Event

BI Jatim Menggelar Majapahit Fest 2021 Secara Virtual

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (BI Jatim) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Mojokerto menggelar pameran virtual Festival Majapahit 2021. Pameran virtual Festival Majapahit 2021 merupakan event yang mengkolaborasi pengetahuan mengenai sejarah Majapahit, budaya Majapahit, barang antik, serta produk unggulan Mojokerto yang ditampilkan secara virtual dan menarik. Tujuan dari acara pameran virtual ini adalah untuk menumbuhkan optimisme dan semangat produktif bagi masyarakat Kota Mojokerto dan memperkenalkan Majapahit sebagai warisan budaya di Mojokerto. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu, 25 Agustus 2021 menggunakan platform pameran virtual Simhive. Pengunjung dapat mengunjungi acara pameran virtual ini melalui laman website https://virtual.festivalmajapahit.com.

Pameran virtual Festival Majapahit 2021 mengangkat tema #LokalKerenJatim, pada awalnya akan diselenggarakan secara langsung di Taman Benteng Pancasila (Benpas), jalan Benteng Pancasila bulan Juli 2021 lalu. Namun, sehubungan dengan situasi pandemi COVID-19, gelaran pekan budaya itu urung dilaksanakan dan akhirnya dilaksanakan secara virtual. Selain acara pameran virtual, terdapat juga beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam festival tersebut, seperti tari Majapahit, pameran batik Majapahit, pagelaran wayang, foto-foto bangunan bersejarah, batik lawasan, dan lainnya.

Selain itu, terdapat juga webinar dengan tema ‘Meneladani Kejayaan Majapahit Dalam Memajukan Ekonomi Jawa Timur’ dengan moderator Andy F. Noya dan menghadirkan empat narasumber antara lain, Prof Dr Agus Aris Munandar, dosen Arkeologi UI, Adrian Perkasa, dosen Departemen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga dan PhD candidate di Universiteit Leiden Diana Putri, perancang busana Eko Supriyanto, serta koreografer dan dosen ISI Surakarta.

Pengunjung pameran virtual yang sudah masuk ke laman website acara, akan diminta untuk mendaftarkan diri dan melakukan login. Selanjutnya pengunjung masuk ke dalam sebuah ruangan 3D virtual outdoor yang menampilkan bangunan cagar budaya yang bernuansa pada zaman Majapahit. Di dalam pameran virtual ini juga terdapat salah satu candi peninggalan kerajaan Majapahit yaitu Candi Bajang Ratu yang dikemas dalam bentuk 3D virtual. Selain dapat berjalan-jalan di area 3D virtual outdoor, pengunjung pameran virtual juga dapat mengunjungi berbagai booth pameran virtual yang meliputi batik, pusaka, wayang, tari dan terakota, serta produk unggulan UMKM Mojokerto.

Beberapa exhibitor yang turut serta acara pameran virtual ini diantaranya yaitu Aku Tahu Chips, Athariz Endah Jaya, Batik Bu Erna, Batik Sofia, Batik Tulis Sekar Arum, Bondo Dungo, Dapur Nau, Faiz Food, Faza dan lain sebagainya. Pengunjung bisa melihat kontak dan informasi mengenai produk pada banner, poster, maupun video promo yang disediakan tiap booth pameran virtual. Selain itu terdapat juga booth pameran virtual dari rumah majapahit dimana di dalamnya terdapat menu yang mengarahkan pada laman website untuk mengarahkan pengunjung mengikuti rangkaian acara pameran virtual yang diadakan pada aplikasi ZOOM.

Rangkaian acara pameran virtual Festival Majapahit 2021 meliputi pembukaan dalang yang menceritakan Majapahit yang dibawakan oleh Sidjiwo Tedjo, laporan kegiatan kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, sambutan anggota DPR-RI Komisi XI, sambutan walikota Mojokerto, sambutan gubernur Jawa Timur, dilanjutkan webinar ‘Meneladani Kejayaan Majapahit Dalam Memajukan Ekonomi Jawa Timur’ dan ditutup dengan acara hiburan tari Majapahit.

Pameran virtual Festival Majapahit 2021 menjadi salah satu cara baru dalam mengadakan sebuah pameran dikala pandemi ini. Dengan pameran virtual, pengunjung dan peserta pameran virtual tidak perlu khawatir akan tertular virus akibat berkerumun. Dan juga dengan pameran virtual, pengunjung tidak perlu berpanas-panasan berjalan menuju tempat pameran diadakan. Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual dengan tema Majapahit yang menarik seperti Festival Majapahit 2021 atau juga dengan tema-tema menarik lainnya, Anda dapat menggunakan platform pameran virtual Simhive!

Referensi berita artikel lainnya: antaranews.com, Festival Majapahit 2021 digelar di Mojokerto-Jatim genjot pariwisata; news.detik.com, Festival Majapahit 2021 Siap Tampilkan Kekayaan Budaya Mojokerto; timesindonesia.co.id, Festival Majapahit 2021 Digelar, BI Jatim Sebut Ada Platform Menarik untuk Dikunjungi; mojokertokab.go.id, Dorong Pemulihan Ekonomi, Kabupaten Mojokerto Hadirkan Majafest 2021; validnews.id, Genjot Pariwisata, Festival Majapahit 2021 Digelar;

Coba Simhive Sekarang!

SimHive menghadirkan pengalaman pameran virtual terbaik! SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Selain itu, Anda juga dapat membuat custom content sesuai keinginan Anda di dalam pameran virtual seperti karakter beserta posenya, ruangan hall, booth, game dan lain-lain. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang. Dan dapatkan pengalaman pameran virtual terbaik dari Simhive!

Related posts
Event

PENSFEST 2023, Unjuk Karya Penerapan Pembelajaran RPL Mahasiswa PENS Diadakan Secara Hybrid

Event

Bank BTN Gelar BTN Properti Virtual Expo Dalam Rangka HUT KPR ke-46

Event

Program Studi Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta Gelar Pameran Virtual Capstone Project 2022 Sebagai Unjuk Karya Mahasiswanya

Event

Binus Online Learning Gelar ONE-X Connect 2022 Demi Tingkatkan Kompetensi Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami