Event

PENS Preneur 2021 Sebagai Ajang Unjuk Karya Mahasiswa Kewirausahaan PENS

PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) mengadakan sebuah pameran virtual yaitu PENS Preneur 2021. Acara pameran virtual ini dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan perwujudan Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan dari Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud-Ristek RI. Acara pamerna virtual ini terbuka untuk umum dan diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 27-28 November 2022 platform pameran virtual Simhive. Pengunjung acara dapat mengakses acara pameran virtual ini melalui laman website https://expo.kewirausahaan.pens.ac.id.

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan salah satu program prioritas dari Dikti yang dalam pelaksanaannya melibatkan perguruan tinggi, universitas dan termasuk juga politeknik. Mahasiswa, baik individu maupun kelompok yang memiliki minat dan bakat kewirausahaan dipacu untuk memulai berwirausaha dengan basis IPTEKS yang sedang dipelajarinya. Dalam implementasinya PENS bekerjasama dengan beberapa Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pendukung pelaku usaha untuk proses pembimbingan praktis wirausaha mulai dari seminar, diklat, kunjungan, penyusunan rencana bisnis dan pendampingan.

Fasilitas yang diberikan meliputi pendidikan dan pelatihan (diklat) kewirausahaan, kunjungan UKM, dukungan permodalan dan pendampingan usaha. Pasca pameran virtual diselenggarakan, pembinaan kepada mahasiswa masih akan tetap berlangsung, seperti pembinaan dalam penyusunan proposal sekaligus peningkatan kerjasama dengan pihak eksternal untuk mengembangkan usaha.

Pengunjung yang telah mengakses laman website acara, akan diarahkan untuk mendaftar akun registrasi dan melakukan login. Selanjutnya pengunjung langsung akan diarahan ke lobby pameran virtual Gedung PascaSarjana Terapan dengan tampilan persis seperti lokasi sesungguhnya. Akan ada banyak menu yang bisa dipilih ketika di dalam lobby pameran virtual, seperti menu auditorium pameran virtual, yang merupakan lokasi booth virtual dan jika ingin menyaksikan live streaming dapat memilih menu teater pameran virtual.

Di dalam teater pameran virtual, PENS Preneur 2021 dibuka secara resmi oleh Direktur PENS, Aliridho Barakbah, S.Kom. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan dan penyampaian cara mengoperasikan dari platform pameran virtual Simhive. Selanjutnya, acara di teater pameran virtual dilanjutkan dengan webinar tentang “Semangat Menciptakan Peluang Kewirausahaan Bagi Mahasiswa” yang diisi oleh Muhammad Idris Setiawan dari PT Digital Vision Indonesia. Ada juga penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik dan UKM Tari PENS.

Kemudian rangkaian acara masuk ke dalam acara inti di dalam teater pameran virtual yaitu presentasi dan promo produk dari masing-masing mahasiswa yang menjadi peserta di dalam auditorium pameran virtual yang. Setelah itu dilanjutkan bincang-bincang dengan peserta tersebut. Di akhir acara terdapat pengumuman giveaway kepada pengunjung yang mengunggah instagram story yang menarik terkait acara PENS Preneur 2021 ini.

Di dalam auditorium pameran virtual, sebanyak 37 tim mahasiswa kewirausahaan PENS ikut menjadi peserta dalam pameran virtual ini. Selain 37 booth usaha mahasiswa di dalam auditorium pameran virtual ini, terdapat juga 2 booth mitra usaha yaitu booth Java Homeware, online suplier retail dan grosir untuk perangkat dapur, alat makan dan souvenir serta booth Landasi, start up baru yang sedang berkembang. Tidak ketinggalan 1 booth milik Mitra DUDI sebagai pendukung kegiatan ini.

Pengunjung dapat berjalan-jalan dan mengunjungi booth di dalam auditorium pameran virtual. Selain itu, pengunjung dapat melihat kontak dan informasi produk melalui banner, poster, maupun video promo yang disediakan tiap booth pameran virtual. Bahkan juga, pengunjung dapat mengunduh informasi produk dari link yang tersedia di booth pameran virtual. Pengunjung juga dapat melakukan live chat dan mengajukan meeting schedule dengan masing-masing peserta pameran virtual.

PENS Preneur 2021 menjadi salah satu gebrakan dalam mengadakan pameran di kala pandemi saat ini. Mengingat situasi pandemi COVID-19 yang belum mereda, pameran virtual menjadi solusinya. Meskipun mengusung konsep virtual, namun pengunjung tetap dapat merasakan pengalaman seperti mengunjungi pameran secara offline. Dengan pameran virtual, pengunjung tidak perlu berpanas-panasan berjalan menuju lokasi pameran diadakan dan hanya perlu diakses di rumah saja. Jika Anda ingin menyelenggarakan pameran virtual yang sangat menarik seperti PENS Preneur 2021 ini, Anda dapat menggunakan platform pameran virtual, Simhive!

Referensi berita artikel lainnya: pens.ac.id, PENS Preneur Virtual Exhibition 2021, Suguhkan Pengalaman Kunjungi Pameran Virtual yang Menarik; jatimnow.com, Melihat Program Kewirausahaan Mahasiswa dalam PENS Preneur Virtual Exhibition; jatim.jpnn.com, Puluhan Mahasiswa Kewirausahaan PENS Unjuk Karya dalam Pameran Virtual

Coba Simhive Sekarang!

SimHive menghadirkan pengalaman pameran virtual terbaik! SimHive merupakan platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience Anda di 3D world menjadi senyata mungkin. Dengan menggunakan SimHive, Anda tetap dapat melaksanakan sebuah pameran secara virtual dengan kondisi yang mirip dengan pameran yang diadakan secara offline. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang. Dan dapatkan pengalaman pameran virtual terbaik dari Simhive!

Related posts
Event

Dalam Rangka Menyambut Acara HUT Ke-50, Petrokimia Gresik Mengadakan Pameran Mangga Hybrid Expo 2022 Secara Hybrid

Event

Bidang Mahasiswa, Kaderisasi, dan Alumni (BMKA) Salman ITB Menggelar Pameran Virtual (Invention Tradition) 2022

Event

PensFest Midyear 2022, Ajang Pengembangan Produk-Produk Software Mahasiswa Departemen Teknik Informatika dan Komputer PENS

Event

PPI Tiongkok Berkolaborasi Dengan Permit Ningbo Mengadakan Virtual Career Expo, ViCE 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Logo Hubungi Kami