Beberapa Hal Yang Membuat Acara Kelulusan Virtual Menjadi Berkesan

Disaat pandemi COVID-19 yang telah terjadi saat ini membuat beberapa acara wisuda batal diadakan atau dimundurkan hingga keadaan membaik. Namun di saat new normal saat ini, beberapa sekolah dan universitas sedang mempertimbangkan untuk mengadakan acara tatap muka dengan kapasitas yang dikurangi atau acara gabungan. Namun banyak sekolah dan universitas sudah menyelenggarakan upacara kelulusan virtual tahun kemarin. Faktanya bahwa bahkan dengan vaksinasi yang sudah diadakan di seluruh dunia, acara tatap muka masih menimbulkan risiko bagi mereka yang berpartisipasi. Bagi banyak orang yang ingin melanjutkan hidup seperti biasa, keselamatan masih menjadi perhatian besar.

Karena itu, beberapa orang mungkin masih memikirkan apakah acara kelulusan virtual dapat menawarkan hari yang tak terlupakan bagi siswa dan keluarga mereka. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sekolah atau universitas sehingga acara kelulusan virtual menjadi berkesan.

1. Membuat Acara Webinar Secara Langsung

Webinar interaktif langsung adalah solusi yang tepat untuk pertemuan virtual. Sekolah atau universitas dapat mempresentasikan secara langsung, dengan narasumber atau pembicara dari berbagai lokasi sehingga semua orang dapat bergabung dengan aman dan dari jarak jauh. Presentasi video disematkan tepat di dalam platform dan menampilkan obrolan langsung di mana anggota keluarga dapat memberi selamat kepada siswa yang lulus.

2. Menyelipkan Video Di Lobi Virtual

Mempersiapkan terlebih dahulu video-video yang bisa digunakan untuk membuat acara wisuda virtual semakin berkesan. Misalnya, dapat dengan memunculkan video di lobi virtual acara dengan kata-kata dari rektor/kepala sekolah, dekan atau menyambut keluarga, memberi selamat kepada siswa dan menunjukkan semua fitur yang dapat mereka gunakan di dalam tempat virtual.

3. Menampilkan Profil Siswa

Sekolah atau universiatas dapat dengan mudah memigrasikan data siswa ke dalam platform untuk membuat profil siswa. Sekolah atau universitas dapat membagi jurusan siswa dan meminta mereka untuk mengisi rincian lebih lanjut tentang kenangan favorit mereka, aspirasi karir, motto hidup dan lain sebagainya. Siswa dan keluarga kemudian dapat menelusuri profil siswa saat mereka merayakannya.

4. Gamifikasi

Sekolah atau universitas dapat memimpin siswa melalui acara virtual dengan beberapa permainan seru dimana siswa dan orang tua dapat memenangkan hadiah. Buat siswa terlibat secara aktif dengan fitur seperti polling langsung dan game trivia dengan fakta tentang sekolah atau universitas.

Permainan tersebut dapat dilakukan diakhir acara atau ditengah acara supaya acara menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

5. Menambah Networking Yang Interaktif

Siswa dan keluarga memiliki banyak cara untuk berbagi kegembiraan mereka di hari kelulusan siswa. Fitur obrolan memungkinkan siswa mengobrol dengan teman dan keluarga mereka melalui panggilan teks, audio, dan video. Sekolah atau universitas juga dapat membuat sebuah tantangan dimana semua orang dapat mengirimkan pesan dan kesan kepada siswa yang lulus pada hari tersebut. Misalnya dengan menggunakan platform twitter dengan mention ke akun media sosial sekolah atau universitas dan menggunakan hastags yang spesifik sesuai acara kelulusan tersebut. Kemudian sekolah atau universitas dapat menampilkan semua postingan media sosial yang terkait dengan acara kelulusan tersebut sehingga semua orang dapat melihat pesan dan kesan apa saja yang disampaikan ke masing-masing siswa. Ini adalah cara hebat lainnya bagi siswa dan keluarga untuk merasa lebih terhubung dengan acara tersebut dan meningkatkan keterlibatan mereka secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *