Tips Bagi Event Marketer Untuk Mempromosikan Hybrid Event

Di tengah pandemi COVID-19 ini, berbagai event di seluruh dunia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Konferensi yang awalnya berlangsung secara offline kemudian menjadi secara online dan kemudian dengan adanya new normal akhirnya perlahan-lahan beralih ke model hybrid.

Hybrid event adalah acara tatap muka yang disiarkan secara online juga. Dengan hybrid event yang berjalan di dua media yang berbeda, baik di tempat secara offline maupun online, ada lebih banyak peluang untuk dilakukannya marketing acara yang efektif.

Jadi, bagaimana kita bisa memanfaatkannya sebaik mungkin?

Berikut adalah tips utama bagi para event marketer untuk mempromosikan hybrid event.

1. Pasarkan Acara Dengan Landing Page yang Menarik

Pertama, kita memerlukan tujuan untuk audiens dan peserta kita. Di mana mereka pasti akan datang untuk mendaftar ke acara kita.

Landing page ini bertujuan untuk menarik audiens kita dan juga menawarkan formulir pendaftaran bagi orang-orang untuk mendaftar ke acara kita. Tetapi jika formulir pendaftaran yang menawarkan sedikit petunjuk tentang apa yang diharapkan tidak akan menarik audiens dan peserta. Sehingga yang kita butuhkan adalah landing page yang menarik perhatian pembaca dan membuat mereka langsung menekan tombol daftar.

Berikut beberapa cara yang dapat event marketer lakukan :

  1. Rancang landing page dengan visual menawan atau bahkan menambahkan rancangan foto acara.
  2. Berikan detail acara, seperti kapan acara itu diadakan, untuk siapa dan apa yang akan dicakupnya.
  3. Tambahkan formulir pendaftaran yang singkat dan mudah diisi. Tanyakan hanya yang hanya diperlukan saja.
  4. Gunakan ajakan bertindak yang persuasif.
  5. Optimalkan kata kunci yang mewakili acara kita dan lokasinya, seperti ‘Pameran motor listrik Honda’ untuk meningkatkan visibilitas dalam pencarian.

2. Promosikan Pembicara di Halaman Event

Tidak ada yang lebih menarik penonton ke acara selain jajaran pembicara yang terkenal dan berpengaruh. Selain itu, sebagian besar peserta datang ke acara untuk sesi pembicara. Karena alasan ini, menampilkan pembicara acara kita adalah cara yang baik untuk meningkatkan daya tarik acara kita.

3. Mulai Posting di Media Sosial

Media sosial menawarkan komunikasi secara personal dan dua arah dengan audiens kita. Mulailah memanfaatkan ini dengan meningkatkan pemasaran media sosial kita. Posting setiap beberapa hari sekali untuk menjelaskan detail lebih lanjut tentang acara kita. Bagikan agenda, detail pembicara, testimoni dari peserta sebelumnya. Bisa juga dengan berfokus pada manfaat menghadiri acara kita, seperti membuat koneksi, networking dengan pakar industri dan bahkan mendapatkan barang gratis dari beberapa brand terkenal yang menjadi sponsor kita.

4. Gunakan Hastags

Buat hastags acara yang unik dan menarik untuk memudahkan audiens kita mencari detail tentang acara kita. Hastags ini bisa berupa versi singkat dari acara kita atau hanya nama seperti #RetailersConference2021. Kita juga dapat menambahkan tagar acara yang umum digunakan seperti #SurabayaConferences dan #virtualevents sehingga calon audiens dapat menemukan jalan kepada acara kita.

5. Manfaatkan Banner Media Sosial

Rancang banner untuk semua media sosial acara kita (Facebook, Twitter, LinkedIn) untuk memberi lebih banyak perhatian pada hybrid event kita. Pastikan bahwa banner disesuaikan untuk setiap platform yang kita gunakan. Berikut adalah dimensi yang perlu kita ikuti.

  • Foto sampul Facebook : 820 x 312 px untuk desktop, 640 x 360 piksel untuk seluler. Pastikan semua informasi penting sesuai dalam 640 x 312 piksel.
  • Gambar header Twitter : 1500 x 500 piksel untuk desktop. Namun, perlu diingat bahwa foto profil ada di kiri bawah jadi pastikan semua elemen penting berada di zona aman.
  • Background LinkedIn : 1584 x 396 px untuk desktop. Sekali lagi, berhati-hatilah dengan foto profil yang ada di pojok kiri bawah foto background ini.

6. Buat Serangkaian Video Teaser

Konten video bekerja sangat baik untuk melibatkan prospek acara kita. Bangun kedekatan dengan audiens kita menggunakan video teaser tentang acara kita. Kita bisa menggunakan video pendek yang membuat banyak audiens menjadi penasaran dengan acara kita. Kemudian, rilis lebih banyak detail secara bertahap, umumkan acara kita dan terus bangun kedekatan dengan audiens kita melalui video pendek di setiap tahap.

Kita juga dapat mewawancarai pembicara, menanyakan kepada mereka tentang isi sesi mereka dan menawarkan informasi yang menarik perhatian audiens kita. Perlihatkan cuplikan tempat dan video acara sebelumnya jika ada untuk membantu memberikan gambaran kepada pengikut baru tentang apa yang diharapkan dari acara kita.

7. Kirim Pembaruan Email

Pemasaran melalui email adalah tambang emas bagi event marketer. Manfaatkan pemasaran m email untuk acara dan kirimkan beberapa email ke daftar email peserta kira. Email ini harus memberikan rincian acara dan instruksi apa saja pada saat mengikuti acara kita. Kita juga perlu mengirim pengingat saat mendekati acara agar acara kita tetap diingat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *