Mengapa Pameran Virtual Menjadi Penting Di Masa Pandemi?

New normal yang diakibatkan oleh pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia saat ini, sudah tidak dapat dihindari lagi. Bukan hanya menyasar ke sektor kesehatan, tetapi dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini juga menyasar ke berbagai sektor lain seperti ekonomi, sosial, pariwisata, pendidikan, dan lain-lain. Itu artinya, pameran virtual kemungkinan akan tetap menjadi bagian dari masa depan dunia.

Satu hal yang menjadi keunggulan dalam pameran virtual yaitu dapat mengurangi potensi adanya kerumunan orang di satu ruangan, maka dari itu pameran virtual dapat disaksikan di beberapa platform media sosial secara live, seperti YouTube, Instagram, Zoom atau website yang sudah terintegrasi dengan sistem dalam waktu bersamaan membuat acara kita menjadi lebih mudah diakses.

Hal ini menjadi sangat fundamental di era new normal seperti sekarang. Dengan kata lain, kita dapat menghemat biaya akomodasi yang biasanya dikeluarkan. Dalam beberapa kasus justru event dalam jenis ini dapat lebih hemat biaya dan waktu dalam pelaksanaannya.
Untuk saat ini, tingkat popularitas dari pameran virtual sudah semakin meningkat. Dilansir dari laman Forbes, tingkat penyelenggaraan pada tahun 2020 lalu meningkat hingga 1000% banyaknya. Maka dari itu disini akan dijabarkan pentingnya pameran virtual di masa pandemi.

1. Dapat Diikuti dari Rumah

Dalam keadaan pandemi tentulah kesehatan kita yang paling penting, tentu juga kita harus menjaga jarak dan sebisa mungkin menghindari kerumunan untuk memutus mata rantai virus Covid-19 ini, lahirnya pameran virtual atau yang biasa disebut virtual event merupakan salah satu solusi bagi para industri kreatif untuk mengadakan event tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Disisi lain, baik para peserta maupun penyelenggara dapat mengikuti jalannya pameran virtual dari rumah atau tempat masing-masing. Asalkan memiliki device atau alat yang diperlukan seperti ponsel atau komputer dan juga dengan koneksi internet yang memadai, maka kita dapat mengikuti event tersebut dari mana pun. 

2. Jauh Lebih Aman

Pada saat ini pameran virtual jauh lebih aman daripada event biasanya/offline, selain karena bisa menghemat biaya ongkos saat menuju tempat event offline, juga bisa terhindar dari kerumunan yang meningkatkan resiko kita terkena virus Covid-19 dan jauh lebih mudah karena kita hanya menyediakan kuota internet saja.

3. Membantu Mengurangi Penyebaran Virus Covid – 19

Sebagai warga negara Indonesia ini, sudah sepatutnya membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus saat ini. Salah satu nya dengan menjaga jarak dengan orang lain hingga 1 – 2 meter. Dengan mengikuti pameran virtual, kita masih bisa menikmati acara musik atau event menarik lainnya tanpa harus datang ke lokasi tersebut

4. Menjangkau Peserta Lebih Banyak

Dalam keadaan pandemi seperti ini, tentunya banyak dari kita yang merasa sangat bosan berada di dalam rumah dan ingin mengikuti suatu event yang menarik, pameran virtual merupakah salah satu solusi untuk menghilangkan kebosanan anda dan mendapatkan pengalaman yang menarik,tenang saja anda tidak perlu memikirkan bagaimana transportasi untuk menuju event tersebut, karena ini event virtual anda hanya cukup berada di rumah saja dan bagi yang tinggal di luar negeri pun juga dapat tetap menghadiri pameran virtual karena ia hanya perlu masuk ke dalam website dimana pameran virtual diadakan.

5. Pameran Virtual Merupakan Cara Terbaik Berbagi Informasi

Teknologi sekarang mempermudah semua orang mendapatkan informasi secara cepat banyak sekali aplikasi/website yang menyediakan informasi bermacam – macam mulai dari politik,kesehatan dan lain – lain. Pameran virtual merupakan salah satu tempat berbagi informasi secara virtual dan juga cara berjualan sekaligus mempromosikan bagi marketer , namun untuk mendapatkan perhatian dari audiens disarankan untuk memasukan unsur seperti kuis, permainan dan komponen menarik lainnya

6. Pameran Virtual Dapat Menciptakan Go Green

Perubahan iklim tentu tidak bisa terhindarkan lagi mulai dari mencairnya es di kutub utara, perubahan suhu yang cukup ekstrem di berbagai negara dan juga meningkatnya suhu di bumi dikarenakan efek rumah kaca. Tentu kita sebagai generasi muda harus bisa mengurangi dampak dari perubahan iklim tersebut. Contohnya apabila kita mengikuti suatu acara musik. Dalam perjalanan saja kita menghasilkan gas emisi CO2 dan tentunya menyelenggarakan acara musik tersebut juga membutuhkan tenaga listrik yang tidak sedikit. Agar kita dapat membantu menekan gas emisi CO2, salah satu solusinya adalah mengubah konser musik offline menjadi ke virtual event.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *