Pameran Virtual

Apa Saja Yang Termasuk Dimensi Dari Hybrid Event?

Hybrid event memberikan manfaat dan peluang terbuka yang tidak ditawarkan oleh berbagai jenis event karena ini merupakan gabungan antara virtual event dan offline event. Oleh karena itu, hybrid event berkembang pesat karena kita dapat menarik setiap audiens yang jauh. Selebihnya, ini memberikan wawasan yang luas tentang kebiasaan apa saja dari target audiens. Selain itu, hybrid event juga lebih murah, ramah lingkungan dan menyediakan materi konten yang dapat diunduh sesuai permintaan dan tanpa kesulitan.

Dengan campuran dunia fisik dan virtual, ada metode khusus di mana sebuah acara dapat diatur agar sesuai dengan keinginan pemilik acara, sponsor dan peserta. Pemilik acara dapat mengubah aspek acara hybrid dengan cara yang eksklusif dibandingkan dengan acara fisik. Berbagai komponen itulah yang kami sebut sebagai “dimensi” hybrid event.

Hybrid event bersifat sangat fleksible sehingga fleksibilitas hybrid event terdiri dari 5 dimensi, yaitu :

1. Time

Saat menjadi penyelenggara acara dari hybrid event, menyatukan narasumber dan penonton di tempat fisik dan menarik penonton yang berada di dunia virtual akan menjadi sulit dalam hal waktu. Terkadang zona waktu yang berbeda-beda untuk setiap penonton virtual menjadi tantangan tersendiri.

Masing-masing penonton di tempat fisik dan virtual dapat berpartisipasi dan hadir pada waktu yang sama. Namun, itu tidak harus selalu dilakukan secara paralel yaitu acara fisik dan acara virtual tidak harus berjalan pada waktu yang sama. Acara dapat berjalan pada banyak waktu yang berbeda. Dalam hal ini maka bisa disebut sebagai ‘hybrid sequential’, di mana aktivitas fisik dan virtual tidak harus berjalan-jalan secara bersamaan.

2. Audience

Target audiens dalam acara kita, bisa jadi sama atau berbeda. Audiens kita yang diberikan kesempatan hadir di tempat fisik dapat diberikan akses ke acara digital untuk catatan tambahan, acara, periode webinar digital dan banyak lainnya.

Kita juga dapat memiliki audiens yang sama sekali berbeda untuk dua acara kita yaitu acara fisik dan virtual. Ini artinya kita bisa menambahkan konten, aktivitas, dan sesi yang berbeda untuk acara fisik dan virtual berdasarkan kebutuhan masing-masing.

3. Exhibitor

Seperti halnya dengan audiens kita, kita juga dapat menyelenggarakan satu set exhibitor khusus di tempat fisik dan virtual kita. Exhibitor kita mungkin ingin memiliki stan mereka di tempat fisik sendiri jika terdapat target audiens di tempat fisik. Namun, beberapa mungkin paling efektif membutuhkan stan mereka di dalam ruang virtual. Tetapi, beberapa mungkin membutuhkan stan mereka di kedua tempat tersebut yaitu di acara fisik maupun di acara virtual. Hal ini dapat mendapatkan lebih banyak audiens dan untuk meningkatkan jangkauan exhibitor.

4. Networking

Sama seperti dimensi lainnya, hyrid event menawarkan fleksibilitas mutlak dalam hal jaringan/networking. Berinteraksi secara real-time, audiens virtual kita hanya dapat berinteraksi dengan audiens virtual. Penonton fisik dapat terlibat dengan penonton fisik. Namun, dua audiens yang terpisah dapat berinteraksi satu sama lain. Penonton fisik dengan virtual dan sebaliknya. Tetapi ini tergantung pada apa yang ingin dicapai oleh penyelenggara acara sebuah hybrid event.

5. Content

Bagaimana narasumber dan audiens memainkan materi konten juga unik di setiap media. Audiens fisik mungkin mengikuti acara webinarnya, sedangkan audiens vierual bisa berpartisipasi dalam sesi tanya jawab interaktif untuk berinteraksi dengan narasumber dan sesama peserta audiens fisik maupun audiens virtual.

Audiens virtual mungkin memiliki konten yang tersedia untuk mereka yang tidak didapat untuk audiens fisik. Mereka bahkan dapat mengunduh konten atau merekam acara yang sedang berlangsug.

Kesimpulan

Itulah 5 dimensi dalam hybrid event. Oleh karena itu, cobalah mengotak atik dengan dimensi pada hybrid event diatas dan perhatikan apa yang cocok untuk acara kita. Pahami sumber dan potensi yang dimiliki perusahaan kita, kunjungi penyedia pameran virtual kita dan diskusikan tentang kemungkinan dan batasan sebelum mengadakan acara kita.

Salah satu platform pameran virtual di Indonesia adalah SimHive. SimHive hadir dengan fitur-fitur yang mendukung agar experience di 3D world menjadi senyata mungkin. Penasaran? Yuk, cek paket yang disediakan SimHive pada List Paket yang tertera atau hubungi Admin SimHive sekarang.

Related posts
HighlightPameran Virtual

10 Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Menyelenggarakan Pameran Virtual

HighlightPameran Virtual

4 Manfaat Menyelenggarakan Hybrid Event

Pameran Virtual

Apa Saja Elemen Kunci Dari Pertemuan Hybrid?

Pameran Virtual

Apa Saja Yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Mengadakan Webinar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Logo Hubungi Kami