Pameran Virtual

10 Ide Untuk Membuat Pengunjung Tetap Terlibat di Pameran Virtual

Tahukah bahwa pameran virtual berpotensi menghasilkan hampir sepertiga pendapatan yang dihasilkan oleh acara offline atau tatap muka? Ketika diselenggarakan dengan baik, pameran virtual menawarkan proposisi nilai yang jelas, meskipun dianggap oleh beberapa orang sebagai “evolusi paksa” untuk industri acara besar-besaran.

Baik kita menyelenggarakan konferensi, pameran, bursa kerja, atau rapat internal, kegagalan untuk membuat audiens tetap terlibat akan mengakibatkan audiens meninggalkan acara lebih awal. Banyak konten acara yang kita yang sudah kita buat akhirnya akan sia-sia jika audiens tidak bertahan cukup lama.

Pameran virtual mungkin menawarkan lebih banyak peluang audiens meninggalkan acara jika dibandingkan dengan pertemuan dan acara langsung. Hal ini dikarenakan peserta sudah berada di depan komputer untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, bagaimana caranya agar kita dapat membuat peserta tetap terlibat selama acara?

Untuk mengatasi dilema ini, berikut merupakan 10 daftar ide untuk menarik pengunjung agar tetap berada di pameran virtual kita.

1. Libatkan Audiens Di Media Sosial

Kita dapat melibatkan peserta kita dengan bantuan media sosial. Cukup dengan meminta mereka membuat sebuah status di twitter atau di media sosial lainnya dan menampilkan dalam acara. Kita juga bisa membuat hashtags khusus acara kita sehingga kita akan dapat melacak hashtags dan mengumpulkan konten yang dibuat peserta kita. Atau bahkan peserta dapat terhubung satu sama lain.

2. Coba Membuat Trivia dan Kuis

Dengan bantuan trivia dan kuis dalam acara, kita dapat menambahkan elemen kompetisi yang menarik ke acara kita. Kitadapat menyiapkan pertanyaan dan kuis kepada peserta kita tentang topik yang mereka minati. Ide ini bagus untuk topik terkait industri. Ini bagus sebagai ice breaking untuk menghubungkan orang-orang yang berpikiran sama dan juga membantu menciptakan keterlibatan selama webinar.

3. Pikat Audiens Kita Dengan Booth Foto Virtual

Ide bagus lainnya untuk menggairahkan peserta kita adalah menyediakan stan foto virtual untuk mereka. Kita dapat melibatkan mereka lebih baik dengan membuat template foto dan menawarkan filter. Booth foto virtual ini akan memungkinkan audiens kita menyimpan dan berbagi foto, menawarkan kenang-kenangan unik dari acara kita.

4. Buat Dinding Tanda Tangan yang Mengesankan

Ide keren lainnya adalah membuat dinding tanda tangan yang berkesan. Dinding akan memiliki tanda tangan peserta kita di atasnya. Selain tanda tangan, mereka juga dapat meninggalkan catatan atau berbagi pengalaman tentang acara tersebut. Cukup buat dinding memori virtual untuk memberikan elemen unik.

5. Buat Breakout Rooms

Kita juga dapat mempertimbangkan untuk membuat ruang kerja kelompok dalam webinar Zoom kita. Selain itu, kita dapat menetapkan setiap peserta ke ruangan tertentu. Sehingga hal ini akan menciptakan peluang networking yang lebih baik, bertindak sebagai ice breaking terbaik dan bertukar pikiran dengan audiens kita tentang topik industri. Kita dapat membuat ruang break-out room di awal atau akhir acara, sesuai kebutuhan.

6. Buat Avatar yang Bisa Diubah

Untuk sentuhan hiburan yang menarik, untuk melibatkan peserta kita, kita dapat membuat avatar yang bisa diubah sesuai keinginan dari pengunjung kita. Avatar yang dipersonalisasi ini selanjutnya akan menciptakan keterlibatan di antara semua peserta maupun sponsor. Avatar yang dipersonalisasi ini dapat dibuat di mana saja di platform virtual seperti Hall, Lobby, Auditorium, Lounge dan beberapa tempat lainnya.

7. Lakukan Sesi Tanya Jawab Langsung

Salah satu ide pameran virtual terbaik lainnya adalah membiarkan peserta kita berinteraksi dengan pembicara. Kita dapat menyelenggarakan sesi Tanya Jawab virtual demi interaksi peserta dengan pembicara. Pilih orang yang akan dipantau dan dipilih pertanyaannya, dan nanti kita dapat memilih untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab khusus setelah presentasi.

8. Buat Papan Peringkat

Dengan bantuan papan peringkat, kita dapat dengan mudah mendorong keterlibatan peserta kita dengan acara kita. Poin-poin ini akan didasarkan pada aktivitas apa pun yang mereka lakukan dalam platform seperti sesi keynote, webinar, stan sponsor/stan peserta pameran, mengisi survei, melakukan chat dan lain sebagainya.

9. Menyelenggarakan Kontes

Kontes adalah salah satu ide pameran virtual yang paling unik. Yang perlu kita lakukan adalah mempertimbangkan secara spesifik dan hadiah atau apa pun untuk menyelenggarakan kontes yang ideal. Kontes ini bisa berupa ide konten sederhana yang dibuat pengguna seperti meminta peserta kita untuk membagikan foto mereka saat menghadiri konferensi virtual kita atau ketika berkunjung ke stan pameran. Kita juga dapat mengajukan pertanyaan, membuat jajak pendapat yang menarik atau apa pun yang relevan dengan opsi tersebut.

10. Simulasikan Lounge Networking

Kita juga dapat membawa lounge networking dunia virtual. Di lingkungan ini, avatar kita dapat berjalan ke orang lain, mendengarkan percakapan mereka dan membuat koneksi yang bermakna.

Kesimpulan

Secara umum, bukan karena peserta tidak ingin berada di pameran virtual kita, melainkan karena mereka tidak merasa terlibat dan terhubung dengan pameran virtual. Meningkatkan peluang untuk keterlibatan akan menguntungkan kita dan peserta kita pada akhirnya. Berpikir di luar kebiasaan dan menawarkan kegiatan yang menyenangkan dan berharga adalah peluang untuk pameran virtual kita menjadi lebih sukses.

Ingin pameran virtual Anda jadi lebih berkesan? SimHive hadir sebagai platform pameran virtual dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
Pameran Virtual

Tips Mempromosikan Merek Anda Ketika Berada Di Pameran Virtual

Pameran Virtual

Buatlah Pameran Virtual Anda Lebih Menarik Dengan Gamifikasi Di Dalamnya!

Pameran Virtual

Tips Menarik Sponsor Acara Untuk Pameran Virtual Anda

Pameran Virtual

Cara Melakukan Riset Pasar Acara Pameran Virtual Anda Dengan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Logo Hubungi Kami