8 Jenis Pameran Virtual Yang Akan Populer di 2022

Sudah hampir 3 tahun kita berdampingan dengan virus Covid-19, banyak pembatasan-pembatasan yang diterapkan guna mencegah penyebaran dari virus corona ini. Namun, hal itu tidak membatasi para event organizer untuk tidak mengadakan sebuah acara. Acara tetap dapat dilakukan dengan menggunakan pameran virtual. Di tahun-tahun berikutnya, kita akan tetap berdampingan dengan virus corona ini, sehingga pameran virtual diperkirakan akan tetap populer. Beberapa acara yang sebelumnya diadakan secara offline, sekarang akan dilakukan secara virtual/online. Oleh karena itu event organizer harus tetap mempersiapkan kemungkinan apa saja jenis pameran virtual yang akan populer di tahun mendatang. Berikut merupakan jenis dari pameran virtual yang akan populer di tahun 2022.

1. KTT dan Konferensi Virtual

Popularitas dari konferensi virtual meningkat begitu tajam karena hasilnya yang luar biasa. Dengan kecanggihan teknologi yang mendukung saat ini dan penyelenggara yang dapat menjangkau target audiens yang lebih luas dan mengundang narasumber dari berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini dapat membantu menghemat biaya dan memenuhi tujuan penyelenggara acara dengan cara yang lebih efektif daripada konferensi offline.

2. Online Trade Shows & Exhibitions

Kita semua setuju bahwa tujuan dari bisnis apapun adalah untuk meningkatan pendapatan melalui memaksimalkan prospek. Tetapi, apakah kita benar-benar memaksimalkannya jika kita tidak menjangkau pasar global? Dan tidak ada kata terlambat sebelum kita memulainya.

Menyelenggarakan online trade show dan exhibition dapat memungkinkan penyelenggara memiliki potensi yaitu dapat berinteraksi dengan masyarakat di seluruh dunia. Kemudian, penyelenggara juga dapat menggunakan fitur live chat, melakukan promosi dan melakukan tanya jawab kepada calon konsumen.

Di tahun mendatang, bisa diperkirakan jika online trade show dan exhibition ini akan semakin populer. Terutama di kalangan pebisnis karena kemudahan dalam menjangkau pasar global dengan hemat waktu dan biaya.

3. Wedding Expo Virtual

Menyelenggarakan pernikahan tanpa persiapan akan menjadi mimpi buruk bagi para mempelai. Mulai dari pemesanan tempat hingga finalisasi katering biasanya akan melibatkan banyak vendor. Wedding expo akan mempermudah para mempelai untuk memilih vendor apa saja yang cocok untuk kebutuhan pernikahan mereka. Namun, saat ini kita tidak memungkinkan untuk mengadakan wedding expo secara offline. Sehingga salah satu solusinya adalah mengadakan wedding expo secara virtual.

Wedding expo secara virtual memungkinkan mempelai mencari katering, fotografer, event planner, desainer dan lain sebagainya. Dan juga memungkinkan para mempelai untuk melakukan booking secara online.

4. Konser Musik Online

Sama seperti acara dan konferensi lain telah dibatalkan di seluruh dunia, begitu juga pertunjukan live musik. Untuk mengatasi hal ini, beberapa artis populer secara virtual berkumpul untuk mengadakan pertunjukan musik secara virtual. Oleh karena itu, kemungkinan di tahun mendatang konser musik online ini akan populer dengan penonton yang dapat melihat pertunjukan konser musik di rumah masing-masing secara live.

5. Bursa Kerja dan Bursa Karir Virtual

Organisasi teratas di seluruh dunia menemukan karyawan terbaik mereka dengan meningkatkan jangkauan dan secara virtual bertemu dengan calon karyawan mereka.

Alih-alih membatalkan bursa karir, mengadakannya secara online dapat meningkatkan kualitas pelamar. Dengan demikian, berbagai tools chat audio/video secara personal yang efektif menjadi cukup berguna. Bukan hanya itu, tetapi bursa karir virtual memberi pengusaha kesempatan untuk mempromosikan brand mereka ke audiens global.

6. Pameran Onboarding Virtual

Pemilik bisnis umumnya setuju bahwa kesuksesan sangat bergantung pada karyawan baru. Jadi, perusahaan perlu menyiapkan program orientasi yang kuat untuk memastikan karyawan baru cocok dengan baik di perusahaannya. Pameran onboarding virtual dapat memungkinkan bisnis meningkatkan produktivitas untuk karyawan yang didistribusikan. Selebihnya, mereka juga dapat melatih karyawan baru melalui tools yang interaktif seperti webinar. Perusahaan juga dapat mengukur kinerja dan membuat perubahan kapan saja.

7. Pameran Universitas Virtual

Universitas sering mengadakan sejumlah pameran untuk membantu mahasiswa mereka mendapatkan informasi dan peluang untuk mencapai tujuan mereka. Untuk tujuan ini, universitas-universitas terkenal mendasarkan program-program mereka untuk mendorong prospek-prospek terbaik dari seluruh dunia.

Untuk terlibat dengan target audiens ini, langkah pertama yang dilakukan adalah terlihat dan dapat diakses oleh seluruh calon mahasiswa di seluruh dunia. Hasilnya, pameran universitas virtual dapat diakses melalui smartphone apa pun dari sudut mana pun di dunia. Dengan ini, berbagai jenis acara virtual membantu mahasiswa & alumni terlibat dengan universitas serta perusahaan terkemuka.

8. Tour Virtual

Tour perumahan virtual telah menjadi sangat populer di bisnis real estate. Dan tidak hanya di itu, saat ini juga sedang populer tours virtual lainnya, misalnya tour untuk universitas, kantor, dan banyak lagi. Ini membantu banyak orang merasakan ruang fisik tanpa harus melakukan perjalanan panjang ke tempat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *