Apa Saja Manfaat Dari Virtual University Fair?

Pameran universitas virtual atau virtual university fair memiliki kekhasan dan manfaatnya sendiri jika dibandingkan dengan pameran universitas offline. Dengan memasukkan sebagian besar fitur yang ada pada acara offline dan menyesuaikan dengan platform online, sehingga menjadi alternatif yang sangat baik yang dapat membantu universitas dalam menjangkau calon mahasiswa yang jauh lebih beragam di era pandemi corona saat ini.

Manfaat dari pameran universitas virtual mungkin tidak terlalu terlihat tetapi tetap layak dipertimbangkan jika masih ragu apakah harus mengadakan pameran universitas virtual atau offline di tempat fisik di lokasi yang tetap. Berikut merupakan beberapa manfaat tersebut.

1. Kenyamanan

Manfaat pertama dan paling jelas dari sebuah acara virtual adalah kemudahan yang ditawarkannya. Kita tidak perlu repot mengatur lokasi tempat akan diadakan acara berbulan-bulan sebelumnya, menyiapkan booth dan mengatur pembicara/narasumer sesuai ketersediaan jadwal mereka. Selain itu, kita akan membutuhkan lebih banyak waktu jika kita mengadakan acara offline dibandingan dengan acara virtual.

Dengan acara pameran universitas virtual, kita tidak perlu memikirkan banyak barang ataupun detail yang perlu diperhatikan. Misalnya, barang apa saja yang digunakan untuk dekorasi panggung, stand booth dan lain sebagainya. Selain itu, kita bahkan bisa merencanakan acara berminggu-minggu sebelumnya, bukan berbulan-bulan. Ini akan menciptakan situasi yang sangat nyaman dimana kita tidak perlu mengalokasikan banyak waktu dan tenaga yang terlalu banyak untuk membuat suatu acara pameran universitas virtual.

2. Networking

Banyak orang yang menghadiri pameran universitas atau acara semacam itu sebagai kesempatan untuk berkomunikasi dan berjejaring dengan individu yang berpikiran sama. Acara-acara ini adalah tempat yang tepat bagi orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain dan meningkatkan pengetahuan mereka.

Pameran universitas atau pameran akademik semacam itu juga dapat menjadi tempat diskusi beberapa orang dari masing-masing universitas, calon mahasiswa maupun orang-orang lain diluar universitas.

3. Jangkauan Global

Kita dapat menjangkau audiens yang lebih luas jika mengadakan pameran universitas virtual dibandingkan dengan yang offline. Hal ini dikarenakan banyak calon mahasiswa yang tidak dapat menghadiri acara offline karena keterbatasan ekonomi maupun perjalanan yang jauh.

Dengan adanya platform virtual ini, akan membuka jalan bagi orang-orang di seluruh dunia. Jangkauan global ini penting untuk lingkungan akademik yang dinamis dan membantu kita mendapatkan beragam peserta dari berbagai negara di seluruh dunia.

4. Biaya Lebih Rendah

Akan ada banyak biaya yang dikeluarkan oleh acara pameran universitas offline. Mulai dari pemesanan tempat, penataan booth hingga pembayaran transportasi dan penginapan tamu. Sehingga hal ini memakan biaya yang cuup tinggi. Namun dengan menyelenggarakan acara pameran universitas virtual, maka dapat menghindari beberapa biaya tersebut.

Kita hanya perlu menghabiskan sebagian kecil dari biaya tersebut untuk membuat dan memasarkan pameran virtual kita. Jika perlu, kita bisa menghabiskan sisa anggaran yang ada untuk membuat pameran universitas virtual tersebut semenarik mungkin. Misalnya, dengan mengundang pembicara/narasumber yang terkenal dan professional dan lain sebagainya.

Jika sudah yakin untuk mengadakan pameran universitas virtual, itu cukup mudah untuk diselenggarakan. Kita hanya perlu memilih sebua platorm yang tepat untuk semua kebutuhannya. Lalu, dapat juga menyertakan fitur yang diinginkan untuk meningkatkan pengalaman peserta. SimHive menawarkan fitur yang dapat digunakan untuk mengatur acara pameran virtual. Jadi apa yang ditunggu lagi? Mulailah dengan membuat perencanaan pameran virtual dengan SimHive!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *