak bisa dilakukan. Hal ini membuat para pemilik event organizer kelabakan kehilangan pelanggan. Tetapi pada akhirnya para pemilik event organizer ini harus bisa menyesuaikan diri dan berevolusi dengan mengadakan event secara online yang memanfaatkan koneksi internet. Pameran virtual adalah acara online yang melibatkan orang-orang yang berinteraksi dalam lingkungan virtual di web, tidak bertemu di secara langsung

Secara umum ada 2 jenis reaksi jika manusia mendengar kata “Pameran Virtual” yang pertama Senang Karena dapat mengikuti acara dari manapun, termasuk dirumah sendiri. Namun ada pula yang tidak senang karena tidak dapat berinteraksi kepada orang lain 

Tetapi, pastinya walaupun terkesan teknik yang canggih karena memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang sekarang, pameran virtual tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum memulai suatu acara. Jika kalian berencana untuk membuat pameran virtual, alangkah lebih baik jika kalian pelajari keuntungan dari pameran virtual.

Berikut keuntungan secara umum pameran virtual dibanding event offline pada umumnya:

Tidak memerlukan biaya penyelenggaraan yang besar seperti mengadakan acara offline

Biasanya untuk mengadakan suatu event perlu biaya hingga puluhan juta untuk menyelenggarakan event offline yang sederhana. Juga kita perlu biaya tambahan untuk transportasi, konsumsi, tempat acara. dan juga dekorasinya.

Apalagi jika acara yang direncanakan tersebut gagal, seperti kurangnya jumlah peserta yang hadir atau alasan yang lain. Tentu hal tersebut tidak ditemukan jika kita mengadakan pameran virtual. Keperluan dan tingkat resiko kegagalan pun akan jauh lebih kecil

Dengan adanya event virtual, semua biaya itu bisa dipangkas, bahkan tidak perlu lagi menyiapkan semua keperluan itu. Contohnya biaya yang bisa dipangkas adalah biaya lampu ,menyewa ruangan, konsumsi, transport, dekorasi dan segala persiapan yang berkaitan dengan teknis acara dan tidak perlu repot mencari tempat fisik untuk acara, karena lampu merupakan salah satu penyebab biaya operasional membengkak ketika mengadakan acara seperti pameran atau seminar. Maka dari itu, lampu-lampu ini tidak akan dibutuhkan lagi ketika mengadakan acara online. Dengan begini, pameran virtual terlihat jelas lebih murah daripada acara offline atau acara langsung.

Merupakan kegiatan terbaik untuk berpromosi dan memasarkan produk serta berbagi informasi penting kepada banyak orang

Pameran virtual,  bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan dengan siapa saja di seluruh dunia tanpa mengenal batas. Hal ini sudah tidak dapat diragukan lagi, bahwa pameran virtual akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan yang mengadakan event untuk berbagi informasi apalagi untuk berpromosi dan memasarkan suatu produk kepada semua orang. Dan juga pameran virtual juga dapat menciptakan suatu kejutan dengan menggunakan kreatifitas yang kita miliki untuk menjadi alat promosi dalam acara online tersebut.

Lebih Ramah Terhadap Lingkungan karena bisa diikuti dari tempat tinggal masing-masing

Mengadakan pameran virtual jelas lebih ramah lingkungan dibanding dengan offline event, karena pameran virtual memanfaatkan internet, jadi tidak ada manusia berkerumun, tidak ada juga asap rokok, asap vape, sampah yang berserakan, atau asap knalpot kendaraan pengunjung  

Mengadakan  acara  event virtual, anda sudah menyelamatkan lingkungan dari emisi CO2 (karbondioksida) yang dihasilkan dari kendaraan yang harusnya dilakukan jika mengadakan event secara langsung. Kita juga dapat mengikuti pameran virtual dimana saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir dengan jarak dan jumlah kerumunan yang ada, kita hanya perlu device yang tepat dan koneksi internet yang stabil untuk mengikuti suatu acara event online.

Bisa menjangkau pengunjung yang lebih luas dan lebih besar

  Karena pameran virtual hanya memerlukan koneksi internet dan waktu kosong ,kita bisa mengajak atau mengundang semua orang, sekali pun peserta acara tersebut ada di luar negeri. tanpa harus mengeluarkan biaya perjalanan, masih bisa tetap mengikuti acara. Konsep acara pun bisa dibuat sesuai dengan pengalaman peserta acara tersebut, terutama jika acara yang diadakan melibatkan branding product dan event-event music. berbeda jika kalau bukan online, bagi yang tinggal jauh dari kota dimana sebuah event diadakan, tentunya akan sulit hadir. kecuali jika diberi akomodasi perjalanan selama acara berlangsung.

Persiapan untuk acara virtual tidak perlu lama

Seperti yang sudah dijabarkan di artikel diatas, untuk mengadakan acara virtual sangat mudah efisien ,fleksibel dan tidak begitu rumit seperti event offline pada umumnya, kita bisa mengadakannya dari rumah masing masing, dan pengunjung pun hanya perlu mengikuti acara dari rumah masing masing. Jadi untuk mempersiapkan suatu pameran virtual itu terbilang efektif dan efisien perihal waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *