Jenis-jenis Virtual Trade Shows yang Berpotensi untuk Dilaksanakan selama Masa Pandemi

Mengadakan atau mengikuti sebuah trade show adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau penggiat bisnis untuk memamerkan produk mereka, baik kepada para calon pembeli ataupun para calon rekan bisnis. Seperti ketika akan mengeluarkan atau memperkenalkan sebuah produk baru, melakukannya di sebuah trade show dinilai sebuah cara yang cukup efektif. Namun, di kondisi seperti saat ini, di mana kita tidak memungkinkan untuk membuat sebuah acara yang mengumpulkan banyak orang di suatu tempat, maka kita perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sudah ada. Sebuah solusi yang sangat membantu kita di masa pandemi ini, yaitu sebuah “Virtual Trade Show”

Kita dapat menggunakan virtual exhibition platform, seperti SimHive, sebagai sarana untuk melaksanakan sebuah Virtual Trade Show. Dengan bantuan virtual exhibition platform ini, kita dapat meniru hal-hal yang kita temukan di trade show offline sehingga membuatnya tampak benar-benar nyata.

1. Virtual Motor Show

Bagi para pembaca yang penggemar otomotif pasti tidak asing dengan event Motor Show. Motor Show biasanya digunakan sebagai saran untuk memamerkan produk-produk otomotif terkini atau keluaran terbaru. Yang sering menjadi kendala adalah tempat diadakannya sebuah Motor Show. Terkadang beberapa tempat sangat sulit untuk dijangkau oleh para audience. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan Virtual Motor Show ini.

Meskipun tidak bisa merasakan untuk duduk atau menyentuh secara langsung, namun para pengunjung tetap dapat melihat detail melalui video, fitur 360 view, ataupun presentasi yang diberikan. Dan bila para pengunjung ingin bertanya-tanya, mereka dapat berkomunikasi dengan para eksibitor melalui chat box dan video call.

2. Virtual Peluncuran Produk

Seperti yang disebutkan di awal, Trade Show merupakan salah satu sarana untuk memamerkan produk yang baru saja dirilis. Eksibitor dapat menjelaskan tentang produk baru mereka secara digital seperti melalui video. Eksibitor juga dapat melakukan sesi tanya jawab dengan para pengunjung melalui chat ataupun video meeting. Ekshibitor juga dapat berbagi informasi mengenai demo produk, penjualan, harga, dan sebagainya dengan menggelar sebuah webinar khusus untuk produk mereka. Pengunjung juga akan lebih mudah untuk mengikuti event peluncuran produk ini karena mereka dapat mengikutinnya di mana pun dan kapan pun secara virtual.

3. Virtual Food Show

Dengan Virtual Food Show, kita dapat melibatkan ribuan pemilik restoran, koki, pembeli eceran, dan pelaku bisnis perhotelan secara global. Para eksibitor mendapatkan booth virtual untuk mempromosikan brand mereka, produk-produk mereka, jasa yang mereka tawarkan, dan katalog mereka. Pengunjung juga dapat melakukan pemesanan terhadap segala hal yang ditawarkan oleh eksibitor dan dapat berkomunikasi dengan eksibitor menggunakan media obrolan baik itu dalam bentuk audio, video, atau teks.

4. Virtual Teknologi Trade Show

Virtual Teknologi Trade Show merupakan salah satu Trade Show yang paling berpotensi untuk dilakukan secara virtual selama masa pandemi ini. Dengan besarnya peluang untuk membuat koneksi-koneksi baru, event seperti ini sangat ideal bagi penyedia teknologi untuk menemukan prospek yang sangat relevan, membangun jaringan profesional, dan menjelaskan para calon pembeli dari seluruh dunia tentang bagaimana teknologi dapat membantu memenuhi prospek-prospek yang ada dan bagaimana teknologi dapat menjadi solusi utama di masa pandemi ini.

Banyak sekali kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan dengan menggelar Virtual Trade Show. Para pembeli atau pengunjung dapat dengan mudah mengikuti event ini. Mereka juga mendapatkan kemudahan untuk melakukan pesanan atau pembelian selama mengikuti event ini karena semua dilakukan secara online. Selain beberapa jenis Trade Show di atas, masih banyak jenis trade show atau virtual event yang dapat digelar di masa Pandemi ini. Bila para pembaca ingin mengetahui lebih lanjut tentang virtual event ini dan cara melakukannya, silahkan meminta demo produk dari SimHive.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *